Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
10 Buah untuk Diet Karbohidrat yang Rendah Lemak dan Gula
 
10 Buah untuk Diet Karbohidrat yang Rendah Lemak dan Gula

10 Buah untuk Diet Karbohidrat yang Rendah Lemak dan Gula

Buah-buahan terkenal sebagai makanan yang sehat. Selain baik untuk kesehatan karena tinggi nutrisi, buah segar biasanya rendah lemak dan kalori. Sehingga, buah bisa dijadikan menu untuk menurunkan berat badan. Tapi konsumsi buah untuk diet juga harus selektif, terutama bagi seseorang yang sedang menjalani diet karbo.

Diet karbo adalah salah satu metode untuk menurunkan berat badan dengan cara membatasi asupan karbohidrat (gula). Itu sebabnya dalam konsumsi buah-buahan juga perlu diperhatikan.

Pada dasarnya, baik buah ataupun sayur mengandung karbohidrat dalam jumlah yang bervariasi. Jadi, sebaiknya dalam konsumsi kedua jenis makanan ini juga harus selektif. Selain itu, seseorang yang sedang menjalani diet karbo dianjurkan untuk konsumsi janis buah rendah gula.

Buah-buahan Rendah Gula

1. Stroberi

Stroberi adalah buah-buahan tergolong rendah gula dan tinggi serat. Dalam satu cangkir stroberi utuh seberat 144 gram mengandung gula sebanyak 7 gram dan mengandung serat sebanyak 3 gram. Selain itu, stroberi dikenal sebagai buah-buahan yang kaya antioksidan.

2. Apel

Buah-buahan rendah gula yang baik untuk diet karbo adalah apel. Selain mengandung banyak gizi, 182 gram apel hanya mengandung gula sebanyak 19 gram, karbohidrat sebanyak 25 gram, dan serat sebanyak 5 gram. Kandungan fitonutrien di dalam apel juga bisa membantu mengelola berat badan.

3. Kiwi

buah berserat tinggi untuk pencernaan

Buah kiwi termasuk ke dalam jenis buah untuk diet karbo. Tidak jauh berbeda dengan stroberi, buah kiwi juga mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Buah kiwi hanya mengandung 9 gram gula di setiap 100 gramnya.

4. Alpukat

Alpukat memang tidak memiliki rasa yang manis, tapi alpukat disukai oleh banyak orang. Alpukat adalah buah yang mengandung gula sangat sedikit, yaitu hanya 0,6 gram gula di setiap 100 gramnya.

5. Jeruk

Jeruk sering kali diolah menjadi jus atau es jeruk. Jeruk kaya antioksidan karena banyak mengandung vitamin C. Dalam 184 gram jeruk, mengandung 17 gram gula, 4,42 gram serat, dan 160 gram air. Maka dari itu, buah jeruk termasuk ke dalam jenis buah untuk diet karbo.

6. Semangka

Semangka banyak digemari karena rasanya menyegarkan, terutama saat dikonsumsi siang hari pada cuaca panas. Rasa semangka memang manis, tapi buah semangka termasuk rendah gula. Dalam 150 gram buah semangka potong hanya mengandung 10 gram gula. Selain itu, buah semangka mengandung banyak air, vitamin A, dan vitamin C.

7. Pir

Pir bisa dijadikan sebagai buah untuk diet karbo karena sangat baik dikonsumsi bagi seseorang yang sedang menjalankan diet ini. Di dalam 100 gram buah pir, mengandung 10 gram gula. Selain itu, buah pir terkenal dengan khasiatnya karena tinggi nutrisi.

8. Buah Persik

Buah untuk diet karbo selanjutnya, yaitu buah persik. Buah persik memang memiliki rasa yang manis, tapi ternyata buah persik rendah gula. Dalam 100 gram buah persik, hanya mengandung gula kurang dari 10 gram.

9. Blewah

blewah

Blewah merupakan buah-buahan yang sering menjadi campuran es. Blewah kaya kandungan vitamin A. Selain kaya vitamin A, blewah juga termasuk buah yang rendah gula. Gula yang terkandung di dalam buah blewah hanya 8 gram di setiap 100 gramnya.

10. Jeruk Bali

Jeruk bali memang jarang ditemukan di pasaran, tapi bagi Anda yang melakukan diet karbo, Anda diperbolehkan konsumsi jeruk bali karena rendah gula. Selain vitamin C, setiap 100 gram jeruk bali hanya mengandung 7 gram gula.

Demikian buah rendah gula yang cocok dikonsumsi bagi pejuang diet kerbohidrat. Mungkin selama ini Anda mengira orang diet selalu bisa konsumsi jenis buah apa pun karena tinggi nutrisi, tapi faktanya diet karbohidrat tidak diperbolehkan konsumsi buah tinggi gula.

Baca juga: Manfaat Buah Naga untuk Asam Lambung