Waktu sahur merupakan salah satu saat-saat penting bagi penderita asam lambung setelah waktu berbuka. Oleh karena itu, menu sahur untuk penderita asam lambung harus dipersiapkan dengan matang dan terencana.

Mengapa demikian?

Sebab, makanan-makanan yang kita makan saat sahur akan memberi pengaruh terhadap keadaan lambung selanjutnya. Jika sampai salah mengonsumsi makanan saat sahur ini bisa saja asam lambung atau maag kambuh saat menjalankan puasa.

Sehingga kita tidak bisa mendapatkan manfaat puasa untuk kesehatan tubuh ini dengan optimal. Banyak penderita asam lambung atau maag memang was-was atau khawatir ketika memasuki bulan puasa.

Saat puasa berlangsung kita harus menahan rasa lapar selama kurang lebih 12 sampai 13 jam. Artinya, perut akan dalam keadaan kosong selama berjam-jam. Keadaan perut yang kosong ini pun dapat mendorong asam lambung atau maag untuk kambuh.

Hal tersebut dikarenankan penderita asam lambung dan maag sangat bergantung pada pola makan teratur dan gaya hidup yang sehat. Oleh karena itu, masa-masa sahur dan berbuka menjadi penting bagi mereka jika puasa ingin lancar.


Bentuk salad sayur (sumber: canva)

Pola makan dan menu makan untuk sahur pun harus direncanakan dengan baik agar gangguan pencernaan tidak mengganggu ibadah puasa.

Menu Sahur untuk Penderita Asam Lambung

Terdapat makanan-makanan yang cocok untuk kita jadikan sebagai menu sahur. Harapannya dengan menu-menu ini, gangguan pencernaan seperti asam lambung dan maag tidak akan kambuh.

Berikut ini contoh menu sahur yang direkomendasikan:

  • Salad Sayur dan Buah

Sayur dan buah-buahan merupakan bahan-bahan yang tinggi nutrisi tetapi rendah lemak. Jikalau terdapat kandungan lemak, lemak ini biasanya termasuk dalam lemak yang baik. Sehingga penderita asam lambung aman untuk mengonsumsinya.

Kombinasikan beberapa sayuran atau buah-buahan dengan yogurt greek. Sayuran ini bisa menggunakan wortel, legum, atau brokoli yang aman untuk asam lambung naik. Jika ingin memakai buah sebaiknya hindari jenis buah seperti jeruk, nanas, dan lemon.

  • Beras Merah

Menu sahur untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah nasi merah sebagai sumber karbohidrat kompleks. Beras merah ini sangat rekomendasi karena kaya akan serat dan indeks glikemiknya lebih rendah daripada nasi putih.

makan sahur agar kuat puasa
Nasi merah (sumber: canva)

  • Sup Ayam Jahe

Jenis sup ayam dengan cita rasa jahe ini bisa kita coba untuk makanan sahur. Sebab, ayam bisa menjadi sumber protein yang baik dan adanya jahe ini dapat menghangatkan dan menenangkan perut.

Sebaiknya pilih potongan ayam dari bagian dada karena dada ayam tidak mengandung lemak sehingga aman untuk penderita asam lambung. Artinya, selain rasanya yang enak, sup ayam jahe ini juga sehat dan aman untuk organ lambung

  • Air Putih

Kebutuhan air memang sangat penting dalam menjalankan puasa. Sebab, hampir 80% tubuh kita ini terbentuk dari cairan. Selain itu, tercukupinya air saat sahur akan mencegah orang mengalami dehidrasi ketika menjalani aktivitas saat puasa.

tips minum air putih saat puasa
Minum air putih (sumber: canva)

Nutriflakes sebagai Salah Satu Menu Sahur

Itulah beberapa menu sahur untuk penderita asam lambung yang lezat dan aman untuk kita konsumsi. Menggunakan menu di atas, puasa akan menjadi lancar dan nutrisi harian pun akan terpenuhi.

Selain keempat daftar di atas, kita juga dapat menggunakan Nutriflakes sebagai salah satu menu untuk sahur. Nutriflakes adalah sereal umbi garut yang menyimpan segudang manfaat setiap sajiannya.

Sebab, Nutriflakes menggunakan bahan-bahan alami yang saling melengkapi satu sama lain. Sehingga selain memberikan nutrisi yang lengkap, Nutriflakes juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh saat puasa berjalan.

Oleh karena itu, Nutriflakes sangat rekomendasi untuk menjadi menu sahur, khususnya bagi penderita asam lambung naik (GERD) dan maag. Selain memenuhi kebutuhan gizi, Nutriflakes juga dapat mengatasi asam lambung saat puasa.

Demikian ulasan mengenai menu-menu sahur yang lezat untuk penderita asam lambung dan maag, semoga dapat menginspirasi.

Nutriflakes, nikmatnya puasa tanpa kendala!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles