Daun kelor bisa membantu mengurangi lemak yang ada di tubuh, tapi tetap diimbangi dengan pola hidup sehat. Ekstrak daun kelor yang memiliki sifat sebagai pencahar akan melancarkan proses buang air besar, sehingga metabolisme tubuh menjadi cepat dan mengurangi penumpukan lemak.

Daun kelor yang berukuran kecil, ternyata memiliki banyak manfaat. Karena manfaatnya tersebut, daun kelor sudah dipercaya sejak berabad-abad sebagai tanaman multiguna. Itu sebabnya manfaat daun kelor juga bisa dirasakan untuk Anda yang sedang menjalani program diet.

Bagaimana manfaat daun kelor untuk menurunkan berat badan?

timbangan berat badan

Di dalam sebuah penelitian, mengungkapkan bahwa daun kelor bisa membantu mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak. Penelitian ini dilakukan pada hewan dan tabung reaksi. Tapi sampai saat ini, belum diketahui pasti apakah manfaat tersebut bisa dirasakan oleh manusia atau tidak.

Beberapa ahli lainnya juga mengungkapkan bahwa daun kelor memang memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena daun kelor bisa membantu mengatur kadar insulin.

Ahli Gizi Lochan Tebak menyatakan bahwa kemampuan daun kelor dalam mengatur insulin bisa mengontrol nafsu makan sehingga mengurangi keinginan seseorang untuk konsumsi makana manis. Makanan manis sendiri bisa memicu kenaikan berat badan.

Selain itu, juga dikatakan bahwa daun kelor bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang lancar bisa membantu menurunkan berat badan.

Daun kelor juga mengandung serat tinggi, baik serat larut ataupun serat tidak larut air. Makanan tinggi serat ini akan cenderung memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama, sehingga tidak mendorong kita untuk makan berlebihan. Saat kita sudah merasakan kenyang, otak akan berhenti mengirimkan sinyal yang mendorong kita untuk makan. Sehingga, tidak memicu berat badan.

Itu manfaat daun kelor untuk menurunkan berat badan apabila dikonsumsi. Cara mengonsumsi daun kelor sendiri cukup beragam, yaitu bisa dengan cara mencampurkan satu sampai dua sendok teh ekstrak dari daun kelor ke dalam hidangan makanan atau minuman.

Selain itu, ada beberapa cara untuk menikmati daun kelor, seperti berikut ini:

  • Merebus daun kelor.
  • Dijadikan sayur bening.
  • Mencampurkan ekstrak daun kelor ke dalam makanan dan minuman.
  • Menaburkan daun kelor ke salad, pasta, telur, ataupun sayuran panggang.
  • Dipanggang menjadi roti, kue kering, muffin, atau brownies.
  • Dicampurkan ke dalam sup, semur, atau saus.
  • Dicampurkan ke dalam jus, smoothies, dan es krim.
  • Dicampurkan bersama jus apel atau air kelapa.

Apabila Anda ingin mengonsumsi daun kelor  dalam bentuk teh atau rebusan, bisa dengan cara berikut ini:

  • Rebus 1-2 gelas air di dalam panci,
  • Masukkan daun kelor atau bubuk kelor ke dalam panci berisi rebusan air tersebut,
  • Tunggu hingga mendidih, kemudian saring,
  • Teh daun kelor ini siap dikonsumsi.
kelor_kering_dan teh_kelor

Itu manfaat daun kelor untuk diet dan cara pengolahannya. Meskipun daun kelor memiliki banyak manfaat dan nutrisi, konsumsi daun kelor juga perlu diperhatikan.

Pada anak kecil, direkomendasikan konsumsi daun kelor sebanyak 60 mg per hari. Sementara pada wanita menyusui, sebanyak 130 mg per hari. Mengonsumsi daun kelor setiap hari untuk ibu menyusui, bisa membantu meningkatkan produksi ASI.

Sebaiknya, konsumsi daun kelor tidak secara berlebihan karena apabila dikonsumsi secara berlebihan tidak menutup kemungkinan bisa menimbulkan efek samping. Untuk ibu hamil dan seseorang dengan kondisi tertentu juga sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu apabila ingin konsumsi rebusan daun kelor.

Baca juga:
Manfaat Sayur Kelor Bening Yang Menyehatkan

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles