Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » Tips-tips Menarik dalam Melakukan Diet Rendah Lemak

Kelebihan lemak di dalam tubuh memang kurang baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, banyak orang melakukan diet rendah lemah agar kadar lemak di dalam tubuh tidak melebihi batas normal.

Lemak adalah senyawa yang tidak dapat larut di dalam air, tetapi dapat larut di dalam zat-zat pelarut seperti kloroform, eter, dan benzene.

Sebagian besar orang sebenarnya takut dengan kandungan lemak karena beberapa alasan. Alasan pertama, kelebihan lemak dalam tubuh dapat mengganggu penampilan. Ini merupakan salah satu alasan yang ditakuti oleh kelompok perempuan.

Alasan kedua, kelebihan lemak di dalam tubuh tidak baik untuk kesehatan. Sebab, hal ini dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, obesitas, kolesterol tinggi, hingga stroke.

Kedua alasan ini yang membuat banyak orang kurang menyukai senyawa lemak. Oleh karena itu, banyak orang menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak tinggi.

Padahal sebenarnya tubuh kita ini juga membutuhkan senyawa lemak dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, terdapat beberapa manfaat atau fungsi lemak bagi tubuh yang penting. Beberapa fungsi tersebut, yakni:

  • Melindungi tubuh dari suhu yang rendah.
  • Melindungi organ-organ vital dalam tubuh.
  • Melarutkan beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin E, vitamin, K, dan vitamin D agar dapat diserap ke dalam tubuh, dan lain sebagainya.


Ilustrasi kelebihan lemak

 

Siapa yang Harus Diet Rendah Lemak?

Orang yang memiliki beberapa penyakit tertentu biasanya akan melakukan program diet untuk menjaga kesehatannya. Selain itu, gaya hidup ini bertujuan untuk mencegah penyakit atau menghindari penyakit kambuh.

Diet rendah lemak sendiri memiliki tujuan untuk memperbaiki kadar lemak dalam darah. Fokus utama program ini adalah ada pada pengurangan kadar lemak darah dalam tubuh. Selain itu, program sehat ini ditujukan kepada orang-orang yang memiliki kondisi dislipidemia.

Dislipidemia merupaka sebuah kondisi di mana tidak normalnya kadar lemak darah dalam tubuh. Hal ini ditunjukkan dengan kadar kolesterol gizi, kolesterol jahat, trigliserida yang tinggi. Sedangkan kadar kolesterol baik dan HDL sendiri sangat rendah.

Oleh karena itu, orang-orang yang dalam kondisi dislipidemia, penderita penyakit akibat dislipidemia, dan orang yang berisiko dislipidemia harus menjalani diet rendah lemak.

Contohnya adalah penderita penyakit jantung, keturunan, dan orang yang pola makannya keliru.


Hasil dari diet (sumber: canva)

 

Langkah-Langkah Melakukan Diet

Terdapat beberapa cara yang bisa diikuti dalam melakukan diet rendah lemak. Oleh karena itu, bagi orang-orang yang ingin melakukan diet bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  • Kurangi penggunaan kelapa seperti minyak kelapa, margarin, dan mentega. Kita bisa menggantinya dengan minyak kacang, minyak biji bunga matahari, dan minyak jagung.
  • Batasi mengonsumsi daging sapi atau kambing, maksimal 3 kali dalam seminggu. Selain itu, jangan sampai memakan berbagai jeroan seperti hati, limpa, jantung, dan lain-lain. Kita dapat menggantinya dengan menggunakan daging ayam atau ikan.
  • Mengganti susu penuh dengan susu skim yang rendah lemak.
  • Kurangi makan kuning telur, jangan sampai melebihi 3 kali dalam seminggu.
  • Memperbanyak sumber lemak dari berbagai makanan kacang-kacangan, seperti tahu, tempe, dan olahan kacang lainnya.
  • Jangan banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula.

Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam mengontrol kadar lemak di dalam tubuh. Sehingga kadar lemak ini tidak akan tiba-tiba melonjak dan menimbulkan gangguan kesehatan yang merugikan tubuh.


Menu rendah lemak

 

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas, mengontrol kadar lemak yang ada di dalam tubuh adalah fokus utama dari diet rendah lemak. Tujuannya agar kita terhindar dari beberapa gangguan kesehatan yang tidak kita inginkan.

Sereal sehat seperti Nutriflakes dapat menemani diet yang tengah kita lakukan. Sebab, sereal umbi garut ini cocok sekali dijadikan sebagai makanan atau minuman pendamping saat kita diet.

Nutriflakes memiliki kandungan nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan gizi kita sehari-hari. Selain itu, sereal sehat ini juga memberikan rasa kenyang yang pas dan manfaat yang banyak.

Awali langkah hidup sehat dengan Nutriflakes!

 

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles