Banyak orang beranggapan kalau diet sama artinya dengan mengurangi makan tanpa memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Padahal diet tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, terutama bagi pemula. Agar tidak salah langkah, bagi yang ingin menurunkan berat badan bisa menerapkan cara diet pemula di pembahasan artikel kali ini.

Diet sendiri adalah pola makan, di mana cara dan jenis makanan yang masuk ke tubuh harus diperhatikan. Oleh karena itu, cara diet pemula bisa dilakukan dengan penerapan pola makan yang baik.

Berikut cara menerapkan pola makan bagi pemula:

1. Konsumsi Lebih Banyak Buah dan Sayur

Cara diet pemula yang bisa dilakukan adalah memenuhi kebutuhan serat tubuh. Serat bisa ditemukan dengan mudah di dalam makanan nabati seperti sayur dan buah. Serat bisa menyerap air dan bergerak melewati saluran pencernaan secara perlahan, sehingga perut akan terasa kenyang lebih lama.

Untuk mendapatkan lebih banyak serat, Anda bisa konsumsi buah-buahan seperti apel, alpukat,  pir, dan jeruk. Sementara itu, sayuran yang tinggi serat adalah brokoli, bayam, wortel, dan kangkung. Anda bisa konsumsi jenis makanan ini sebagai cara diet pemula

2. Konsumsi Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh adalah seluruh dari jenis serealia.  Biji-bijian utuh mengandung nutrisi yang sangat penting untuk membantu Anda dalam menerapkan pola makan sehat. Selain mengandung serat, biji-bijian utuh juga tinggi kandungan protein sehingga sangat baik untuk diet.

Konsumsi makanan tinggi protein bisa mengurangi nafsu makan dan meningkatkan intensitas pembakaran lemak. Saat diet, konsumsi tinggi protein juga bisa meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan kalori, dan mengurangi rasa lapar. Ketiga hal ini sangat berperan dalam membantu menurunkan berat badan.

Biji-bijian utuh yang bisa Anda konsumsi sebagai menu untuk diet pemula adalah beras merah, beras hitam, oatmeal, dan quinoa.

3. Membatasi Makanan Olahan

Cara diet pemula selanjutnya, yaitu membatasi konsumsi makanan olahan. Makanan olahan bisa saja mengandung pengawet, gula berlebih, atau diolah menggunakan minyak. Sehingga, makanan olahan bisa saja tinggi kalori, tapi rendah nutrisi. Kalori yang tinggi bisa menyebabkan kenaikan berat badan apabila tidak diimbangi dengan aktivitas fisik. Selain itu, makanan dengan pengawet, gula, dan minyak berlebih bisa menimbulkan efek negatif bagi tubuh.

Makanan olahan yang bisa dihindari sebagai cara diet bagi pemula, yaitu keripik, permen, kue, makanan cepat saji, dan makanan beku.

4. Hindari Minuman Tertentu

Cara diet pemula yang harus dilakukan adalah menghindari minuman tertentu, seperti minuman manis. Minuman manis tinggi gula dan kalori, tapi rendah nutrisi. Selain minuman manis, sebaiknya juga hindari minuman beralkohol karena tinggi kalori. Untuk mengganti jenis minuman tersebut, Anda bisa minum air putih.

5. Kontrol Porsi Makan

Mengontrol porsi makan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan bagi seseorang yang menjalankan diet, terutama bagi pemula. Untuk memahami porsi makan, bisa dilakukan dengan cara:
– Perhatikan label makanan untuk mengetahui porsi makanan sebelum dan sesudah dimasak,
– Perhatikan makanan yang berkalori tinggi,
– Gunakan alat makan kecil agar tidak makan berlebihan,
– Selektif dalam memilih minuman.

6. Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Sehat

Lemak juga menjadi bagian terpenting dari program diet. Lemak bisa membantu menjaga metabolisme tubuh dan juga sebagai cadangan energi. Tapi lemak yang boleh dikonsumsi adalah jenis lemak sehat seperti lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh bisa Anda temukan di makanan jenis kacang-kacangan, minyak zaitun, alpukat, dan ikan salmon. Lemak jenis ini bisa memberikan manfaat untuk tubuh.

Itu beberapa cara diet pemula yang bisa Anda lakukan di rumah. Agar diet berhasil, kuncinya adalah konsiten dan disiplin. Selamat mencoba, ya!

Tips Tambahan untuk Diet

  • Aktivitas Olaharaga Teratur: Olahraga secara teratur merupakan salah satu faktor penting dalam menjalani diet.
  • Istirahat yang Cukup: Istirahata sangat penting dalam pemulihan energi.
  • Kelola stress: Tak jarang stres dapat mengakibatkan pola makan tak terkontrol bagi beberapa orang.

Baca juga:

Jadwal Pola Makan untuk Mencegah Perut Buncit

Bagi Anda yang sedang menajalani program diet, jangan pernah skip untuk memperhatikan asupan makanan. Konsisten dengan kesadaran yang tinggi akan mencapai goals yang ditentukan dalam diet.

Bila perlu berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau nutrisionis kepercayaan Anda.


About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles