Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036

Susu Etawa

manfaat susu kambing etawa

Susu kambing etawa disebut-sebut lebih bermanfaat dibandingkan susu sapi. Ini disebabkan oleh perbandingan kandungan nutrisi yang lebih unggul pada susu kambing etawa.

Perbandingan ini meliputi tingginya kandungan protein, serta berbagai vitamin dan mineral yang melimpah. Tidak hanya itu, susu kambing etawa juga memiliki kadar laktosa yang lebih rendah dibandingkan susu sapi.

Susu kambing etawa adalah produk susu yang dihasilkan dari kambing Jamunapari atau Jamnapari, yang awalnya berasal dari Etawah, distrik di Uttar Pradesh, India.

Kambing etawa terkenal sebagai produsen susu yang andal, dan selain diolah menjadi susu, daging dari kambing etawa juga sering dikonsumsi.

Ketika mengkonsumsi susu kambing etawa, tubuh Anda akan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan yang signifikan, termasuk peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan nutrisi dalam susu kambing etawa sangat mengesankan. Satu gelas atau sekitar 200 mililiter susu kambing etawa mengandung:

  • 130 kalori
  • 9 gram protein
  • 5 gram lemak
  • 13 gram karbohidrat
  • 200 miligram kalsium
  • 160 miligram fosfor
  • 5 miligram zat besi
  • 70 miligram natrium
  • 320 miligram kalium

Tidak hanya itu, susu kambing etawa juga mengandung tembaga, seng, serta berbagai vitamin penting seperti vitamin A, B1, B3, dan C.

Keberagaman nutrisi ini menjadikan susu kambing etawa sebagai pilihan yang unggul untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Dengan mengintegrasikan susu kambing etawa ke dalam pola makan Anda, Anda dapat merasakan manfaat kesehatan yang signifikan.

Manfaat Kesehatan Susu Kambing Etawa dan Keunggulannya

susu etawa

Diperkaya dengan beragam nutrisi, susu kambing etawa memiliki sejumlah manfaat luar biasa. Berikut adalah beberapa manfaatnya yang dapat Anda nikmati:

Dukungan Pertumbuhan Anak

Susu kambing etawa memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Dalam satu gelas (sekitar 200 mililiter), susu kambing etawa mengandung 9 gram protein, sementara susu sapi hanya mengandung 6 gram dalam takaran yang sama.

Asupan protein yang cukup penting terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Protein berperan dalam pembentukan sel dan jaringan tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan memberikan sumber energi.

Pemberian susu kambing etawa dapat berperan dalam mencegah stunting, namun penting untuk diingat bahwa susu ini tidak boleh diberikan kepada anak yang berusia di bawah 1 tahun.

Pendukung Kesehatan Tulang

Susu kambing etawa mendukung pertumbuhan dan kesehatan tulang karena kaya akan kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini sangat penting untuk kesehatan tulang.

Pada masa kanak-kanak, kalsium adalah pondasi kekuatan tulang di masa dewasa. Anak-anak yang mendapatkan cukup kalsium akan memiliki tubuh yang tinggi dan tulang yang kuat ketika dewasa.

Bagi orang dewasa, kalsium diperlukan untuk mencegah osteoporosis. Selain itu, kalsium juga mendukung pembekuan darah, kontraksi otot, regulasi denyut jantung, dan fungsi saraf yang normal.

Risiko Alergi yang Lebih Rendah

Susu kambing etawa memiliki risiko alergi yang lebih rendah dibandingkan susu sapi, menjadikannya alternatif bagi mereka yang alergi terhadap produk susu sapi. Namun, penderita alergi susu sapi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi susu kambing etawa.

Tingkat Intoleransi Laktosa yang Rendah

Sama seperti susu sapi, susu kambing juga mengandung laktosa. Namun, kandungan laktosa dalam susu kambing etawa lebih rendah dibandingkan susu sapi.

Hal ini menjadikan susu kambing etawa lebih mudah dicerna oleh penderita intoleransi laktosa, yang biasanya mengalami masalah pencernaan setelah mengkonsumsi susu.

Menjaga Kolesterol dalam Batas Normal

Susu kambing etawa mengandung lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan susu sapi. Dalam satu gelas (200 mili liter), susu sapi mengandung 7 gram lemak, sementara susu kambing etawa hanya mengandung 5 gram.

Hal ini menjadikan susu kambing etawa sebagai pilihan yang baik bagi penderita kolesterol tinggi. Studi bahkan menunjukkan bahwa mengkonsumsi susu kambing etawa dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan kantung empedu.

Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Susu kambing etawa sering diminum dengan keyakinan akan kemampuannya meningkatkan ketahanan tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi susu kambing, termasuk susu kambing etawa, dapat meningkatkan produksi imunoglobulin dalam tubuh.

Imunoglobulin adalah protein yang dihasilkan oleh sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyebab penyakit seperti bakteri, virus, dan jamur.

Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat susu kambing etawa dalam meningkatkan ketahanan tubuh.

Toleransi yang Baik untuk Penderita Tukak Lambung

Penelitian menunjukkan bahwa minum susu kambing tidak meningkatkan produksi asam lambung. Bahkan, susu kambing dapat membantu melindungi lapisan lambung dari luka akibat tingginya kadar asam lambung. Hal ini menjadikan susu kambing etawa sebagai pilihan yang lebih aman bagi penderita tukak lambung.

Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Susu kambing etawa lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan susu sapi dan bahkan dapat meningkatkan fungsi pencernaan.

Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan prebiotik dalam susu kambing etawa, yang mirip dengan yang terdapat dalam ASI. Prebiotik ini mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan, terutama pada bayi.

Perlindungan Jantung

Selain kaya nutrisi, susu kambing etawa memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Ini disebabkan oleh kandungan CLA (conjugated linoleic acid), yang merupakan jenis asam lemak omega-6. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi CLA dapat mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk risiko serangan jantung.

Kesehatan Mata

Susu kambing etawa juga berperan dalam menjaga kesehatan mata berkat kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Dalam 200 mililiter atau satu gelas susu kambing etawa, terdapat sekitar 76 mikrogram vitamin A. Dengan cukup vitamin A, kesehatan mata dapat terjaga, bahkan dapat mencegah katarak.

Meskipun memiliki beragam nutrisi dan manfaat kesehatan, mempertimbangkan susu kambing etawa sebagai alternatif pengganti susu sapi adalah pilihan yang baik.

Bagi yang mungkin tidak menyukai aroma amisnya, Anda dapat menambahkan jahe ke dalam susu kambing etawa untuk menghilangkan bau amis dan meningkatkan rasanya.

Bagi Anda dengan kondisi medis khusus seperti alergi susu sapi atau intoleransi laktosa, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi susu kambing etawa. Ini akan memastikan bahwa konsumsi susu tersebut aman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips Mengonsumsi Susu Etawa

Meski susu etawa memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan, bukan berarti susu etawa bisa dikonusmis tanpa aturan minum susu etawa.

Susu etawa sebaiknya dikonsumsi sebaiknya 2 gelas per hari diwaktu pagi dan malam hari menjelang mau tidur.

Jangan mengambil resiko apabila terjadi reaksi atau efek samping setelah minum susu etawa, sebaiknya segera dihentikan atau konsultasi dengan dokter.

Nutriflakes® dan Susu Etawa

pesan nutriflakes sereal asam lambungNutriflakes® Sereal Umbi Garut

Anda bisa mencoba untuk menikmati kebaikan susu etawa dengan mengkonsumsi Nutriflakes®. Susu etawa yang ada dalam Nutriflakes® mengandung kadar laktosa yang rendah sehingga rasanya pas tidak kemanisan dan aman untuk penderita diabetes.

Berkat kandungan susu etawa yang ada pada Nutriflakes®, maka sereal ini cocok mendampingi Anda sarapan, memberikan energi yang cukup sebelum memulai aktivitas.

Nutriflakes® selain mengatasi asam lambung yang tinggi, juga bisa dikonsumsi sebagai makanan harian untuk memperkuat organ pencernaan. Yuk mulai konsumsi Nutriflakes® sekarang juga