Diet bisa dilakukan dengan banyak cara, dari diet dengan mengurangi asupan karbohidrat, defisit kalori, hingga diet berdasarkan golongan darah. Lalu, bagaimana makanan untuk golongan darah O saat menjalani diet?

Sebelum mengulas mengenai makanan untuk golongan darah O saat menjalani diet, yuk simak penjelasan mengenai hubungan antara golongan darah O dan diet.

Orang yang memiliki golongan darah O cenderung berkepribadian ekstrovert dan energik. Tapi orang dengan golongan darah O mudah mengalami stres. Kondisi stres ini yang nantinya akan memicu gaya hidup buruk, seperti pola makan buruk, malas olahraga, dan perilaku negatif lainnya yang bisa mengganggu kesehatan.

Selain itu, orang yang bergolongan darah O cenderung suka makan, sehingga mudah menderita obesitas. Tapi di sisi lain, orang bergolongan darah O memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, sehingga lebih cocok konsumsi makanan tinggi protein.

Diet berdasarkan golongan darah tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mengonsumsi makanan yang boleh dikonsumsi dan menghindari makanan yang tidak cocok dengan golongan darah Anda.

Apabila Anda memiliki golongan darah O, berikut  tips dan makanan untuk golongan darah O dalam menjalani diet:

1. Konsumsi Protein Hewani

Orang dengan golongan darah O sebaiknya konsumsi protein hewani yang tinggi. Protein hewani ini bisa berasal dari daging sapi, domba, kambing, hingga rusa.

Selian konsumsi daging merah, orang dengan golongan darah O bisa konsumsi sumber protein yang berasal dari makanan laut. Makanan laut tinggi protein, seperti ikan kembung, salmon, dan sarden. Itu sebabnya protein hewani dikatakan sebagai makanan untuk golongan darah O dalam menjalani diet.

Sementara itu, konsumsi daging babi, ham, bacon, angsa, kaviar, keong, gurita, dan ikan lele adalah pantangan makanan bagi orang bergolongan darah O.

2. Konsumsi Jenis Kacang-kacangan

aneka_kacang_kacangan

Kacang-kacangan memang terkenal sebagai sumber protein nabati dan sumber lemak sehat yang baik untuk tubuh. Orang bergolongan darah O sangat disarankan untuk konsumsi kacang-kacangan, seperti kacang kenari, kacang polong hitam, kacang hazel (hazelnut), dan pinto. Makanan ini akan memberikan banyak manfaat bagi orang bergolongan darah O.

Jenis kacang-kacangan yang harus dihindari oleh orang bergolongan darah O adalah kacang brazil, kacang mete, dan kacang tanah.

3. Konsumsi Jenis Biji-bijian

Makanan untuk golongan darah O dalam menjalani diet, yaitu biji-bijian. Selain konsumsi kacang-kacangan, orang bergolongan darah O bisa konsumsi biji-bijian seperti quinoa, nasi merah, dan nasi putih. Selain itu, bubur kasha yang berasal dari aneka biji-bijian seperti soba dan jawawut.

Orang bergolongan darah O harus meminimalisir konsumsi biji-bijian seperti gandum, jagung, dan berbagai makanan dari olahan tepung.

Baca:

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan, Banyak Orang Tidak Tahu

4. Produk Olahan Susu

Orang yang bergolongan darah O sebaiknya menghindari yoghurt dan susu. Anda bisa menggantinya dengan konsumsi mentega, aneka keju, dan susu kedelai.

5. Sayur-sayuran

Makanan untuk golongan darah O dalam menjalani diet, yaitu sayur-sayuran. Sayuran yang baik dikonsumsi oleh orang bergolongan darah O, yaitu tomat, brokoli, bayam, lobak, labu, dan ubi jalar. Sementara itu, kubis, kembang kol, jamur, terong, dan kentang harus dihindari.

6. Buah-buahan

Buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang bergolongan darah O saat diet adalah plum, jeruk, dan buah tin. Sementara itu, orang yang bergolongan darah O sebaiknya menghindari melon, stroberi, alpukat, dan kelapa.

7. Minyak

sayuran_dan_olive_oil

Untuk memasak, orang bergolongan darah O bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pilihan terbaik. Selain itu, minyak wijen dan canola juga boleh dikonsumsi dengan jumlah terbatas. Sementara itu, minyak yang sebaiknya dihindari adalah minyak jagung.

8. Minuman

Di samping karbohidrat, protein, dan serat, orang yang diet golongan darah O juga harus memperhatikan minuman agar memberikan manfaat untuk tubuh. Orang bergolongan darah O bisa mengonsumsi air jahe, teh hijau, dan gingseng. Sementara itu, minuman yang harus dihindari adalah minuman berkafein dan minuman beralkohol.

9. Rempah-rempah

aneka_rempah

Bagi orang bergolongan darah O, bisa konsumsi kunyit, cabai rawit, garam, dan peterseli. Tapi sebaiknya menghindari konsumsi cuka, pala, dan kayu manis.

Itu beberapa makanan untuk golongan darah O dalam menjalani diet. Dalam menjalani diet berdasarkan golongan darah O, sebaiknya Anda konsumsi makanan yang dianjurkan dan menghindari makanan yang tidak dianjurkan bagi pemilik golongan darah O

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles