Terdapat tradisi di Indonesia saat menjelang hari raya Idul Fitri atau sering kita sebut dengan lebaran, yaitu mudik. Lalu apa itu mudik dan bagaiman tips mudik sehat bagi orang-orang yang menjalankannya?

Mudik merupakan salah satu budaya yang sering masyarakat Indonesia lakukan ketika akan memasuki hari lebaran. Pada umumnya, satu minggu atau beberapa hari sebelum lebaran akan banyak berita mengenai mudik ini.

Apa Itu Mudik?

Menurut KBBI sendiri, mudik berarti ke udik atau pulang ke kampun halaman. Sebenarnya mudik adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh perantau atau pekerja migran untuk pulang ke kampung halaman atau daerah asal mereka ketika lahir.

Bukan hanya sekadar ke kampung halaman, tetapi biasanya perantau ini pulang ke daerah tempat orang tua mereka tinggal. Mereka pulang untuk menemui orang tua yang sudah lama tidak mereka temui karena memiliki pekerjaan yang jauh dari daerah asalnya.


Mudik dengan kendaraan pribadi (sumber: canva)

Kegiatan mudik ini biasanya banyak dilakukan ketika menjelang lebaran karena terdapat hari libur yang panjang saat momen ini. Oleh karena itu, para pekerja ini memanfaatkan kesempatan tersebut untuk pulang ke kampung halaman.

Artinya, tradisi lebaran ini tidak hanya sekadar merayakan dengan makanan khas lebaran di Indonesia, tetapi juga mudik. Berbagai tips mudik sehat ini sangat diperlukan bagi para pemudik-pemudik.

Mengapa?

Sebab, mudik biasanya berlangsung secara bersamaan di seluruh daerah Indonesia, sehingga jumlah pemudik ini banyak sekali. Pada tahun 2022 ini, Kementrian Perhubungan Indonesia memprediksi jumlah pemudik sampai pada angka 85 juta.

Membludaknya jumlah pemudik ini akan membuat kemacetan di lini mana saja, baik dari transportasi darat, laut, maupun udara. Selain itu, jarak tempuh dan waktu yang panjang untuk mudik akan menjadikan pemudik rentan terkena gangguan kesehatan.

Lalu bagaimana menjaga kesehatan selama mudik lebaran ini?

Tips Mudik yang Sehat dan Aman

Perjalanan yang jauh pastinya membutuhkan energi yang lebih banyak daripada aktivitas harian pada umumnya. Oleh karena itu, dalam menjaga kesehatan dan stamina ini kita perlu menyiapkan beberapa hal dengan baik.

Perjalanan mudik yang membutuhkan waktu dan jarak yang panjang membuat para pemudik mudah terkena masalah-masalah kesehatan. Umumnya, pemudik rentan terkena gangguan ISPA, diare, dan mabuk perjalanan karena sering mengonsumsi makanan sembarangan.

Maka dari itu, untuk mencegah itu semua strategi selama perjalanan mudik ini harus dipikirkan dengan baik dan matang. Berikut ini terdapat tips-tips agar mudik yang kita jalankan tetap aman dan sehat:

Rencana Rute Perjalanan

Jika tujuan mudik sudah pasti, maka merencanakan strategi selama perjalanan secara matang menjadi lebih mudah. Pertama, kita harus mencari tahu opsi rute perjalanan yang dapat kendaraan lalui.


Mudik dengan transportasi umum (sumber: canva)

Mempertimbangkan rute ini berdasarkan beberapa hal seperti keamanan jalan dan juga lama waktu perjalanan itu sendiri. Apabila kita mudik menggunakan kendaraan milik pribadi, maka pastikan mesin kendaraan dalam keadaan baik dan tidak bermasalah.

Namun, jika menggunakan transportasi umum, seperti pesawat, kereta, bis, dan lain sebagainya, akan lebih baik memilih transportasi yang tidak ramai dan sesak. Mungkin juga kita bisa memesan tiket lebih awal dari biasanya, sehingga mendapat tempat duduk.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari tertular penyakit menular dari penumpang lainnya.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Tips mudik sehat selanjutnya adalah dengan membawa obat-obat pribadi yang dibutuhkan. Kegiatan mudik ini memakan energi yang lebih banyak, sehingga kita akan rentan terkena penyakit selama perjalanan.

Oleh karena itu, akan lebih baik membawa obat probadi untuk mengurangi risiko terkena gangguan kesehatan selama perjalanan seperti pusing, mual, dll. Begitupula ketika memiliki penyakit yang sudah berkepanjangan, membawa obat menjadi sangat penting.

Sebab, jika kambuh setiap waktu kita bisa menanganinya dengan cepat sehingga tidak akan merugikan kesehatan lebih jauh.

Tips Mudik Sehat: Hindari Makan Sembarangan

Ketika perjalanan mudik, pasti kita akan sering menemui berbagai jajanan makanan dan minuman di sepanjang jalan. Meskipun makanan tersebut terlihat lezat dan menggugah selera, sebaiknya kita menghindari makan dari makanan yang dijual di pinggir jalan.

Sebab, selain tidak mengetahui bagaimana cara mengolah makanan, kita juga tidak tahu makanan tersebut sudah terpapar bakteri apa saja. Makanan yang dibiarkan di udara bebas akan mudah dihinggaki kuman, bakteri, ataupun virus.

Oleh karena itu, membawa bekal makanan sehat saat mudik sangat rekomendasi bagi para pemudik. Makanan yang kita siapkan sendiri pastinya sudah terjamin kebersihan serta kandunganya.

Namun, apabila memang terpaksa harus membeli makanan, maka lebih baik berhenti di sebuah rumah makan yang sudah terjamin kebersihannya. Hal ini untuk menghindari terkena keracunan makanan atau gangguan pencernaan yang merugikan.

Istirahat Apabila Lelah

Tips mudik sehat selanjutnya adalah istirahat yang cukup ketika sudah merasa lelah. Mengantuk merupakan penyebab utama dari terjadinya kecelakaan di jalan. oleh karena itu, kondisi yang prima ketika melakukan mudik ini menjadi penting.


Contoh rest area (sumber: canva)

Banyak pos-pos kesehatan atau rest area yang cocok untuk istrahat ketika merasa lelah. Hal ini bertujuan agar kita tetap fokus dalam perjalanan dan terhindar dari kecelakaan yang mungkin terjadi.

Tips Mudik Sehat: Manajemen Stres

Kemacetan dan kerumunan merupakan ciri khas dari tradisi mudik yang terjadi di jalanan atau lalu lintas. Keadaan yang padat ini tidak jarang membuat orang mudah untuk merasa marah dan mengalami stres berat.

Oleh karena itu, mengelola stres yang baik selama perjalanan menjadi sebuah keharusan. Hal ini bisa dengan beberapa cara seperti mendengarkan music atau dengan teknik-teknik relaksasi yang sederhana.

Menerapkan Protokol Kesehatan

Tips mudik sehat yang terakhir adalah menerapkan protokol kesehatan karena masih masuk dalam masa pandemi COVID-19. Pemudik harus memenuhi persyaratan untuk melakukan mudik, seperti dua dosis vaksin, melakukan rapid test antigen, dan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan ini di antaranya menjaga jarak aman, menggunakan masker, mencuci tangan, dan mengindari keramaian.


Salah satu protokol kesehatan (sumber: canva)

Nutriflakes, Teman Perjalanan Mudik Sehat

Selain menggunakan tips-tips di atas, kita juga bisa membawa bekal berupa sereal sehat Nutriflakes selama perjalanan. Nutriflakes adalah sereal dengan bahan dasar umbi garut, dan menggunakan bahan lainnya seperti kelor, psyllium husk, susu etawa, dan gula aren.

Sereal sehat ini sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan pencernaan seperti asam lambung dan maag. Selain itu, Nutriflakes juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Artinya, sereal Nutriflakes ini cocok untuk menjadi teman dan bekal sehat selama perjalanan mudik kita. Formulasi bahannya membuat Nutriflakes tidak akan memberikan efek negatif untuk kesehatan seperti obat pada umumnya.

Demikian ulasan mengenai tips mudik yang sehat dan aman, semoga dapat bermanfaat.

Dengan Nutriflakes mudik menjadi lebih aman dan lancar!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles