Home » Artikel Nutriflakes » Asam Lambung Naik, Tekan Titik Refleksi Kaki Ini!

Terdapat beberapa titik refleksi kaki untuk asam lambung yang dapat digunakan bagi penderita asam lambung naik. Adanya titik-titik tersebut digunakan untuk meringankan gejala asam lambung yang sedang terjadi.

Sebenarnya apa itu gagguan asam lambung naik?

Asam lambung naik adalah sebuah gangguan pada organ pencernaan atas, di mana cairan asam dalam lambung naik ke saluran kerongkongan. Hal ini disebabkan karena produksi asam yang berlebih dan katup esofagus tidak dapat bekerja dengan baik.

Akibatnya orang yang mengalami asam lambung naik akan merasakan panas seperti rasa terbakar di area perut hingga ke dada. Bahkan pada beberapa kasus, penderita asam lambung bisa merasakan jalannya cairan asam yang naik ini.

Selain rasa panas, gejala asam lambung lainnya adalah perut mual dan ingin muntah, sering bersendawa karena perut kembung, serta mudah sekali kenyang. Jika kita telah merasakan gejala-gejala tersebut segera lakukan tindakan pertama untuk mengatasi asam lambung.

Namun, bisa juga menekan beberapa titik refleksi pada kaki yang diperuntukkan meringankan gejala asam lambung naik.

Lalu di mana saja titik-titik refleksi yang dimaksud ini?

Baca juga: Titik Refleksi Asam Lambung Yang Harus Anda Ketahui

Titik Refleksi Kaki untuk Asam Lambung

Pijat refleksi merupakan sebuah praktik pengobatan dari negeri bambu (China) yang digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. Praktik ini hanya berfokus pada titik-titik refleksi yang ada pada telapak tangan maupun telapak kaki.

Titik refleksi pada kaki dan tangan ini dipercaya akan terhubung dengan organ-organ tubuh yang berada di dalam. Oleh karena itu, dengan menekan titik-titik refleksi ini diharapkan dapat meringankan gejala penyakit yang sedang terjadi.

Titik refleksi kaki untuk asam lambung sendiri terletak pada bagian bawah tengah bonggol telapak kaki. Pemijatan pada titik tersebut diyakini akan meringankan gejala asam lambung karena titik tersebut terhubung langsung dengan organ lambung.

Pijat refleksi pada titik-titik tertentu ini dapat dilakukan kapan dan di mana saja, atau pada waktu-waktu tertentu ketika asam lambung sedang kambuh. Biasanya asam lambung naik terjadi ketika kita makan tidak teratur atau saat mengonsumsi pantangan asam lambung.

pemijatan_pada_titik_refleksi
Pemijatan pada titik refleksi (sumber: canva)

Akupresur untuk Pemijatan Asam Lambung

Pemijatan untuk meringankan gejala asam lambung juga dapat dilakukan pada titik-titik akupresur. Titik ini sedikit berbeda dengan titik refleksi pada telapak kaki, tetapi memiliki tujuan sama yaitu mengatasi asam lambung naik.

Berikut ini adalah beberapa titik akupresur yang baik untuk meringankan asam lambung:

  • SP 4

Titik SP 4 terletak di lengkungan pinggir pada telapak kaki, sekitar 3 cm di atas tumit. Pemijatan pada titik ini dapat mengurangi gejala asam lambung naik, maag, dan sakit perut. Gunakan dua jari untuk menekan titik ini selama kurang lebih 1 menit.

  • LV 3

Titik LV 3 sendiri dekat dengan titik refleksi asam lambung, di antara ibu jari dan jari kedua. Penekanan pada titik ini dipercaya akan meringankan gejala gangguan pencernaan dan sesak napas yang disebabkan asam lambung naik.

  • P6

Pemijatan pada titik P6 akan merangsang langsung pada saraf yang menghubungkan dengan organ-organ pencernaan. Sehingga bisa untuk mengatasi asam lambung naik. Titik P6 sendiri terletak 6 cm di bawah garis pergelangan tangan.

  • CV 12

CV 12 terletak di antara dada dan pusar, tepat di garis tengah antara kedua bagian tersebut dan di bawa tulang dada. Pemijatan pada titik ini digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan yang sudah berat seperti GERD kronis, maag kronis, dan lain sebagainya.

Melalui penjelasan di atas, meringankan gejala asam lambung bisa dengan menekan beberapa titik refleksi kaki untuk asam lambung. Pemijatan pada titik refleksi adalah salah satu cara menjaga kesehatan lambung yang dapat Anda lakukan.

Anda bisa mendampinginya dengan Nutriflakes. Selain asam lambung yang tertangani, kita juga bisa menjaga kesehatan penecernaan agar tubuh selalu tetap sehat.

Nutriflakes, rahasia badan sehat dan aman.

About the Author

Nutriflakes

Editor

Tim Nutriflakes merupakan sebuah divisi khusus dalam penerbitan konten pada official website nutriflakes.id

View All Articles