Daun kelor mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, dan kalium.

Sebagai asupan yang penuh nutrisi kelor cocok dijadikan hidangan yang sehat seperti sayur bening daun kelor. Hanya perlu diolah dengan cara sederhana, Anda sudah bisa menikmati hidangan penuh nutrisi dari daun kelor.

Bagaimana cara membuat hidangan sayur daun kelor?

Bahan Pembuatan Sayur Daun Kelor

– 1 Ikat Daun Kelor
– 1 Buah Jagung Manis (opsional)
– Air Secukupnya
– 2 Siung Bawang Putih
– 3 Siung Bawang Merah
– 1 Ruas Temu Kunci
– Garam dan Gula Secukupnya
– Penyedap Rasa (opsional)

Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Sayur Bening

1. Petik atau pisahkan daun kelor dari batangnya, pilih bagian daun yang muda, kemudian cuci hingga bersih.
2. Bisa tambahkan jagung yang sudah dilepas dari tongkolnya.
3. Kupas dua siung bawang putih dan tiga siung bawang merah, kemudian iris tipis. Kupas temu kunci, kemudian geprek.
4. Rebus air secukupnya dan tunggu hingga mendidih.
5. Setelah air mendidih, masukkan jagung manis yang sudah dipotong/ dipisahkan dari tongkol jagungnya.
6. Setelah jagung setengah matang, masukkan bawang merah, bawang putih, temu kunci, dan daun kelor yang sudah dicuci. Kemudian, aduk rata sayur daun kelor. Tunggu daun kelor hingga tenggelam.
7. Setelah daun kelor empuk, masukkan gula dan garam secukupnya. Anda bisa menambahkan penyedap rasa sebagai opsi selera.
8. Cicip sayur daun kelor. Apabila rasa sudah sesuai, angkat sayur daun kelor dan masukkan ke mangkuk.
9. Sayur daun kelor siap disajikan dan dinikmati.

Bagaimana? Sangat mudah, bukan? Selain jagung manis, Anda juga bisa lho menggunakan wortel yang dipotong atau potongan labu siam sebagai opsi lainnya dalam pembuatan sayur daun kelor.

Apabila temu kunci sulit ditemukan, Anda bisa menggantinya dengan kencur atau daun salam. Tidak hanya menjadi hidangan lezat pendamping nasi yang memiliki cita rasa menyegarkan, sayur daun kelor juga kaya manfaat.

Manfaat Sayur Daun Kelor

Dalam satu porsi hidangan sayur daun kelor, mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain daun kelor, sayur daun kelor juga dilengkapi dengan nutrisi yang berasal dari komposisi jagung manis. 

Sayur daun kelor mengandung serat dan nutrisi tinggi yang penting bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, zat besi, serta protein.

Sementara itu, jagung manis mengandung serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, zat besi, kalium, fosfor, dan magnesium. Dibandingkan biji-bijian lainnya, jagung lebih tinggi antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berdasarkan kandungan gizi komposisi sayur daun kelor tersebut, sayur daun kelor tidak hanya tinggi nutrisi, tapi juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C dalam olahan sayur daun kelor bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga melindungi tubuh dari  infeksi dan penyakit.

Vitamin A yang terkandung di dalam sayur daun kelor juga baik untuk kesehatan mata, seperti membantu mencegah rabun senja.

Sayur daun kelor tinggi serat sehingga sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan. Serat yang terkandung di dalam olahan sayur daun kelor, juga bisa membantu menjaga berat badan.

Selain serat, karbohidrat yang terkandung di dalam jagung juga bisa membuat Anda kenyang tanpa harus menambahkan nasi.

Memiliki kandungan antioksidan tinggi, sayur daun kelor bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat peradangan.

Selamat mencoba olahan sayur daun kelor yang kaya manfaat untuk hidangan sehat Anda!

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles