Seseorang yang ingin menurunkan berat badan (diet) biasanya disarankan untuk olahraga. Tapi tidak semua orang merasa memiliki waktu atau menyukai olahraga. Sehingga, diet tanpa olahraga bisa menjadi alternatif. Diet tanpa olahraga juga bisa mengurangi tumpukan lemak, lho!

Lantas, apa kunci diet tanpa olahraga agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal?

Untuk mendapatkan jawaban tersebut, simak artikel ini hingga selesai, ya!

1. Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih adalah aktivitas yang tidak boleh kita tinggalkan. Walaupun aktivitas ini tampaknya sangat sepele, ternyata berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Kontribusi minum air putih sebagai cara diet tanpa olahraga, yaitu karena minum air putih bisa memberikan rasa kenyang, sehingga mengurangi porsi saat makan apabila diminum sebelum makan.

Sementara itu, apabila sering minum air putih, akan membuat Anda merasakan kenyang palsu yang bisa membantu mengontrol nafsu untuk ngemil menjelang waktu makan berikutnya. Dalam sehari, sebaiknya Anda minum air putih minimal sebanyak 2 liter.

2. Mengunyah Makanan Secara Perlahan hingga Halus

Mengunyah makanan secara perlahan hingga halus adalah salah satu cara diet tanpa olahraga. Saat Anda mengunyah makanan perlahan hingga halus, otak akan mendapatkan cukup waktu untuk memproses makanan yang masuk ke pencernaan. Kondisi ini bisa membuat Anda merasa kenyang, sehingga porsi makanan yang dikonsumsi akan berkurang.

Sementara itu, makan secara perlahan dan mengunyahnya hingga halus akan membantu melancarkan sistem pencernaan dalam mencerna makanan. Menurut para ahli di Ohio State University, makanan lembut perlu dikunyah sebanyak 5-10 kali, sementara makanan bertekstur keras sebanyak 30 kali.

3. Menggunakan Wadah Kecil untuk Makan

Faktor utama yang berkontribusi dalam proses penurunan berat badan adalah makanan. Untuk mengatur porsi makan agar tidak berlebihan, Anda bisa menggunakan wadah kecil yang hanya bisa menampung porsi kecil. Sehingga, makanan yang dikonsumsi menjadi berkurang. Hal ini tentu saja bisa membatu mengatasi asupan kalori tubuh, sehingga kecil kemungkinan kalori mengendap di dalam tubuh dalam bentuk lemak.

4. Konsumsi Banyak Protein

Diet tanpa olahraga bisa dilakukan dengan cara konsumsi makanan tinggi protein. Protein adalah salah satu nutrisi yang bisa membuat tubuh merasa kenyang, sehingga bisa membantu Anda untuk diet tanpa olahraga. Dengan konsumsi protein yang membuat rasa kenyang, bisa membantu mengurangi nafsu makan dan membuat Anda makan lebih sedikit.

Selain itu, konsumsi banyak protein bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini akan membakar lebih banyak kalori, baik saat tidur ataupun saya melakukan aktivitas fisik. Sumber protein tinggi bisa Anda dapatkan dengan cara konsumsi telur, dada ayam tanpa kulit, udang, dan ikan kembung.

5. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Sama dengan protein, serat bisa membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama. Sehingga, konsumsi makanan banyak serat bisa membantu seseorang untuk mengurangi nafsu makan berlebih, terutama makan makanan tidak sehat. Selain itu, serat juga bisa membuat pencernaan lancar dan menghindari Anda dari sembelit.

6. Fokus Makan

Fokus makan dan tidak melakukan aktivitas lain selama makan menjadi salah satu cara diet tanpa olahraga. Saat makan, sebaiknya jangan sambil bermain hp. Hal ini bisa membuat seseorang tidak terlalu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, sehingga sinyal kenyang bisa saja terabaikan. Akibatnya, kita akan makan berlebihan karena merasa belum kenyang. Hal tersebut justru bisa menaikkan berat badan.

7. Waktu Istirahat Cukup dan Berkualitas

Pernahkah Anda berpikir kalau kualitas istirahat yang cukup juga berkontribusi dalam penurunan berat badan?

Kurangnya intensitas tidur bisa menyebabkan hormon nafsu makan seperti hormon leptin dan ghrelin menjadi tidak stabil. Ketidakstabilan kedua hormon ini akan membuat keinginan ngemil dan rasa lapar meningkat yang berpengaruh besar terhadap berat badan. Sehingga, bagi seseorang yang ingin diet tanpa olahraga sebaiknya menghindari aktivitas begadang. Untuk mengatur waktu istirahat yang berkualitas, sebaiknya tidak main gedget sebelum tidur, dan tidur 7-8 jam per malam.

8. Kelola Stres dengan Baik

Diet tanpa olahraga selanjutnya, yaitu kelola stres dengan baik. Seseorang yang stres akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol, sehingga berdampak pada nafsu makan. Itu sebabnya sebagian orang yang stres, cenderung melampiaskan rasa stres dengan cara makan (emotional eating).

Untuk mengelola stres, Anda bisa melakukan meditasi ataupun aktivitas lainnya seperti menyeimbangkan antara kerjaan dengan melakukan hal yang Anda sukai, seperti hobi.

9. Hentikan Makan Junk Food

diet_tanpa_olahraga_hindari_gorengan

Junk food merupakan makanan yang memiliki kandungan gula serta pengawet seperti MSG cukup tinggi. Makanan junk food meliputi makanan fast food seperti burger, nugget, hot dogs.

Tanpa kecuali aneka gorengan yang sering menjadi favorit mayoritas masyarakat. Sebaiknya hindari untuk mencapai target diet tanpa olahraga.

Baca juga:

Tips Defisit Kalori yang Baik dan Benar agar Diet Berhasil

Demikian diet tanpa olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Kunci dari diet tanpa olahraga adalah menerapkan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan sehat dan mengelola stres. Selain dilakukan dengan konsisten, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi, tidak ada salahnya Anda berolahraga sesekali.

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles