Home » Artikel Nutriflakes » Terapi Titik Bekam untuk Mengatasi Asam Lambung Naik

Jika menekan titik refleksi bisa digunakan untuk mengurangi gejala asam lambung, lalu apakah titik bekam asam lambung juga dapat mengatasi gangguan pencernaan ini.

Gejala asam lambung memang sangat mengganggu bagi yang sudah terkena gangguan asam lambung naik. Selain memberikan ketidaknyamanan pada tubuh, asam lambung naik juga bisa mengganggu aktivitas penderitanya.

Asam lambung naik adalah keadaan di mana cairan asam dalam lambung ini naik ke saluran kerongkongan. Hal ini didorong oleh produksi asam berlebih juga katup esofagus yang tidak dapat bekerja dengan optimal lagi.

Produksi asam berlebih ini dipengaruhi dengan jenis makanan yang masuk ke dalam perut. Beberapa makanan memang bisa menambah produksi asam dan biasanya masuk dalam pantangan bagi penderita asam lambung naik.

Sedangkan kinerja katup esofagus ini juga bergantung pada makanan yang masuk ke dalam lambung. Oleh karena itu, kita harus selalu memperhatikan makanan yang kita konsumsi untuk mencegah atau mengatasi asam lambung naik.

Gaya hidup yang tidak sehat dan makan tidak teratur bisa menjadi sumber permasalahan dari berbagai gangguan pencernaan. Mengatasi asam lambung bisa dengan berbagai cara lainnya, salah satunya adalah terapi bekam.


Contoh terapi bekam (sumber: canva)

Terapi pada Titik Bekam untuk Mengatasi Asam Lambung

Segala cara akan dilakukan demi menjaga kesehatan lambung dan terbebas dari keluhan asam lambung naik dengan teknik bekam ini.

Salah satu pengobatan yang terkenal di Timur Tengah dan Tiongkok serta telah dilakukan selama ribuan tahun adalah terapi bekam. Jenis terapi ini sangat sering digunakan untuk meringankan berbagai gejala penyakit, hampir sama dengan pijat refleksi.

Terapi bekam ini menggunakan cangkir kaca yang berfungsi untuk menarik permukaan kulit untuk mengeluarkan racun atau darah kotor. Praktik bekam ini dilakukan di beberapa bagian tubuh seperti punggung, lengan, bokong, kaki, dan perut.

Terapi ini dipercaya dapat mengatasi atau mengobati berbagai penyakit karena tujuannya adalah mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari tubuh.

Tidak heran jika bekam menjadi alternatif untuk mengatasi permasalahan kesehatan. Terapi bekam sendiri dapat menjadi sebuah cara relaksasi dengan melakukan pembekaman pada 6 titik bekam.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa penggunaan bekam kering yang dipadukan dengan titik akupuntur bisa memperbaiki organ lambung dan mengurangi gejala nyeri lambung. Hal ini dilansir dari penelitian yang berjudul “Pengaruh Terapi Bekam Kering Terhadap Penurunan Skala Nyeri Pada Pasien Nyeri Gastrisitis”.

Oleh karena itu, terapi pada titik bekam bisa digunakan untuk mengatasi gangguan asam lambung naik terutama pada bagian perut sebelah kiri dan titik tertentu pada punggung.

Nutriflakes Sereal Proteksi Lambung Selama Puasa Ramadhan

Manfaat Terapi Bekam

Terapi bekam dapat memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat ini bisa dilihat efeknya dalam mengatasi berbagai macam penyakit.

Beberapa efek ini antara lain: melancarkan pembuluh darah, merangsang kinerja saraf, meningkatkan imunitas tubuh, dan membuat tubuh lebih rileks. Oleh karena itu, terapi titik bekam ini bisa dijadikan alternatif untuk pengobatan beberapa penyakit, yaitu:

  • Sakit kepala, khususnya migrain.
  • Nyeri otot pada beberapa bagian tubuh, khusunya leher dan kaki.
  • Kelainan darah seperti hemofilia maupun anemia.
  • Permasalahan reproduksi dan kesuburan.
  • Penyakit tulang dan gangguan sendi.
  • Permasalahan kulit seperti jerawat dan eksim.
  • Rasa cemas dan depresi (kesehatan mental).
  • Gangguan pada saluran pernapasan, khususnya asma.
  • Gangguan pada sistem pencernaan, khususnya maag dan asam lambung naik.

Walaupun masuk dalam pengobatan tradisional, terapi pada titik bekam untuk asam lambung sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman atau seorang terapis yang berkompeten.

Hal tersebut untuk menghindari keselahan dalam prosedur terapi bekam.

Demikian ulasan mengenai terapi pada titik bekam untuk asam lambung. Semoga dapat bermanfaat dan memberi inspirasi dalam mengatasi asam lambung naik.

Artikel terkait:

Pertolongan Pertama Asam Lambung Naik, 6 Langkah yang Perlu Diketahui

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles