Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan menjaga pola makan. Selain tidak melewatkan sarapan dan konsumsi sayuran, menjaga pola makan juga bisa dilakukan dengan konsumsi buah-buahan yang merupakan sumber mineral, vitamin, serta serat.

Serat di dalam buah bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa mengontrol nafsu makan agar tidak makan berlebihan. Lantas, apa saja buah yang bagus untuk diet?

Buah Tinggi Serat yang Bagus untuk Diet

Untuk menurunkan berat badan, ada beberapa jenis buah yang bagus untuk diet:

apel_buah_untuk_maag

1. Apel

Apel memang dikenal sebagai buah yang bisa dijadikan camilan untuk diet. Selain rendah kalori, apel tinggi serat. Di dalam apel seberat 200 gram, mengandung 100 kalori dan 5 gram serat. Apel kaya vitamin C, sehingga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh agar pembakaran lemak menjadi lebih optimal.

2. Melon

Melon tinggi kandungan air rendah kalori, kaya serat, vitamin C, vitamin A, dan kalium. Serat pada melon bisa membuat rasa kenyang lebih lama, sementara air bisa menghindari tubuh dari dehidrasi saat diet.

3. Pisang

Pisang juga bisa menghambat rasa lapar karena tinggi kandungan serat. Selain itu, buah pisang kaya mineral, vitamin, dan bebas lemak. Karbohidrat di dalam pisang juga merupakan karbohidrat kompleks, sehingga baik untuk pencernaan. Pisang bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan proses pembakaran lemak tubuh.

4. Nanas

Di dalam 165 gram nanas mengandung kalori sebesar 82 kalori. Selain itu, nanas juga kaya vitamin C, serat, dan antioksidan. Berkat kandungannya, nanas menjadi buah yang bagus untuk diet. nanas juga mengandung enzim bromelain yang berperan dalam pembakaran lemak di dalam jaringan tubuh.

5. Beri

Meskipun bisa membangkitkan tenaga, tapi buah beri termasuk rendah kalori. Konsumsi buah beri bisa membuat seseorang makan lebih sedikit. Tidak hanya mengandung rendah kalori, buah beri juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Itu sebabnya buah beri bagus untuk diet.

6. Tomat

Sering menjadi perdebatan, tomat termasuk kedalam kelompok buah yang mengandung kalori sekitar 20 kkal. Sehingga, buat tomat bisa dikonsumsi sebagai buah yang bagus untuk diet. Selain rendah kalori, buah tomat juga tinggi vitamin A, vitamin C, folat, kalium, dan likopen. Tidak hanya bagus untuk diet, tomat juga bisa mendukung kesehatan tubuh lainnya.

7. Lemon

Lemon adalah buah yang bagus untuk diet karena rendah kalori dan gula. Di dalam 100 gram lemon, mengandung kalori sebanyak 34 kalori. Selain itu, lemon juga kaya vitamin C dan serat. Vitamin C di dalam lemon bisa mendukung metabolisme tubuh dalam membakar lemak.

Penting untuk diketahui bagi pejuang diet jumlah kalori yang masuk dari semua asupan tak terkecuali buah sekalipun.

Baca:

Benarkah Jagung Rebus lebih bagus jadi Pengganti Nasi saat Diet?

Kreasi Diet Buah Segar

Mengonsumsi buah-buahan sebagai bagian dari diet sehat adalah langkah yang baik karena mereka kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengonsumsi buah secara efektif dalam rangka mendukung diet:

  • Konsumsi sebagai camilan: Potong buah-buahan seperti apel, pir, atau melon untuk memudahkan konsumsi saat bepergian.
  • Tambahan dalam sarapan: Tambahkan potongan buah pada sereal, yogurt, atau oatmeal Anda untuk memberikan rasa manis alami dan tambahan nutrisi.
  • Smoothie Sehat: Campur buah-buahan dengan yogurt rendah lemak atau susu rendah lemak untuk membuat smoothie sehat dan lezat. Anda juga dapat menambahkan sayuran hijau untuk melengkapi nutrisi.
  • Jus buah segar: Konsumsilah dengan bijak karena jus dapat memiliki kandungan gula tinggi. Lebih baik memilih jus yang diperoleh secara alami dan menghindari penambahan gula tambahan.
  • Sajikan dengan protein: Gabungkan buah dengan sumber protein, seperti almond atau yogurt rendah lemak, untuk membuat camilan yang lebih memuaskan dan memberikan rasa kenyang lebih lama.
  • Hindari gula tambahan: Hindari membeli buah kalengan atau dalam sirup karena mereka sering mengandung tambahan gula. Lebih baik memilih buah segar atau kalengan yang dikemas dalam air atau jus buah alami.

Selalu penting untuk memperhatikan konsumsi buah sebagai bagian dari diet seimbang, dengan memperhatikan kebutuhan kalori dan nutrisi harian Anda.

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles