Agar ibadah puasa lancar seharian, tentunya tubuh memerlukan nutrisi yang cukup. Sehingga, saat sahur dan berbuka sangat disarankan untuk memilih makanan serta minuman yang bisa menunjang energi untuk puasa seharian.

Saat sahur ada beberapa nutrisi dan asupan yang harus dikonsumsi. Itu sebabnya sangat penting untuk menyiapkan makanan sahur yang sehat dan bergizi.

Nutrisi dan Asupan saat Sahur

Berikut kandungan menu sahur yang bisa mencukupi gizi dan tenaga:

1. Cukupi Karbohidrat

Karbohidrat adalah nutrisi yang menjadi sumber tenaga saat puasa. Di siang hari saat beraktivitas, karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh. Karbohidrat menjadi bahan bakar bagi organ-organ di dalam tubuh seperti ginjal, otak, jantung, dan sistem saraf pusat.

Karbohidrat terbagi menjadi dua, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Sementara itu, jenis karbohidrat yang cocok dikonsumsi untuk sahur adalah jenis karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks memiliki manfaat untuk meningkatkan energi dan lebih aman dikonsumsi karena rendah gula.

Menu yang mengandung karbohidrat kompleks adalah kentang, ubi jalar, oat, nasi hitam, dan roti gandum. Jadi, jenis makanan tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menu sahur.

2. Protein itu Penting

Selain karbohidrat, protein juga merupakan asupan penting yang harus dikonsumsi saat sahur. Protein bermanfaat untuk memberikan energi yang dibutuhkan tubuh, terutama saat menjalani kegiatan sehari-hari di bulan puasa. Selain itu, makanan yang mengandung protein tinggi bisa membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga bisa meminimalisir rasa lapar saat puasa.

Manu makanan yang kaya protein adalah tahu, tempe, kacang-kacangan, telur, ikan, dan ayam. Untuk mendapatkan asupan protein saat puasa, jenis makanan tersebut bisa menjadi menu yang tepat.

manu_sahur_gizi_seimbang

3. Vitamin yang Bermanfaat

Makanan yang mengandung banyak vitamin juga perlu dikonsumsi saat sahur. Saat puasa, kita berhenti makan untuk beberapa waktu, sehingga tidak menutup kemungkinan asupan gizi harian sulit terpenuhi. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang mengandung vitamin tinggi bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh saat puasa.

Selain itu, konsumsi menu yang mengandung vitamin bisa membantu melengkapi kebutuhan energi karena vitamin berperan dalam melancarkan proses metabolisme tubuh. Sehingga, kita akan menjadi lebih bertenaga menghadapi hari di saat puasa.

Menu makanan yang mengandung tinggi vitamin adalah sayur wortel, sayur bayam, sayur daun kelor, dan sayur brokoli. Meskipun sahur sering membuat kita merasa malas makan, asupan vitamin sangat penting bagi tubuh.

4. Serat untuk Melancarkan Pencernaan

Konsumsi makanan mengandung serat saat sahur juga menjadi hal yang penting. Selain baik untuk pencernaan, konsumsi makanan berserat juga bisa membuat rasa kenyang lebih lama yang mendukung kita untuk tahan berpuasa seharian. Jadi, jangan tinggalkan serat sebagai asupan nutrisi saat sahur, ya!

5. Jangan Lupa Minum Air Putih

Selain keempat asupan nutrisi di atas, air putih jangan sampai terlupakan. Walaupun terkesan sepele, tapi minum air putih saat sahur tidak boleh dilewatkan.

Minum air putih saat sahur bermanfaat agar tubuh tidak mengalami dehidrasi di siang hari, terutama saat puasa. Selain itu, minum air putih juga akan membantu membersihkan usus agar nutrisi makanan yang dikonsumsi saat sahur bisa diserap secara optimal ke dalam tubuh. Saat sahur, sebaiknya minum air putih minimal sebanyak dua gelas.

Itu beberapa kandungan menu makanan yang harus dikonsumsi saat sahur agar ibadah puasa kita bisa lancar seharian.

Artikel terkait:

Waktu Sahur yang Paling Efektif bagi Penderita Asam Lambung Naik

Nutriflakes, Sereal Sehat Memenuhi Kebutuhan Nutrisi saat Puasa

nutriflakes_sereal_pelengkap_sahur

Nutriflakes adalah sereal sehat yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi saat puasa. Diformulasikan secara khusus dan terbuat dari 100 persen bahan alami, Nutriflakes tinggi nutrisi. Nutrisi Nutriflakes ini berkat kandungan bahan alami Nutriflakes berupa, umbi garut, daun kelor, pysllium husk, dan susu etawa.

1. Umbi Garut

Umbi garut di dalam Nutriflakes merupakan karbohidrat kompleks yang mengandung tinggi serat, sehingga bisa membantu meningkatkan energi saat berpuasa dan membuat rasa kenyang lebih lama.

2. Daun Kelor

Daun kelor di dalam Nutriflakes mengandung antioksidan dan tinggi vitamin. Sehingga, daun kelor bisa membantu melengkapi kebutuhan vitamin harian tubuh saat berpuasa.

3. Psyllium Husk

Pysllium husk di dalam Nutriflakes tinggi kandungan serat. Serat psyllium husk ini juga bisa berperan sebagai prebiotik yang merupakan makanan bagi bakteri baik di dalam pencernaan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan saat berpuasa dan membuat rasa kenyang lebih lama.

4. Susu Etawa

Susu etawa di dalam Nutriflakes adalah sumber protein yang baik bagi tubuh apabila dibandingkan dengan susu sapi. Selain itu, konsumsi protein dari susu etawa tentunya juga bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

Berdasarkan kandungan dan manfaat Nutriflakes, kami merekomendasikan Nutriflakes untuk sahur dan melengkapi nutrisi saat berpuasa.

About the Author

Nutriflakes

Editor

Tim Nutriflakes merupakan sebuah divisi khusus dalam penerbitan konten pada official website nutriflakes.id

View All Articles