Penting untuk diakui bahwa gelisah dan jantung berdebar adalah tantangan kesehatan mental yang bisa dihadapi oleh siapa saja.

Dalam dunia modern yang seringkali penuh tekanan, anjuran dan tuntunan dari ajaran Islam dapat memberikan panduan berharga untuk mengatasi perasaan tersebut.

Artikel ini akan memandu pembaca melalui serangkaian praktik Islam yang dapat membantu mencapai ketenangan jiwa dan mengatasi gelisah serta jantung berdebar.

1. Shalat sebagai Kunci Ketenangan

Dalam Islam, shalat bukan hanya sekadar kewajiban ibadah, tetapi juga merupakan cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dan menemukan ketenangan batin.

Melakukan shalat lima waktu sehari-hari memberikan kesempatan untuk merenung, meresapi makna hidup, dan memperkuat koneksi spiritual.

2. Dzikir dan Zikir untuk Ketenangan Jiwa

Dzikir, atau mengingat Allah, adalah bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Berbagai bentuk dzikir, seperti Istighfar (memohon ampunan), Tasbih (mengingat Allah dengan menyebut-Nya), dan Tahlil (mengucapkan kalimat La ilaha illallah), dapat meredakan gelisah dan memberikan ketenangan.

3. Membaca Al-Qur’an untuk Ketenangan Hati

Al-Qur’an adalah sumber petunjuk dan hikmah. Membaca ayat-ayat Al-Qur’an, terutama surah-surah tertentu seperti Al-Fatihah dan Yasin, bukan hanya menghadirkan ketenangan, tetapi juga memberikan perspektif yang mendalam tentang makna hidup.

4. Doa sebagai Sarana Penghilang Kekhawatiran

Doa adalah bentuk komunikasi langsung dengan Allah. Dalam doa, seseorang dapat membagikan kegelisahan, ketakutan, dan harapannya kepada Sang Pencipta. Menganut keikhlasan dalam berdoa membantu meredakan beban jiwa.

berdoa_cara mengatasi gelisah dan jantung berdebar menurut islam

5. Teknik Pernapasan Sesuai Sunnah

Rasulullah SAW memberikan contoh tentang teknik pernapasan yang benar. Bernapas secara tenang, lambat, dan dalam sesuai dengan sunnah membantu menenangkan sistem saraf dan jantung, mengurangi gejala fisik dari kegelisahan.

6. Menghindari Perbuatan dan Lingkungan yang Merugikan

Islam mengajarkan untuk menjauhi perbuatan dan lingkungan yang dapat menimbulkan kegelisahan. Memilih teman yang positif, menghindari gosip yang merugikan, dan menjalani hidup sesuai dengan prinsip-prinsip moral Islam membantu menjaga kesehatan mental.

7. Bersikap Sabar dan Berpikir Positif

Konsep sabar dalam Islam tidak hanya sebatas menahan diri dari keluhan, tetapi juga mencakup sikap penerimaan terhadap ujian hidup. Bersikap positif dan meyakini bahwa setiap ujian memiliki hikmah dapat membantu mengatasi gelisah dan meningkatkan kekuatan mental.

8. Membuat Kebaikan pada Sesama

Berbuat baik pada sesama adalah prinsip dasar dalam Islam. Membantu orang lain, memberikan dukungan, dan berpartisipasi dalam kegiatan amal dapat memberikan rasa kebahagiaan dan mendukung ketenangan jiwa.

9. Menjaga Keseimbangan Hidup

Islam mengajarkan pentingnya menjaga keseimbangan dalam hidup. Ini mencakup manajemen waktu yang efektif, menjaga kesehatan fisik dan mental, dan menyeimbangkan antara ibadah dan aktivitas dunia.

Artikel pilihan:

Keajaiban Zikir untuk Mengatasi Sakit Maag
Mengatasi Sakit Dada Sebelah Kanan Menurut Islam

10. Berlindung dari Godaan Syaitan

Dalam Islam, melibatkan diri dalam perlindungan dari godaan syaitan merupakan langkah bijak. Mengucapkan kalimat-kalimat perlindungan, seperti Ayat Kursi, dan menjauhi perbuatan yang mendekatkan diri pada syaitan dapat membantu menjaga kebersihan hati dan pikiran.

Mengatasi gelisah dan jantung berdebar menurut ajaran Islam melibatkan integrasi nilai-nilai spiritual dan tindakan praktis. Dengan menjalankan ajaran Islam, seseorang dapat memperoleh ketenangan jiwa dan mencapai keseimbangan hidup.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa setiap individu memiliki keunikan dan mungkin memerlukan dukungan tambahan, baik dari komunitas Muslim maupun profesional kesehatan mental.

Dengan menggabungkan tuntunan Islam dan pendekatan holistik, seseorang dapat membangun fondasi kesehatan mental yang kokoh dan menghadapi tantangan hidup dengan lebih baik.

About the Author

Rizkiawan Candra

Karena nikmat sehat itu sangat penting, maka saya akan berbagi tips kesehatan dengan mencurahkannya berupa tulisan artikel yang diharapkan menjadi manfaat untuk semua.

View All Articles