Asam lambung naik atau refluks asam adalah gangguan pencernaan yang umum terjadi, menyebabkan gejala seperti sensasi terbakar di dada, rasa asam di tenggorokan, dan mual.

Meskipun banyak orang mencari pengobatan medis untuk mengatasi masalah ini, teknik pijat titik tertentu pada tangan dapat memberikan bantuan alami untuk meredakan gejala asam lambung.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan titik-titik pijat yang dapat membantu meredakan asam lambung dan cara melakukannya.

Pijat pada Tangan dan Refluks Asam

Pijatan pada titik-titik tertentu pada tangan dapat merangsang saraf-saraf yang terhubung dengan sistem pencernaan dan membantu mengurangi gejala refluks asam.

Meskipun pijatan tangan tidak akan menyembuhkan penyakit ini sepenuhnya, teknik ini dapat memberikan bantuan sementara dan nyaman.

Namun, sebelum mencoba teknik pijat ini, konsultasikan dengan dokter Anda, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit serius atau sedang dalam pengobatan medis.

Titik-Titik Pijat pada Tangan untuk Meredakan Asam Lambung

1. Titik Perut (P6 atau Nei Guan)

Lokasi: Titik ini terletak pada pergelangan tangan di bagian dalam, sekitar dua jari di bawah lipatan pergelangan tangan Anda. Berikut cara melakukan:

·         Tempelkan jari tengah dan ibu jari Anda bersama-sama di titik P6.

·         Berikan tekanan lembut dan pijat dengan gerakan melingkar selama beberapa menit.

·         Ulangi beberapa kali.

Fungsi titik P6 adalah meredakan mual dan muntah. Pijatan pada titik ini dapat membantu meredakan gejala mual yang sering terkait dengan asam lambung naik.

Baca:

Titik Refleksi Asam Lambung yang Harus Anda Ketahui

2. Titik Perut (LI4 atau He Gu)

Lokasi: Titik ini terletak di bagian tengah atas tangan Anda antara ibu jari dan jari telunjuk, di atas pangkal ibu jari. Berikut cara melakukan:

·         Tempelkan jari tengah dan ibu jari Anda pada titik LI4.

·         Pijat dengan gerakan melingkar atau tekanan lembut selama beberapa menit.

·         Lakukan pijatan ini beberapa kali.

Titik LI4 membantu meredakan rasa sakit di dada dan mual, yang dapat terkait dengan asam lambung naik.

3. Titik Esofagus (HT3 atau Shao Hai)

Lokasi: Titik ini terletak di bagian dalam pergelangan tangan Anda, antara titik tengah lipatan pergelangan tangan dan pangkal jari kelingking Anda. Berikut cara melakukan:

·         Tempelkan jari tengah dan ibu jari Anda pada titik HT3.

·         Lakukan pijatan dengan gerakan melingkar atau tekanan lembut selama beberapa menit.

·         Ulangi beberapa kali.

Pijatan pada titik HT3 dapat membantu meredakan gejala asam lambung dan mengurangi sensasi terbakar di dada.

titik pijat pergelangan tangan
titik pijat pergelangan tangan (sumber: canva)

Pentingnya Konsultasi dengan Dokter

Meskipun teknik pijat titik-titik pada tangan dapat memberikan bantuan dalam meredakan gejala asam lambung, mereka tidak boleh menggantikan perawatan medis yang direkomendasikan oleh dokter.

Asam lambung naik adalah kondisi medis yang serius, dan perawatan medis mungkin diperlukan, terutama jika gejala berat atau berulang.

Sebelum mencoba teknik pijat ini, konsultasikan dengan dokter Anda untuk memastikan bahwa itu aman bagi kondisi kesehatan Anda.

pemesanan_nutriflakes

Pendekatan Alami untuk Meredakan Gejala Asam Lambung

Teknik pijat pada titik-titik tangan dapat menjadi pendekatan alami yang membantu meredakan gejala asam lambung. Namun, untuk penanganan yang komprehensif dan diagnosis yang akurat, selalu penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Dengan pendekatan yang benar, Anda dapat mengatasi gejala asam lambung dengan bijak dan mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Demikian ulasan titik pijat asam lambung pada tangan semog dapat memberi manfaat dalam upaya menjaga kesehatan lambung terbebas dari gerd.

About the Author

Rizkiawan Candra

Highly interested in content writing and passionate in digital contents. Currently learning about Search Engine Optimization.

View All Articles