Seseorang yang sedang menjalankan diet dianjurkan konsumsi sayur-sayuran. Selain rendah kalori, sayuran juga tinggi nutrisi dan serat yang bisa mendukung kamu untuk menerapkan pola makan sehat.

Kebanyakan orang yang sedang menjalankan diet, cenderung meningkatkan konsumsi sayuran. Konsumsi sayuran sangat baik untuk tubuh, asalkan tidak dalam jumlah yang berlebihan. Meskipun mengurangi asupan kalori, seseorang yang diet juga membutuhkan nutrisi seperti vitamin, mineral, protein, dan karbohidrat.

5 Sayuran yang Bagus untuk Diet

1. Kembang Kol dan Brokoli

Kembang kol dan brokoli adalah jenis sayuran yang tinggi kandungan mineral, vitamin, serta serat yang membuat rasa kenyang lebih lama. Kembang kol dan brokoli juga mengandung senyawa fitokimia yang bisa membantu meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh.

2. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran yang bagus untuk diet. Selain padat nutrisi, bayam rendah kalori. Bayam juga mengandung tinggi serat. Di setiap 100 gram bayam, terdapat 2,8 gram serat yang membantu mengontrol nafsu makan.

3. Buah Bit

Bit dikenal sebagai sayuran kaya serat, folat, mangan. Sementara itu, buah bit rendah kalori. Buat bit juga mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan nutrisi buah bit bisa mendukung seseorang untuk menjalankan diet.

4. Kubis

Kubis adalah sayuran yang bagus untuk diet dan sering dijadikan sebagai tambahan salad. Kubis terdiri dari beberapa jenis, seperti kubis putih, ungu, dan merah. Kubis mengandung antioksidan yang berasal dari antosianin, membantu menangkal radikal bebas.

5. Buncis

Meskipun berukuran kecil, ternyata bunci tinggi kandungan vitamin C. Kebutuhan Vitamin C yang cukup dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh yang berkaitan dengan proses pembakaran lemak.

Itu beberapa sayuran yang bagus untuk diet dan bisa kamu konsumsi di rumah. Pada umumnya, semua jenis sayuran bagus untuk diet. Tapi tidak bisa dipungkiri kalau cara pengolahannya bisa memengaruhi kandungan nutrisi di dalam sayur tersebut. Berikut rekomendasi mengolah sayuran yang lezat, tapi tetap bergizi:

Baca juga:

Tips Panduan Diet Bagi Pemula yang Praktis

Resep dan Penyajian Sayur untuk Diet

telur_kukus_sehat

1. Brokoli Telur Kukus

Bahan-bahan:

  • Brokoli berukuran sedang.
  • 2 butir telur.
  • Merica bubuk secukupnya.
  • Air kaldu.
  • Garam secukupnya.

Cara Membuat:

1. Potong brokoli dengan ukuran sesuai selera.
2. Cuci potongan brokoli hingga bersih.
3. Kocok telur, masukkan ke dalam mangkuk kaca, kemudian kukus, tunggu hingga matang.
4. Panaskan air kaldu.
5. Masukkan potongan brokoli ke air kaldu.
6. Potong telur yang sudah dikukus (jangan terlalu kecil), kemudian masukkan ke air kaldu.
7. Tambahkan merica dan garam secukupnya, kemudian cicip.
8. Setelah rasanya pas, brokoli telur kukus siap dihidangkan.

2. Bit Panggang

Bahan-bahan:

  • 4 buah bit berukuran sedang.
  • 1 sendok makan minyak zaitun.
  • Garam halus secukupnya.

Cara Membuat:

1. Panaskan oven, kurang lebih hingga mencapai 190 derajat.
2. Lapisi loyang dengan kertas roti.
3. Cuci buah bit hingga bersih menggunakan air mengalir.
4. Potong pangkal buah bit, kemudian belah menjadi dua.
5. Iris buah bit dengan ketebalan kurang lebih 2 cm.
6. Susun irisan buah bit di atas loyang.
7. Oleskan buah bit dengan minyak zaitun dan taburkan dengan sedikit garam.
8. Panggang buah bit.
9. Bit panggang siap dijadikan

Demikian cara pengolahan sayuran yang bagus untuk diet. Saat mengolah sayuran agar nutrisinya tetap terjaga, sebaiknya jangan masak sayuran terlalu lama.

Selain itu, penggunaan bahan tambahan juga harus diperhatikan seperti penggunaan minyak. Apabila kamu terpaksa menggunakan minyak, sebaiknya gunakan minyak zaitun.

Pastikan untuk mencakup berbagai jenis sayuran dalam diet Anda untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles