Serat adalah nutrisi penting yang perlu dikonsumsi setiap hari, dan biasanya diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. Namun, mungkin Anda belum terlalu akrab dengan Psyllium Husk, yang sebenarnya juga merupakan sumber serat yang kaya manfaat.

Apa Itu Psyllium Husk

Psyllium husk adalah serat makanan yang berasal dari biji tanaman Psyllium (Plantago ovata). Tanaman ini tumbuh terutama di wilayah India, Pakistan, dan Iran.

Psyllium husk adalah salah satu sumber serat larut yang paling sering digunakan dalam suplemen makanan dan obat-obatan karena memiliki banyak manfaat kesehatan.

Untuk memahami manfaatnya dengan lebih baik, mari kita lihat komposisi nutrisi dan kalori yang terkandung dalam 100 gram Psyllium Husk:

·         Kalori: 350 kkal.

·         Serat larut air: 60 gram.

·         Serat tak larut air: 10 gram.

·         Kalsium: 200 mg.

·         Natrium: 100 mg.

·         Zat besi: 18 mg.

Manfaat Psyllium Husk

Manfaat Psyllium Husk sebagian besar berasal dari jenis serat larut air yang terkandung di dalamnya. Apa saja manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dari Psyllium Husk?

·         Mengatasi Masalah Sembelit dan Diare

Psyllium Husk sering digunakan sebagai bahan alami dalam obat pencahar untuk mengatasi sembelit. Serat larut dalam Psyllium Husk menyerap air dan membentuk jel di dalam usus, membuat feses lebih lunak dan memudahkan proses buang air besar.

Jel ini juga dapat mengentalkan feses, mempercepat pergerakan sisa makanan di dalam usus, dan mengurangi kemungkinan diare.

·         Mengendalikan Gula Darah

Psyllium Husk dapat membantu mengontrol kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes. Konsumsi Psyllium Husk sebelum makan dapat mengurangi kadar gula darah puasa, membantu menjaga gula darah tetap stabil.

Hal ini disebabkan oleh serat larut air dalam Psyllium Husk, yang tidak dicerna oleh tubuh dan tidak memengaruhi kadar gula darah.

·         Menyeimbangkan Bakteri Usus

Jenis serat larut air dalam Psyllium Husk bersifat prebiotik, yang mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Jel yang terbentuk dari serat ini akan dipecah oleh mikrobiota usus dan menghasilkan senyawa asam lemak rantai pendek.

Senyawa ini memberikan “bahan bakar” kepada bakteri baik, yang berkontribusi pada keseimbangan mikrobiota usus dan membantu mengurangi risiko peradangan serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

·         Menurunkan Kadar Kolesterol

Serat larut air dalam Psyllium Husk dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Studi menunjukkan bahwa konsumsi 6 gram Psyllium Husk per hari selama enam minggu dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) sebanyak enam persen.

Serat ini membentuk jel yang mengikat lemak dan asam empedu yang mengandung kolesterol, membantu mengeluarkannya dari tubuh.

·         Mengontrol Berat Badan

Psyllium Husk juga memiliki potensi untuk membantu mengontrol berat badan. Konsumsi Psyllium Husk sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar dan hasrat untuk makan di antara waktu makan.

Serat ini membentuk senyawa kental yang memperlambat pengosongan perut, membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan mengurangi nafsu makan berlebihan.

Meskipun memiliki banyak manfaat kesehatan, perlu diingat bahwa penggunaannya harus bijaksana.

Konsumsi psyllium husk yang berlebihan atau tidak terbiasa dapat menyebabkan efek samping seperti kram perut, diare, perut kembung, peningkatan frekuensi buang air besar, dan bahkan mual serta muntah.

Selain itu, ada juga risiko reaksi alergi yang jarang terjadi, seperti ruam kulit, gatal-gatal, sesak napas, serta pembengkakan pada wajah dan bibir.

Penting untuk diingat bahwa Psyllium Husk sebaiknya digunakan sebagai suplemen tambahan harian dan tidak boleh menggantikan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Serat Psyllium Husk ada pada Nutriflakes

Serat psyllium husk memiliki efek pencahar yang bagus untuk melancarkan BAB. Sehingga dengan kata lain, Nutriflakes mampu untuk memperkuat organ pencernaan, membersihkan kotoran dalam usus, karena Nutriflakes terdapat psyllium husk.

Konsumsi Nutriflakes secara teratur sehari 2 kali dalam sehari saat pagi dan juga malam sebelum tidur maka pencernaan Anda akan lebih sehat, dan tubuh akan terasa lebih ringan.

pesan nutriflakes sereal asam lambung
Sereal Asam Lambung Nutriflakes

Hidup sehat dimulai dari pencernaan yang sehat. Nikmati Nutriflakes solusi hidup sehat yang Anda idamkan selama ini.