Penyakit asam lambung adalah kondisi ketika asam lambung naik sampai kerongkongan dan biasanya menimbulkan sensasi panas di dada. Penyakit ini sering dianggap sama dengan maag, dispepsia, atau indigestion.

organ lambung


Organ Lambung (sumber : canva

Penyakit asam lambung dikenal juga dengan penyakit refluks gastroesofagus atau GERD. Biasanya, penyakit asam lambung ini disertai rasa nyeri yang disebabkan oleh naik asam lambung ke kerongkongan sebab berbagai kondisi. 

Ada banyak kemungkinan penyebabnya, antara lain kerusakan pada mukosa lambung, konsumsi makanan dan minuman yang mengiritasi lambung, infeksi bakteri, stres, dan efek samping obat-obatan.

Penyebab Penyakit Asam Lambung

Gejala penyakit asam lambung biasanya berhubungan dengan asupan makanan dan minuman. 

Makanan tertentu menyebabkan produksi asam lambung berlebih, yang diduga mengiritasi permukaan bagian dalam lambung. Beberapa hal yang berkaitan dengan munculnya gejala asam lambung yaitu:

  1. Makan makanan berlemak, terlalu pedas, dan makanan yang mengandung banyak asam seperti tomat dan jeruk.
  2.  Cara makan terlalu cepat dan banyak.
  3. Sering mengonsumsi minuman beralkohol, kopi atau minuman lain yang mengandung kafein dan bersoda.
  4. Stres dan kecemasan.
  5. Merokok.
  6. Obesitas.
  7. Kehamilan.
  8. Mengonsumsi beberapa jenis obat seperti antibiotik, OAINS, dan lain-lain.

Baca Juga: Atasi Asam Lambung sebelum Naik ke Kerongkongan

Diagnosis Asam Lambung

Dalam memastikan diagnosis penyakit refluks, dokter biasanya melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik. Terutama pemeriksaan perut untuk mengetahui gejala yang telah terjadi. 

Pemeriksaan seperti ultrasonografi perut, endoskopi, breath test (untuk menilai infeksi H. pylori) dan beberapa teknik pemeriksaan lainnya.

Gejala Asam Lambung

Gejala asam lambung tergantung pada organ yang terkena asam lambung. Tidak semua penderita asam lambung akan memiliki gejala yang sama.

Bentuk gejala asam lambung sangat bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Berikut beberapa tanda gejala asam lambung meningkat:

1.  Nyeri, rasa panas atau terbakar dan rasa tidak nyaman pada perut  bagian atas (ulu hati).

2.  Rasa kenyang atau penuh berlebihan setelah makan.

3.  Rasa mudah kenyang saat makan.

4.  Mual atau muntah.

5.  Kembung atau begah.

Selain itu, gejala berikut memerlukan perhatian khusus dan pemeriksaan segera terhadap penyebab refluks asam naik:

1.     Keluhan berulang bagi penderita berusia di atas 55 tahun.

2.     Berat badan menurun tanpa sebab.

3.     Kesulitan menelan.

4.     Muntah berulang.

5.     Disertai anemia defisiensi besi.

6.     Terdapat benjolan pada area perut.

7.     Terjadi muntah darah atau BAB darah.

Pengobatan Asam Lambung

Ada beberapa cara untuk mengobati asam lambung yang bisa dilakukan di rumah. Cara ini sangat sederhana dan dianggap efektif dalam mengobati berbagai gejala yang disebabkan oleh penyakit refluks asam lambung ini.

Pada pengobatan penyakit asam lambung, dokter biasanya menyarankan hal berikut:

1.  Hindari risiko pemicu refluks asam, seperti makanan dan minuman yang menimbulkan gejala dan berhenti merokok.

2.  Ubah pola makan yang sehat dan olahraga teratur.

3.  Memberikan obat-obatan tertentu untuk mengurangi asam lambung naik. Kombinasi pengobatan dan gaya hidup sehat dapat membantu meringankan ketidaknyamanan asam lambung.

Pencegahan Asam Lambung

Penyakit refluks gastroesofagus dapat dicegah dengan menjalankan pola gaya hidup yang sehat. Pola makan yang baik dan benar harus menjadi panduan.

Hal tersebut termasuk makan tepat waktu, makan secukupnya dan memilih jenis makanan alami yang kaya akan serat dan rendah lemak.

Selain itu, menjalankan aktivitas fisik yang baik seperti olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Dapat mengelola stres juga sangat membantu dalam mencegah keluhan penyakit asam lambung.

Mengonsumsi sereal sehat Nutriflakes juga mampu mencegah gangguan pencernaan, khususnya asam lambung. Sebagian besar bahan alami yang digunakan dalam sereal sehat ini memang dikhususkan untuk menangani masalah pencernaan.

Oleh karena itu, awali pola hidup sehat dengan Nutriflakes.

Demikian informasi mengenai gangguan asam lambung yang perlu diketahui agar tidak salah langkah dalam bertindak. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh.

About the Author

Rizkiawan Candra

Highly interested in content writing and passionate in digital contents. Currently learning about Search Engine Optimization.

View All Articles