Ketika berada di restoran Jepang, Anda mungkin sering menemukan semangkuk kacang berwarna hijau yang diberi sedikit garam. Kacang ini dikenal sebagai edamame.

Meskipun sering dijadikan camilan, edamame memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang patut diperhatikan. Edamame sebenarnya adalah kacang kedelai yang dipanen saat masih muda dan berwarna hijau, berbeda dengan kacang kedelai biasa.

Edamame sering dijual dalam bentuk utuh dengan polong atau kulitnya, sementara kacang kedelai tidak memiliki polong. Lantas apa itu Edamame?

Apa Itu Edamame?

Edamame adalah kacang kedelai muda yang dipanen sebelum benihnya matang sepenuhnya. Kata “edamame” berasal dari bahasa Jepang, di mana “eda” berarti ranting atau cabang, dan “mame” berarti kacang. Kacang ini biasanya dikonsumsi sebagai makanan ringan atau camilan.

Edamame memiliki ciri khas warna hijau cerah dan rasa manis. Mereka sering dijual dalam polong atau kulitnya, dan konsumennya biasanya mengonsumsi bijinya setelah dipanggang atau direbus dalam air garam.

Edamame menjadi populer di berbagai masakan, terutama di restoran Jepang, di mana sering disajikan sebagai camilan pembuka.

Selain rasa yang lezat, edamame juga dikenal karena kandungan nutrisinya yang kaya. Mereka merupakan sumber protein nabati, serat, vitamin (seperti vitamin A, C, dan K), serta mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium.

Edamame juga mengandung antioksidan, termasuk isoflavon, yang memiliki berbagai manfaat potensial untuk kesehatan, seperti mendukung kesehatan jantung dan melindungi tubuh dari risiko kanker.

Edamame dapat dimasukkan ke dalam berbagai hidangan, seperti salad, sup, atau dimakan langsung sebagai camilan yang sehat.

Fakta Nutrisi Mengenai Edamame

·         Kalori: 121

·         Protein: 11 gram

·         Lemak: 5 gram

·         Karbohidrat: 8 gram

·         Serat: 5 gram

·         Zat Besi: 5 miligram

·         Magnesium: 64 miligram

·         Kalsium: 63 miligram

·         Zinc: 5 miligram

·         Gula: 2 miligram

·         Kalium: 480 miligram

·         Sodium: 6 miligram

·         Edamame juga mengandung vitamin A, C, E, dan K, serta antioksidan seperti isoflavon.

Manfaat Kesehatan Edamame

·         Meningkatkan Kesehatan Jantung

Edamame dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat menghancurkan lemak yang menumpuk, dan penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sekitar 50 gram edamame per hari dapat mengurangi kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

·         Menjaga Sistem Pencernaan

Kandungan serat dan protein tinggi pada edamame berfungsi sebagai prebiotik, mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna.

·         Menjaga Berat Badan

Edamame mengandung serat, protein, dan antioksidan yang membantu menjaga berat badan. Konsumsi makanan berserat, termasuk edamame, dapat membantu menciptakan rasa kenyang yang lebih lama.

·         Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan isoflavon dalam edamame dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat, dan seratnya dapat menurunkan risiko kanker kolorektal.

·         Menjaga Kesehatan Tulang

Edamame mengandung nutrisi penting seperti kalsium, fosfor, dan zat besi yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Isoflavon dalam edamame juga melindungi tubuh dari penyakit seperti osteoporosis.

Efek Samping Edamame

Meskipun memiliki sejumlah manfaat, beberapa orang mungkin mengalami efek samping saat mengonsumsi edamame, seperti perut kembung. Memasak edamame lebih lama dapat membantu menghindari ini.

Ada juga spekulasi bahwa konsumsi edamame dapat meningkatkan risiko kanker payudara karena isoflavon di dalamnya dapat memicu peningkatan hormon estrogen. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk memverifikasi hal ini.

Dalam kesimpulan, edamame adalah sumber nutrisi yang baik dan dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mendukung kesehatan jantung, pencernaan, berat badan, serta melindungi tubuh dari risiko kanker dan menjaga kesehatan tulang.

Meskipun demikian, konsultasi dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan sangat disarankan.

About the Author

Rizkiawan Candra

Karena nikmat sehat itu sangat penting, maka saya akan berbagi tips kesehatan dengan mencurahkannya berupa tulisan artikel yang diharapkan menjadi manfaat untuk semua.

View All Articles