Diet tidak bisa mengecilkan bagian badan tertentu, seperti mengecilkan perut saja atau mengecilkan lengan saja. Saat melakukan olahraga atau workout tetap melibatkan seluruh tubuh dengan memperhatikan asupan protein yang dibutuhkan. Lantas, bagaimana cara diet perut buncit?

Perut bunci adalah kondisi di mana lemak menumpuk pada perut. Penumpukan lemak ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh karena sering dikaitkan dengan peradangan organ di sekitarnya dan mempersempit pembuluh darah. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa gerakan yang bisa mengecilkan perut buncit.

Gerakan Workout yang Fokus pada Perut Buncit

1. Mountain Climbers

Untuk melakukan gerakan ini, Anda bisa memposisikan tubuh seperti posisi push up. Kemudian, tekuk salah satu lutut ke arah dada, lakukan bergiliran antara sisi lutut satu dengan sisi lutut lainnya. Saat melakukan gerakan tersebut, kencangkan otot perut.

2. Burpees

gerakan_burpees

Cara diet perut buncit ini dilakukan dengan cara berdiri menggunakan kaki yang direntangkan selebar bahu. Turunkan tubuh dengan gerakan membungkuk sementara pinggul ke belakang seperti posisi menungging. Saat posisi hampir jongkong, lompat setinggi-tingginya. Posisi tangan lurus di ke dua sisi tubuh. Setelah melompat, Anda bisa menumpu badan dengan tumit.

3. Turkish Get-up

Pada olahraga mengecilkan perut jenis ini memerlukan alat bernama kettlebell. Anda bisa memposisikan tubuh agar berbaring miring ke arah kiri, kemudian tangan memegang alat. Setelah itu, luruskan tangan kiri membentuk sudut 45 derajat dan angkat tangan kanan ke atas. Ini bisa menjadi cara diet perut bunci.

4. Medicine Ball Burpees

Medicine ball burpees adalah gerakan olahraga untuk mengecilkan perut buncit yang menggunakan alat bantu bola. Gerakan ini bisa dilakukan dengan berdiri menggunakan kaki yang direntangkan selebar bahu, kemudian pegang bola dengan kedua tangan di depan dada. Rentangkan bola ke atas kepala, kemudian banting bola sekuat tenaga ke tanah dengan posisi membungkuk.

5. Side to Side Medicine Ball Slams

Gerakan ini masih membutuhkan bola sebagai alat bantu. Pertama, berdiri dengan kedua kaki yang direntangkan selebar bahu dan pegang bola di depan dada. Kemudian, lemparkan bola dari tangan kiri ke tangan kanan dengan posisi tubuh dan kaki agak memutar ke kanan. Lakukan hal yang sama untuk melempar bola ke sisi tubuh lainnya.

6. Overhead Medicine Ball Slams

Anda bisa melakukan gerakan ini dengan cara merentangkan kaki selebar pinggul. Kemudian, letakkan bola di atas kepala dengan posisi tangan yang lurus. Selanjutnya, bola dibanting ke depan dan ke bawah hingga memantul di tanah. Rentangkan tangan ke depan dan ke tanah saat membanting bola. Kaki dalam posisi menekuk dan sedikit jongkok seperti sedang squat.

7. Sit Up

sit_ups

Sit up adalah cara mengecilkan perut yang sudah dikenal oleh kebanyakan orang. Gerakan ini melibatkan gerakan naik turun menggunakan otot perut. Sehingga, bisa membantu mengencangkan otot-otot perut dan membakar lemak secara efektif.

Itu beberapa gerakan yang bisa membantu mengecilkan otot perut. Selain dengan melakukan olahraga, mengurangi perut buncit bisa dilakukan dengan pola hidup sehat.

Mengurangi Perut Buncit: Dengan Pola Hidup Sehat

Selain olahraga, mengecilkan perut buncit bisa dilakukan dengan perubahan gaya hidup atau penerapan gaya hidup sehat. Agar lebih mudah penerapannya, Anda bisa mengikuti cara mengecilkan perut buncit yang ampuh dengan pola hidup sehat. Berikut cara diet perut bunci:

  • Mengurangi konsumsi makanan berlemak,
  • Mengurangi konsumsi karbohidrat
  • Mengurangi asupan gula,
  • Memperbanyak asupan protein,
  • Konsumsi makanan tinggi serat,
  • Menghindari konsumsi makanan olahan seperti junk food,
  • Konsumsi makanan yang di dalamnya mengandung prebiotik,
  • Tidak konsumsi alkohol, minuman bersoda, berkafein, dan tinggi gula,
  • Konsumsi teh hijau,
  • Tidak merokok,
  • Istirahat yang cukup,
  • Berpuasa,
  • Mengelola stres.

Baca juga:

Jadwal Makan untuk Mencegah Perut Buncit

Cara diet perut buncit yang sudah diulas di atas tidak hanya bermanfaat untuk mengecilkan perut bunci, melainkan juga untuk mencegah terjadinya obesitas sentral (penumpukan lemak di area perut).

Apabila lingkar perut masih belum berkurang saat Anda menerapkan cara di atas, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran yang lebih baik dan terarah.

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles