Home » Artikel Nutriflakes » Kandungan Susu Kambing Etawa Tidak Kalah dengan Susu Sapi

Kandungan susu kambing etawa ternyata tidak kalah dengan gizi yang ada dalam susu sapi. Walaupun dari segi popularitas, susu sapi memang lebih umum di telinga masyarakat Indonesia.

Susu kambing etawa adalah air susu yang diperah dari kambing etawa. Sedangkan kambing jenis etawa ini adalah kambing yang asalnya dari kawin silang antara kambing Indonesia dengan kambing India.

Kambing dari Indonesia yang berjenis kambing “kacang” dan kambing asal India yang berjenis “jamnapari”.

Jenis kambing etawa sendiri biasanya diambil susu dan dagingnya, dan hasil ternak ini pun menjadi unggulan di negara Indonesia.


Kambing etawa (sumber: canva)

Kandungan nutrisi pada susu kambing etawa ini juga bisa dijadikan alternatif sumber asupan gizi seimbang sehari-hari. Walaupun kalah popularitas dengan susu sapi, manfaat dari susu etawa ini tentu tidak kalah.

Popularitas ini dilihat dari jumlah beredarnya produk di pasaran dan bagaimana masyarakat sadar dengan suatu produk. Kita sangat sering melihat produk-produk susu sapi dan olahannya di pasaran luas.

Bahkan hasil olahan-olahan susu sapi ini beragam jenisnya. Sedangkan susu kambing etawa masih terdengar sangat asing di telingan masyarakat Indonesia. Jika tidak melihat iklan-iklan di pinggir jalan pun, mungkin masyarakat tidak akan mengetahui bahwa kambing bisa memproduksi susu.

Nutrisi Susu Kambing Etawa

Padahal menurut beberapa penelitian, susu kambing etawa ini justru memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi daripada susu sapi.

Susu kambing etawa ini mengandung beberapa jenis vitamin di antaranya: vitamin A, vitamin B2, dan viamin B3. Berdasarkan sebuah penelitian, kandungan vitamin pada susu etawa ini lebih tinggi daripada susu kambing.

Sedangkan nutrisi gizi pada susu ini ada protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, sodium, natrium, kalium, magnesium, dan air. Selain itu, susu kambing etawa ini juga memiliki asam lemak rantai pendek.

Sehingga organ-organ pencernaan tidak akan kewalahan untuk memproses susu etawa ketika masuk ke dalam sistem pencernaan.

susu_etawa_bahan_nutriflakes
susu etawa (sumber: canva)

 

Manfaat Susu Kambing Etawa

Kandungan nutrisi pada susu kambing etawa yang kaya ini menjadikan minuman ini memberikan manfaat dan kebaikan bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat ini, di antaranya:

  • Rendah lemak

Susu kambing etawa memang memiliki kandungan lemak, tetapi dalam jumlah yang sedikit. Jenis lemak yang ada di dalam susu etawa adalah linoleat dan arakidonat.

Di mana kedua jenis ini merupakan lemak yang sangat cepat untuk dibakar dan tidak menjadi lemak jahat pada tubuh.

  • Meningkatkan pH tubuh

Susu kambing etawa dapat mengontrol tubuh agar tidak bersifat terlalu asam. Jika kadar keasaman pada badan terlalu tinggi maka sistem imun pun akan menurun sehingga kita akan lebih mudah sakit.

Susu etawa ini membantu tubuh kembali normal kadar pHnya, sehingga sistem imun pun kembali meningkat.

  • Mendukung kesehatan organ pencernaan

Jumlah bakteri yang baik akan membantuk pencernaan menjadi lebih sehat. Hal ini tergantung dengan makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Kandungan dalam susu kambing etawa yang membantu sistem pencernaan adalah prebiotik, sebuah makanan yang disukai bakteri baik. Proses metabolisme tubuh pun akan meningkat.

  • Menjaga kesehatan jantung

Senyawa kalium yang ada pada susu etawa ternyata membantu tekanan darah agar tetap stabil. Sehingga jantung tidak perlu bekerja untuk lebih keras.

Baca: Cara Minum Susu Kambing Etawa Meminimalisir Efek Samping

Melalui penjelasan di atas, kebaikan susu kambing etawa memang tidak kalah dengan susu sapi. Bahkan beberapa nutrisi dalam susu etawa justru lebih kaya.

pesan nutriflakes sereal asam lambung
Sereal Nutriflakes Solusi Maag dan GERD

Manfaat susu etawa terhadap kesehatan di atas dapat kita dapatkan dengan mengonsumsi Nutriflakes. Di mana sereal sehat ini menggunakan susu etawa sebagai salah satu bahan utamanya.

Artinya, dengan mengonsumsi Nutriflakes secara tidak langsung kita juga akan mendapatkan beberapa manfaat dari susu etawa di atas.

Nutriflakes, rahasia hidup sehat dan aman.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles