Berat badan ideal adalah impian setiap orang. Tapi menurunkan berat badan tidak jarang menjadi tantangan tersendiri. Banyak orang yang mencoba berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan, termasuk dengan mengonsumsi obat-obatan. Padahal, diet secara alami bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa menimbulkan efek samping.

Di dalam artikel ini akan mengulas cara melakukan diet secara alami yang tidak membahayakan. Yuk, simak terus sampai selesai, ya!

Pahami Konsep Diet

Diet atau program penurunan berat badan identik dengan gaya hidup sehat, dari pola hidup hingga pola makan sehat. Berbicara soal diet, menurunkan berat badan secara alami bukan dengan mengurangi makan atau tidak boleh makan sama sekali, melainkan memperhatikan bagaimana cara dan makanan apa saja yang masuk ke tubuh.

Tidak jarang orang menjalani diet dengan cara salah, yaitu mengurangi makan tanpa memperhatikan apakah tubuh kita sudah mendapatkan asupan nutrisi yang cukup atau belum. Oleh karena itu, diet yang tepat bisa dilakukan dengan cara menjaga asupan kalori, tapi juga mempertimbangkan asupan nutrisi.

Diet juga diartikan sebagai pola makan di mana cara dan jenis makanan yang masuk ke tubuh harus diatur. Tujuan diet sendiri, yaitu untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh dan untuk menjaga berat badan agar lebih terkontrol.

Lantas, apa saja makanan untuk diet?

Dalam upaya penurunan berat badan, tentunya yang harus dilakukan adalah mengatur pola makan dan jenis makanan untuk dikonsumsi. Penurunan berat badan bisa dilakukan dengan cara defisit kalori, atau mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan dengan cara mengurangi asupan kalori tanpa mengabaikan kebutuhan nutrisi tubuh.

Tidak ada makanan yang bisa menurunkan berat badan, tapi ada banyak makanan sehat untuk mendukung penurunan berat badan.

Makanan untuk Diet

menu_makan_untuk_diet

1. Telur

Telur dikatakan makanan yang bisa bantu menurunkan berat badan karena telur tinggi protein dan bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Sehingga, konsumsi telur bisa membantu kita untuk tidak makan berlebihan yang justru memicu kenaikan berat badan. Konsumsi telur bisa menjadi makanan untuk diet secara alami.

2. Sayuran Berwarna Hijau

Makanan berikutnya untuk diet secara alami adalah sayuran berdaun hijau. Sayuran berwarna hijau ini mengandung tilakoid yang bisa membuat rasa kenyang dan mengatur nafsu makan. Selain itu, sayur juga tinggi serat. Serat bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama.

3. Ikan

Ikan bisa menjadi makanan diet secara alami yang memiliki rasa nikmat dan bisa dicoba di rumah. Ikan sangat tinggi protein, mengandung nutrisi, dan lemak sehat. Berkat kandungan protein tinggi, konsumsi ikan juga membantu kita untuk mengurangi kebiasaan ngemil karena protein tinggi pada ikan membuat rasa kenyang lebih lama.

4. Kentang

Kentang bisa menjadi menu diet secara alami yang bisa kita konsumsi. Selain mudah didapatkan dan merupakan sumber karbohidrat yang baik, kentang juga mudah diolah. Dengan konsumsi kentang kita akan merasa kenyang lebih lama.

5. Kacang-kacangan

Bagian paling sulit dalam proses penurunan berat badan, yaitu menghilangkan kebiasaan untuk ngemil. Tapi jangan khawatir, Anda bisa menjadikan kacang sebagai camilan diet secara alami. Kacang mengandung lemak tidak jenuh yang baik untuk kesehatan, protein, dan serat sehingga kacang sangat cocok menjadi makanan diet secara alami.

6. Apel

Sama halnya dengan kentang, buah apel bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Hal ini berkat kandungan serat di dalam buah apel. Gerakan mengunyah apel juga bisa mengirimkan sinyal ke otak bahwa kita sudah makan cukup banyak. Hal ini tentunya bisa membantu kita untuk tidak mudah merasa lapar.

7. Daging Rendah Lemak

Anda bisa konsumsi dada ayam tanpa kulit atau daging merah tanpa lemak sebagai menu diet secara alami. Makanan ini mengandung zat besi dan tinggi protein. Untuk mengonsumsinya, pastikan juga Anda mengolah kedua jenis makanan ini dengan cara lebih sehat.

Pola Makan untuk Diet

Itu beberapa menu diet secara alami. Agar program penurunan berat badan menjadi lebih optimal,  Anda bisa menerapkan pola makan untuk diet berikut ini:

1. Jangan skip sarapan dan waktu makan,

2. Makan sebelum merasa lapar,

3. Batasi kebiasaan ngemil,

4. Konsumsi makanan tinggi nutrisi,

5. Hindari makanan pedas, asin, berminyak, dan berlemak seperti makanan cepat saji,

6. Kunyah makanan secara perlahan dan pastikan makanan benar-benar halus,

7. Minum banyak air putih.

Itu beberapa menu diet secara alami yang wajib Anda coba di rumah. Meskipun tidak instan dan membutuhkan proses untuk mendapatkan berat badan ideal, konsisten adalah kuncinya. Selain itu, diet secara alami jauh lebih sehat dan tidak menimbulkan efek samping.

Selamat mencoba! 

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles