Umbi Garut, juga dikenal sebagai Ararut atau Irut dengan nama ilmiah Maranta arundinacea, adalah jenis tanaman perdu yang menghasilkan umbi yang dapat dijadikan sebagai makanan.

Tanaman ini bukan merupakan sumber makanan utama, namun sering ditanam di pekarangan desa sebagai cadangan saat terjadi kekurangan pangan.

Asal Tanaman Umbi Garut

Umbi Garut sebenarnya bukan tanaman asli Indonesia dan sangat diragukan apakah tanaman ini berasal dari daerah Garut. Faktanya, umbi Garut berasal dari Filipina dan dapat ditemukan di berbagai kepulauan di Karibia dan Amerika Selatan.

Tidak seperti jenis tanaman umbi lain yang tersebar luas di lahan pertanian, tanaman Garut lebih umum ditanam di pekarangan rumah di pedesaan.

Hal ini karena umbi Garut sering digunakan sebagai stok makanan saat masa paceklik. Umbi Garut memiliki bentuk lonjong, berwarna putih kekuningan, dan memiliki garis-garis mendatar di permukaannya.

Umbi Garut mengandung banyak nutrisi dan memiliki beberapa manfaat kesehatan karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik adalah ukuran yang mengindikasikan seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah seseorang setelah dikonsumsi. Semakin rendah indeks glikemiknya, semakin baik untuk penderita diabetes.

Kandungan Gizi Umbi Garut

Sebagai salah satu jenis umbi, umbi Garut memiliki komposisi gizi yang kaya. Berikut adalah beberapa komponen nutrisi yang terdapat dalam umbi Garut:

·         Air

·         Protein

·         Serat

·         Lemak

·         Pati

·         Abu

·         Zat besi

·         Magnesium

·         Fosfor

·         Kalium

·         Vitamin B6

·         Tiamin

·         Riboflavin

·         Folat

umbi_garut_bahan_nutriflakes
umbi garut (sumber: canva)

Umbi Garut memiliki sejumlah manfaat kesehatan berkat komposisi nutrisinya yang kaya. Berdasarkan komposisinya, umbi Garut mengandung energi, lemak, protein, air, serat, dan pati. Selain itu, umbi Garut juga mengandung beragam vitamin dan mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, vitamin B6, kalium, asam folat, riboflavin, dan tiamin.

Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Umbi Garut

Umbi Garut, juga dikenal sebagai Ararut atau Irut, memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  • Mengatasi Masalah Lambung dan Maag

Umbi Garut dapat membantu mengobati masalah lambung, termasuk maag. Pati yang terdapat dalam umbi ini dapat meningkatkan pH lambung, mengurangi jumlah dan keparahan sakit maag. Umbi Garut juga dapat mengurangi risiko sakit maag kronis dan diare. Air dari umbi Garut dapat meredakan sakit perut.

  • Cocok untuk Diet

Umbi Garut sangat cocok untuk orang yang sedang diet. Meskipun kaya karbohidrat dan energi, kandungan proteinnya lebih rendah dibandingkan dengan sumber karbohidrat lain seperti beras atau jagung. Kandungan seratnya yang tinggi memungkinkan pencernaan yang lambat, cocok bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

  • Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan protein tinggi dalam umbi Garut, terutama folat (vitamin B9), sangat baik untuk ibu hamil karena mendukung pembentukan DNA pada janin. Umbi Garut juga membantu mencegah kembung yang sering terjadi pada ibu hamil.

  • Mengurangi Risiko Anemia

Umbi Garut dapat mengurangi risiko anemia karena mengandung fosfor dan zat besi yang tinggi. Konsumsi harian umbi Garut dalam berbagai bentuk dapat membantu mencegah anemia.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Umbi Garut dapat digunakan sebagai makanan penambah kekebalan tubuh. Mengandung Lactobacillus sp aerobica yang mengandung prebiotik oligosakarida, membantu menghilangkan bakteri jahat dari usus. Tubuh yang mendapatkan nutrisi dengan baik melalui usus akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat.

  • Obat Luka Bakar

Umbi Garut efektif sebagai obat luka bakar. Anda bisa memarut Garut, memeras airnya, dan mengoleskannya pada kulit yang terbakar untuk mengurangi peradangan.

  • Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan asam folat dalam umbi Garut mendukung perkembangan otak, baik untuk janin maupun anak-anak yang sedang tumbuh.

  • Peningkatan Kesehatan Pencernaan

Umbi Garut mengandung serat yang tinggi, membantu meningkatkan pencernaan dengan mencegah sembelit, diare, dan masalah pencernaan lainnya.

  • Pengobatan Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Umbi Garut dapat membantu mencegah dan meredakan ISK karena memiliki sifat antiseptik. Ini dapat mengurangi peradangan pada saluran kemih.

  • Meredakan Sakit Gusi dan Mulut

Umbi Garut memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan sakit gigi dan gusi. Anda bisa menggunakannya langsung pada area yang sakit atau mengombinasikannya dengan minyak kelapa.

Umbi Garut adalah sumber nutrisi yang luar biasa dengan beragam manfaat kesehatan. Dengan mengintegrasikannya ke dalam diet Anda, Anda dapat merasakan manfaatnya untuk kesehatan secara keseluruhan.

Sereal Umbi Garut Nutriflakes

pesan nutriflakes sereal asam lambung
Nutriflakes Sereal Umbi Garut

Sereal umbi garut Nutriflakes adalah salah satu produk makanan yang patut diperhitungkan dalam upaya menjaga kesehatan Anda. Sereal ini dibuat dari umbi garut, yang juga dikenal sebagai talas atau singkong, dan mengandung beragam manfaat kesehatan yang sangat baik.

Salah satu keuntungan utama dari Nutriflakes adalah kandungan seratnya yang tinggi. Serat dalam sereal ini membantu mempromosikan pencernaan yang sehat dan dapat mengurangi risiko sembelit.

Selain itu, serat dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dengan membuat Anda merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Sereal umbi garut Nutriflakes juga merupakan sumber karbohidrat yang baik. Karbohidrat adalah sumber energi yang penting untuk menjalani aktivitas sehari-hari.