Olahraga membawa sejumlah manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Kegiatan ini melibatkan pergerakan sebagian atau seluruh anggota tubuh dengan berbagai gerakan tertentu.

Sebagaimana dikemukakan dalam buku “56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan” karya Yusuf CK, olahraga tidak hanya memberikan rasa bugar dan sehat, tetapi juga meningkatkan metabolisme tubuh sehingga nutrisi dapat diserap lebih efisien.

Beragam jenis olahraga dapat dijalani, seperti berjalan kaki, jogging, senam, bersepeda, atau bermain badminton. Tak hanya dibatasi pada pagi hari, beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga yang dilakukan pada malam hari sebelum tidur juga memberikan manfaat positif.

Namun, pertanyaannya adalah, kapan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga malam?

Menurut situs Healthline, tidak ada patokan pasti mengenai waktu olahraga malam yang ideal. Aktivitas ini dapat dilakukan pada rentang waktu sekitar pukul 8-9 malam atau sekitar 1-2 jam sebelum tidur.

Olahraga malam memiliki potensi untuk meningkatkan energi dan memperbaiki kualitas tidur, asalkan dilakukan dengan gerakan yang ringan.

Dalam melakukan olahraga malam, penting untuk memilih gerakan yang tidak terlalu berat agar tidak mengganggu proses tidur. Beberapa pilihan gerakan yang dapat dicoba, sebagaimana disarankan oleh Miftahul Huda dalam bukunya “Pentingnya Olahraga Malam,” antara lain:

1. Sit Up

Olahraga ini mirip dengan push-up dan bertujuan untuk membentuk otot dalam perut. Sit up juga efektif untuk membakar kalori di area perut, membantu merampingkan perut secara optimal.

2. Pull Up

Merupakan olahraga yang fokus pada penguatan tangan dan pembentukan otot lengan atas. Gerakan mengangkat tubuh ini dapat dilakukan berulang-ulang sesuai dengan tingkat kenyamanan dan kemampuan tubuh, dan dipercaya dapat meningkatkan tinggi badan jika dilakukan secara rutin.

3. Plank

Gerakan ini melibatkan otot perut dan lengan, melatih kekuatan keduanya. Untuk hasil maksimal, penting untuk fokus pada pernapasan dan posisi tubuh yang benar. Plank dapat dilakukan dengan panduan sebagai berikut:

·         Atur posisi plank yang bertumpu pada lengan bawah atau tangan.

·         Pastikan tubuh membentuk garis lurus dari kepala hingga tumit, dengan menjaga punggung bawah dan pinggul tidak kendur.

·         Gulung bahu ke bawah dan belakang, sambil mempertahankan fokus pada jari-jari tangan.

·         Pusatkan pernapasan dan pertahankan posisi lurus selama 30 detik hingga satu menit.

Olahraga malam memiliki sejumlah manfaat yang dapat memberikan dampak positif pada kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa manfaat olahraga malam yang dapat dijelaskan dengan penekanan pada teknik SEO:

Artikel terkait:
Cara Olahraga yang Aman untuk Penderita Asam Lambung
Jenis-jenis Olahraga Kardio yang Wajib Diketahui

Manfaat Olahraga Malam

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga malam dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas fisik di malam hari dapat membantu melepaskan ketegangan dan stres yang terakumulasi selama hari, sehingga mempersiapkan tubuh untuk tidur yang lebih nyenyak.

Latihan ringan, seperti yoga atau peregangan, dapat membantu merilekskan otot dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk masuk ke dalam fase tidur yang lebih dalam.

2. Peningkatan Energi

Meskipun olahraga pada malam hari, terutama dengan gerakan yang ringan, dapat membantu meningkatkan energi. Aktivitas fisik merangsang pelepasan endorfin, hormon kebahagiaan, yang dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan dorongan energi positif. Ini dapat menjadi solusi efektif bagi mereka yang merasa lesu atau stres setelah seharian beraktivitas.

3. Manajemen Berat Badan dan Pembakaran Kalori

Olahraga malam dapat membantu dalam manajemen berat badan dan pembakaran kalori. Aktivitas fisik membakar energi, dan melakukan olahraga di malam hari dapat menjadi bagian dari rutinitas harian untuk membantu mengontrol berat badan.

Olahraga yang melibatkan kardio, seperti bersepeda atau berjalan cepat, dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Olahraga pada malam hari dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatan suhu tubuh dan aktivitas metabolisme yang lebih tinggi dapat berlangsung beberapa jam setelah berolahraga, bahkan selama istirahat. Hal ini dapat mendukung penyerapan nutrisi yang lebih baik dan memberikan kontribusi pada kesehatan secara keseluruhan.

5. Pemulihan Setelah Aktivitas Sehari-hari

Bagi mereka yang memiliki jadwal harian yang padat, olahraga malam dapat berperan sebagai cara untuk memulihkan tubuh dari stres dan aktivitas sehari-hari. Melibatkan diri dalam olahraga ringan atau aktivitas pemulihan dapat membantu mengurangi ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan memfasilitasi pemulihan tubuh secara keseluruhan.

6. Mengatur Kadar Gula Darah

Olahraga pada malam hari juga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Aktivitas fisik membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang dapat membantu tubuh menggunakan glukosa dengan lebih efisien. Ini berkontribusi pada manajemen diabetes dan kesehatan metabolik.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Rutin berolahraga pada malam hari juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Aktivitas fisik teratur dapat membantu menjaga tekanan darah, meningkatkan fungsi kardiovaskular, dan mengurangi kadar kolesterol, yang semuanya merupakan faktor-faktor yang berhubungan dengan kesehatan jantung.

8. Mengatasi Insomnia dan Gangguan Tidur

Olahraga malam yang tepat dapat membantu mengatasi masalah insomnia dan gangguan tidur. Meskipun disarankan untuk menghindari olahraga intensif sebelum tidur, latihan ringan dapat meredakan ketegangan dan memberikan efek menenangkan, membantu seseorang untuk lebih mudah tertidur.

Dengan menjelajahi jenis olahraga malam yang tepat, seseorang dapat merasakan manfaat tambahan energi dan tidur yang lebih berkualitas.

Meski tidak ada waktu pasti yang dianggap sebagai waktu ideal, melibatkan olahraga malam dengan gerakan yang tepat dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Tetap konsisten dalam melakukan olahraga dan menyesuaikannya dengan kebutuhan serta kenyamanan pribadi adalah kunci untuk meraih manfaat maksimal.

About the Author

Rizkiawan Candra

Karena nikmat sehat itu sangat penting, maka saya akan berbagi tips kesehatan dengan mencurahkannya berupa tulisan artikel yang diharapkan menjadi manfaat untuk semua.

View All Articles