Ramadhan 2024 telah tiba, bulan penuh berkah yang dinanti-nanti umat Muslim di seluruh dunia. Di antara ritual puasa dan ibadah, sahur menjadi waktu yang sangat penting untuk mempersiapkan tubuh menjalani puasa seharian penuh.

Salah satu pilihan menu sahur yang populer dan disukai banyak orang adalah menu berkuah. Dengan rasa yang gurih dan kandungan cairan yang tinggi, menu sahur berkuah tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga memberikan energi yang dibutuhkan untuk menjalani puasa dengan lancar.

Dalam artikel ini, akan membahas berbagai pilihan menu sahur berkuah yang dapat disiapkan untuk menyambut bulan puasa Ramadhan 2024.

Menu Sahur Berkuah untuk Puasa Ramadhan 2024

Menu sahur berkuah adalah pilihan makanan yang populer untuk disantap saat sahur selama bulan puasa. Makanan berkuah memiliki kelebihan karena dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan juga membantu menjaga kecukupan cairan tubuh. Beberapa contoh menu sahur berkuah yang dapat disiapkan adalah:

1.       Soto Ayam

Soto ayam merupakan salah satu hidangan berkuah yang sangat populer di Indonesia. Terdiri dari kaldu ayam yang gurih dengan tambahan mie, potongan daging ayam, telur rebus, tauge, dan bumbu rempah-rempah yang khas, soto ayam menjadi pilihan yang tepat untuk sahur.

Rasanya yang lezat dan kandungan protein yang tinggi membuat soto ayam menjadi menu favorit banyak orang.

2.       Bubur Ayam

Bubur ayam adalah hidangan yang cocok untuk disantap saat sahur. Dengan tekstur bubur yang lembut dan kaldu ayam yang kaya rasa, bubur ayam memberikan rasa kenyang yang nyaman dan tahan lama. Dapat disajikan dengan tambahan potongan daging ayam, bawang goreng, dan kecap manis, bubur ayam menjadi pilihan yang praktis dan bergizi untuk memulai hari.

3.       Sayur Lodeh

Sayur lodeh adalah hidangan berkuah yang terbuat dari berbagai macam sayuran yang dimasak dalam santan dan bumbu rempah-rempah. Kacang panjang, labu siam, wortel, dan tempe menjadi beberapa bahan utama dalam sayur lodeh. Rasanya yang gurih dan aroma rempahnya yang harum membuat sayur lodeh menjadi menu sahur yang lezat dan menyehatkan.

4.       Sop Ayam

menu sahur berkuah sop ayam

Sop ayam adalah hidangan berkuah yang cocok untuk disantap saat sahur. Dengan kaldu ayam yang gurih dan tambahan potongan daging ayam, kentang, wortel, dan bawang bombay, sop ayam memberikan rasa kenyang yang nyaman dan nutrisi yang dibutuhkan untuk memulai hari dengan energi.

5.       Lontong Sayur

Lontong sayur adalah hidangan berkuah yang terbuat dari lontong, tahu, tempe, telur rebus, dan tauge yang dimasak dalam kuah santan dan bumbu rempah-rempah. Rasanya yang gurih dan tekstur lontong yang kenyal membuat lontong sayur menjadi pilihan yang cocok untuk disantap saat sahur.

Baca:

Tik! Tok! Bulan Puasa Datang! Apa Saja Manfaat Puasa untuk Kesehatan?

Kunci Sukses Menu Sahur Berkuah untuk Puasa Ramadhan 2024

Terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat sebuah hidangan menu sahur berkuah pada puasa Ramadhan 2024:

·         Persiapan yang Matang: Persiapkan bahan-bahan dan rencanakan menu sahur berkuah dengan matang agar tidak terburu-buru saat waktu sahur tiba.

·         Variasi Menu: Coba variasikan menu sahur berkuah setiap hari untuk menghindari kebosanan dan memberikan nutrisi yang beragam bagi tubuh.

·         Porsi yang Seimbang: Pastikan porsi sahur berkuah Anda seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, dan serat agar memberikan energi yang cukup untuk menjalani puasa.

·         Minum Air yang Cukup: Selain menyantap menu sahur berkuah, pastikan juga untuk minum air yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari.

Menu sahur berkuah merupakan pilihan yang tepat untuk memulai hari dengan energi dan semangat selama bulan puasa Ramadhan 2024. Dengan variasi menu yang lezat dan bergizi, Anda dapat menjalani puasa dengan lancar dan nyaman.

About the Author

Tim Redaksi

Tim Redaksi Nutriflakes terdiri dari tim edukasi riset dan penulisan. Bertujuan untuk edukasi dan wawasan dengan topik khusus kesehatan.

View All Articles