Pemenuhan protein bagi tubuh menjadi sangat penting agar sistem-sistem di dalamnya dapat berjalan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, kita membutuhkan berbagai jenis makanan yang mengandung protein.

Protein adalah suatu nutrisi atau zat gizi yang memiliki hubungan erat dengan proses-proses kehidupan. Zat ini juga memiliki rumus kimia protein yang menyusunnya, dan ini tergantung dengan unsur penyusun dari protein itu sendiri.

Protein sangat memegang peran penting pada hampir semua proses biologi pada manusia. Oleh karena itu, fungsi dari protein ini sangat beragam dan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Singkatnya, protein ini sangat berperan penting dalam menjalankan fungsi-fungsi yang ada dalam tubuh manusia. Misalnya adalah sistem pencernaan dan sitem pernapasan yang sangat menyokong kehidupan.

Nutrisi ini pun akan kita dapatkan melalui beberapa makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Makanan banyak protein pun harus kita ketahui agar dapat memenuhi kebutuhan tiap harinya.


Seafood (sumber: canva)

Jenis Makanan yang Mengandung Protein

Terdapat makanan di dunia ini yang mengandung protein dan dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Berikut ini beberapa contoh makanan yang mengandung protein adalah:

  • Ikan

Protein yang berasal dari ikan ini sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, juga bisa memberikan rasa kenyang saat makan. Jenis-jenis ikan yang dimaksud dalam hal ini adalah yang memiliki kandungan asam lemak omega-3. Contohnya adalah ikan salmon dan ikan tuna.

  • Kentang

Selain mengandung karbohidrat, kentang ternyata juga menjadi sumber protein yang baik. Walaupun kandungan proteinnya tidak begitu tinggi daripada ikan. Satu kentang ukuran sedang bisa mengandung protein sebanyak 4 gram.

  • Susu

Satu gelas susu dengan ukuran kurang lebih 250 ml bisa memiliki kandungan protein yang berkualitas tinggi sebanyak 6,8 gram. Oleh karenanya susu dianggap sebagai sumber protein dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Salah satu contohnya adalah susu kambing etawa.

  • Telur


Telur ayam (sumber: canva)

Bahan pangan telur ayam sangat mudah ditemui oleh masyarakat Indonesia dan menjadi sumber protein yang baik. Selain itu, telur juga bisa diolah menjadi masakan apa saja dan mudah untuk dikonsumsi. Satu butir telur bisa memberi sumbangan protein sebanyak 6 gram.

  • Kacang-kacangan

Jenis makanan yang mengandung protein selanjutnya adalah protein nabati seperti kacang-kacang. Terdapat berbagai macam kacang-kacangan yang bisa kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan. Contohnya adalah kacang edamame, kacang hitam, almond, kacang polong, dan lain sebagainya.

  • Udang

Seafood yang sangat digemari masyarakat adalah udang, bahan pangan yang minim kalori tetapi tinggi nutrisi. Setiap 100 gram udang bisa mengandung protein sebesar 24 gram. Selain itu, udang juga memiliki kandungan asam lemak omega-3, sama seperti ikan.

  • Daging


Daging sapi (sumber: canva)

Sumber protein yang sangat populer adalah daging, baik daging sapi maupun daging ayam. Jenis daging apapun akan memiliki kandungan protein yang tinggi, bahkan bisa di atas angka 20 gram.

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas, jenis bahan makanan yang mengandung protein ternyata bisa ditemukan di mana saja. Mulai dari berbagai jenis ikan, daging segar, kacang-kacangan, udang, susu, dan telur.

Selain itu, sumber protein juga bisa kita temui pada sereal sehat Nutriflakes, sebuah sereal umbi garut yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Nutriflakes menggunakan beberapa bahan alami sumber protein yang baik, seperti susu kambing etawa dan daun kelor.


Sumber protein (sumber: canva)

Baca Juga: Kandungan Susu Kambing Etawa Tidak Kalah dengan Susu Sapi

Susu kambing etawa dan daun kelor ini memiliki kandungan protein yang tinggi. Sehingga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan protein sehari-hari kita. Selain itu, kedua bahan ini sangat aman untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

Demikian ulasan mengenai jenis makanan yang mengandung protein yang patut untuk kita ketahui, semoga bisa bermanfaat.

Nutriflakes, rahasia hidup sehat dan aman!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles