Perut kembung adalah kondisi di mana terjadinya penumpukan gas di dalam perut, sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman. Salah satu cara untuk meredakan atau menghilangkan perut kembung dapat dilakukan dengan dipijat. Tapi, di mana saja titik pijat perut kembung?

Perut kembung juga dapat dikatakan sebagai kondisi di mana perut terasa penuh dan begah, disebabkan oleh kondisi pencernaan tertentu, seperti sembelit, penyakit celiac, dan iritasi usus besar. Selain konsumsi obat-obatan dan penerapan pola makan sehat, perut kembung juga dapat diatasi dengan terapi alternatif, seperti akupresur.

Akupresur adalah pijat tradisional dari Tiongkok yang memberikan tekanan pada ujung jari atau titik tubuh tertentu. Titik pijat masuk angin atau perut kembung dapat dilakukan di tangan ataupun di kaki. Sebelum melakukan pijat titik tertentu untuk perut kembung, sebaiknya pahami terlebih dahulu area tangan atau di kaki yang tepat.

Titik Pijat Perut Kembung pada Tangan

1. Bagian Luar Siku
Titik pijat perut kembung yang pertama terletak di bagian luar siku, tepat saat siku ditekuk. Titik ini dinamakan titik Quchi.

Cara pijatnya cukup mudah, yaitu dengan gerakan seperti menguleni adonan tepat pada titik tengah (garis melintang) ketika melipat siku.

Agar perut kembung segera reda, kamu dapat memijat bagian ini secara teratur.

2. Sela Telunjuk dan Ibu Jari
Titik pijat perut kembung selanjutnya, terletak pada punggung tangan, tepatnya di sela telunjuk dan ibu jari.

Untuk melakukan pijatan pada titik ini, kamu dapat menggunakan minyak angin agar mendapatkan hasil maksimal.

Tak kalah mudah dengan cara sebelumnya, kamu dapat memijat dengan memutar seperti jarum jam.

3. Samping Bawah Kuku Ibu Jari
Samping bawah kuku ibu jari juga merupakan titik pijat perut kembung atau masuk angin. Tepatnya berada di area ibu jari, di bagian samping bawah kuku.

Selain meredakan perut kembung, memijat pada titik ini dapat meredakan hidung tersumbat. Cara memijatnya cukup mudah, yaitu gosok bagian permukaan kulit dari bawah ke atas secara berulang.

4. Sepertiga Ruas Ibu Jari
Masih berada di area ibu jari, titik pijat perut kembung berikutnya, yaitu pada 1/3 ruas bagian bawah dekat cekungan.

Cara memijatnya, yaitu dari bagian bawah ke atas. Pijatan pada titik ini dapat melegakan saluran pernapasan.

5. Garis Tangan Bagian Tengah
Titik pijat perut kembung juga terletak di garis tangan bagian tengah, tepatnya berada di antara jari tengah dan jari manis.

Kamu dapat mengurut bagian bawah ke atas dengan tangan, agar kembung cepat reda.

Itulah beberapa titik pijat perut kembung pada bagian tangan. Selain pada bagian tangan, terdapat juga titik pijat perut kembung di bagian kaki.

Baca juga:

Titik Refleksi Asam Lambung yang Harus Anda Ketahui

Titik Pijat Perut Kembung pada Kaki

titik pijat perut kembung pada kaki

1. Sela Jari Kaki
Titik pijat perut kembung pada kaki yang pertama adalah pada bagian sela jari kaki dan umum digunakan sebagai titik untuk meredakan masuk angin beserta gejalanya.

2. Jempol Kaki
Titik pijat perut kembung berikutnya, yaitu terletak pada jempol kaki. Kamu dapat menekan lembut bagian ini dan mengurutnya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Punggung Kaki
Titik pijat perut kembung berikutnya, yaitu pada bagian punggung kaki. Kamu dapat memijat punggung kaki dengan tangan agar tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman.

4. Bagian Bawah Tempurung Lutut
Bagian bawah tempurung lutut, tepatnya pada bagian luar tulang kering juga merupakan titik pijat perut kembung. Kamu dapat menekan kuat bagian luar tulang kering sembari menarik dan membuang napas secara perlahan.

Kesimpulan

Itulah beberapa titik refleksi yang bisa dilakukan menggunakan minyak hangat untuk meredakan kembung.

Pijatan merupakan alternatif yang masih sering dijadikan cara penyembuhan gangguan kesehatan oleh mayoritas masyarakat Indonesia.

Apabila pengobatan alternatif tersebut tidak bekerja maksimal, bersegaral untuk meminta pertolongan ahli kesehatan.

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles