Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
 

Apa itu Protein? Rumus Kimia & Ciri-ciri Protein

Protein adalah suatu nutrisi atau zat gizi yang memiliki hubungan erat dengan proses-proses kehidupan. Zat ini juga memiliki rumus kimia protein yang menyusunnya, dan ini tergantung dengan unsur penyusun dari protein itu sendiri. Protein sangat memegang peran penting pada hampir semua proses biologi dalam makhluk hidup, khususnya manusia. Oleh karena itu, fungsi dari protein ini sangat beragam dan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Pemenuhan kebutuhan akan protein pun menjadi sangat penting juga. Jika tidak terpenuhi, tubuh bisa mendapatkan efek yang tidak diinginkan atau menyebabkan beberapa penyakit yang merugikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat protein dalam tubuh:
  • Meningkatkan laju reaksi dalam tubuh dengan selektif dan efektif (katalisis enzim).
  • Transportasi dan penyimpanan zat-zat yang penting ke seluruh tubuh.
  • Koordinasi gerak dan komunikasi antar bagian dalam tubuh.
  • Membangun dan memelihara jaringan manusia.
  • Meningkatkan imun tubuh.
  • Membangkitkan dan menghantarkan impuls saraf.
  • Pengaturan pertumbuhan.
Melihat manfaat di atas, kebutuhan protein sangat penting bagi kita semua.

Rumus Kimia Protein

Dalam proses pencernaan, protein sebenarnya akan dipecah menjadi satuan-satuan dasar kimia. Sama dengan karbohidrat, protein terbentuk secara organic, berasal dari unsur-unsur organik.

Gambaran penyusun protein (sumber: canva)

Unsur penyusun protein sendiri terdiri dari karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), dan nitrogen (N). Jadi hampir mirip dengan unsur penyusun karbohidrat, tetapi dalam protein terdapat senyawa tambahan, yaitu nitrogen. Molekul protein ini juga mengandung fosfor, belerang, dan terdapat beberapa jenis protein lainnya yang mengandung unsur logam seperti besi dan tembaga. Satuan dasar kimia pada molekul protein adalah asam amino. Jadi rumus kimia dari protein adalah kumpulan dari asam amino, yang terdiri dari polipeptida. Namun, memiliki rantai yang cukup jauh dan lebih panjang. Protein sebenarnya mengandung satu polipeptida yang sangat panjang dan akan memiliki banyak macam rantai yang bercabang. Sedangkan polipeptida rantai pendek tidak bisa disebut dengan protein dan hanya disebut dengan polipeptida saja.

Ciri-ciri Molekul Protein

Selain memiliki rumus kimia, protein juga mempunyai ciri-ciri yang mungkin sangat khas, yaitu:
  • Berat dari molekul protein ini sangat besar. Bahkan, beratnya bisa mencapai ribuan hingga jutaan sehingga bisa disebut dengan suatu makromolekul.
  • Pada umumnya, protein terdiri dari 20 macam asam amino. Macam-macam asam amino ini saling berkaitan secara kovalen satu dengan yang lainnya. Variasi yang macam-macam ini pun akan membentuk suatu rantai polipeptida.
  • Terdapat ikatan kimia yang lainnya. Ikatan kimia dengan yang lainnya akan menyebabkan lengkungan pada rantai polipeptida sehingga menjadi struktur tiga dimensi protein. Contohnya ada pada ikatan hidrogen dan ikatan ion.
  • Strukturnya tidak akan stabil terhadap beberapa faktor, seperti pH, radiasi, temperatur, dan pelarut organik.
Artinya, rantai senyawa protein ini tidaklah sederhana. Namun, memiliki rantai yang sangat panjang sehingga hal ini lah yang menjadi ciri khas dari protein.

Tulisan protein (sumber: canva)

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas, rumus kimia dari protein ini ternyata hampir menyamai dengan rumus senyawa karbohidrat. Unsur penyusun dari protein ini terdiri dari karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen. Satuan-satuan dasar dari protein di atas akan terpecah dan didapatkan melalui proses pencernaan dalam organ-organ pencernaan. Protein juga dianggap sebagai senyawa yang bersifat organik. Senyawa protein ini bisa kita dapatkan ketika kita mengonsumsi Nutriflakes karena sereal sehat ini menggunakan susu kambing etawa dan daun kelor. Kedua bahan ini mengandung protein yang sangat tinggi. Oleh karena itu kebutuhan akan protein bisa kita penuhi dengan mengonsumsi Nutriflakes. Sebuah sereal umbi garut yang mempunyai efek terapi untuk mengatasi asam lambung dan menjaga kesehatan tubuh. Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung naik!

Kategori:

Info Protein