Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
6 Jenis Buah yang Mengandung Vitamin B, Segar dan Menyehatkan
 
6 Jenis Buah yang Mengandung Vitamin B, Segar dan Menyehatkan

6 Jenis Buah yang Mengandung Vitamin B, Segar dan Menyehatkan

Memenuhi kebutuhan vitamin B tidak hanya melalui berbagai sumber makanan vitamin B. Namun, bisa juga lewat buah-buahan, lalu buah apa yang mengandung vitamin B?

Kegunaan vitamin B untuk kehidupan sehari-hari dan di masa depan sangat lah penting. Sebab, jika kita sampai kekurangan vitamin B, maka bisa mengganggu kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa akibat ketika kekurangan vitamin B:

  • Terkena penyakit beri-beri.
  • Muncul gangguan anemia (kekurangan darah merah).
  • Gangguan kulit, seperti kulit kering, bersisik, ruam-ruam merah, dan lain-lain.
  • Mulut atau bibir menjadi pecah-pecah.
  • Gangguan sistem saraf dan otot.
  • Badan menjadi mudah letih dan lesu.
  • Gangguan penglihatan.
  • Bahkan bisa sampai menimbulkan kecacatan pada janin yang dikandung.

Sebenarnya apa itu vitamin B?

Vitamin B adalah sebuah zat organik yang mudah larut di dalam air dan masuk dalam jenis nutrisi mikro. Hal ini dikarenakan vitamin adalah zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, tetapi dalam jumlah yang kecil.

Walaupun tubuh hanya membutuhkan vitamin dalam jumlah yang kecil, kebutuhan ini harus lah terpenuhi. Akan sangat berbaya ketika kita menyepelekan pemenuhan akan vitamin B ini. Sebab, beberapa gangguan kesehatan di atas bisa sangat fatal jika kita biarkan terus-menerus.


Buah-buah bervitamin (sumber: canva)

Buah Apa Saja sih yang Mengandung Vitamin B?

Dalam memenuhi vitamin B ini hanya dapat lewat beberapa jenis makanan, salah satunya buah-buahan. Sebab, tubuh kita tidak mampu membentuk atau menyintesis nutrisi vitamin ini. berikut ini adalah daftar buah yang memiliki kandungan akan vitamin B:

  • Melon

Selain kaya akan serat, melon juga menjadi sumber vitamin B yang ideal untuk tubuh kita. Dalam satu potong buah melon saja dapat memberikan asupan 0,02 mg vitamin B1, 0,01 mg vitamin B2, 14 mcg vitamin B9, 0,5 mg vitamin B6, dan 0,07 mg vitamin B5

  • Pisang

Buah yang cocok untuk penderita asam lambung ini juga memiliki banyak vitamin B. Dalam 100 gram pisang bisa memberikan 0,4 mg vitamin B6, 0,3 mg vitamin B5, 24 mcg vitamin B9, dan 0,08 vitamin B2.

  • Kurma

Buah yang identik dengan bulan Ramadhan juga menjadi daftar pilihan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B. Setiap 100 gram kurma memiliki beberapa kandungan vitamin B, seperti: 0,8 vitamin B5, 0,2 mg vitamin B6, 0,09 mg vitamin B2, dan 0,07 vitamin B1.


Buah kurma (sumber: canva)

  • Jambu Biji

Buah apa lagi yang mengandung vitamin B? Jambu biji jawabannya. Jambu biji sangat baik untuk memproduksi sel darah merah dan melancarkan peredaran darah karena vitamin B-nya. 100 gram jambu biji memiliki kandungan 0,1 mg vitamin B1, 0,06 mg vitamin B2, 0,7 mg vitamin b5, dan 0,18 mg vitamin B6.

  • Anggur

Selain kaya vitamin A, anggur juga mengandung banyak vitamin B. Dalam 100 gramnya, anggur memiliki 3 mcg vitamin B9, 0,1 mg vitamin B1, 0,07 mg vitamin B5, dan 0,13 mg vitamin B6.

  • Cherry

100 gram buah cherry bisa mengandung vitamin B5 sebanyak 0,2 mg, vitamin B9 sebanyak 6 mcg, vitamin B2 sebanyak 0,04 mg, dan vitamin B1 sebanyak 0,03 mg. Buah ini seringkali hanya dijadikan hiasan, padahal manfaatnya banyak sekali untuk kesehatan.


Buah cherry (sumber: canva)

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Vitamin B Kompleks Secara Singkat

Kesimpulan Buah Mengandung Vitamin B Kompleks

Melalui penjelasan di atas, pertanyaan mengenai buah apa saja yang mengandung vitamin B sudah terjawab. Banyak sekali jenis buah yang dapat kita manfaatkan, seperti: cherry, anggur, melon, pisang, kurma, dan jambu biji.

Sebenarnya masih banyak buah lainnya yang tinggi akan vitamin B. Selain dengan buah, kita dapat mengonsumsi Nutriflakes dalam memenuhi kebutuhan vitamin B. Sebab, salah satu bahan alaminya adalah daun kelor, di mana sayuran ini sangat kaya akan vitamin B.

Nutriflakes, nutrisi terpenuhi kesehatan terjamin!

Kategori:

Info Vitamin