Home » Artikel Nutriflakes » Efek Samping Susu Kambing Etawa Jika Salah Konsumsi

Layaknya semua bahan pangan yang selalu memiliki dua sisi, antara positif dan negatif. Kita juga dapat menjumpai efek samping susu kambing etawa jika salah atau kurang baik dalam mengonsumsinya.

Susu kambing etawa adalah air susu murni yang diperah dari kambing etawa. Sedangkan kambing etawa sendiri adalah kambing yang berasal dari perkawinan silang antara kambing Kacang di Indonesia dengan kambing Jamnapari di India.

Hasil ternak kambing etawa menjadi produk unggulan dari berbagai jenis ternak lainnya di Indonesia.

Susu kambing etawa dapat dijadikan alternatif bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena kandungan nutrisinya yang tinggi.

Namun, sayangnya susu etawa ini masih kalah popularitas dengan susu sapi yang sangat sering kita jumpai. Padahal beberapa nutrisi pada susu kambing etawa dianggap lebih tinggi daripada susu sapi pada umumnya.

Kandungan nutrisi pada susu kambing etawa yang kaya ini membuat minuman ini memberikan manfaat dan kebaikan bagi kesehatan tubuh.

pesan nutriflakes sereal asam lambung
Atasi GERD secara Aman dan Alami dengan Sereal Nutriflakes

Susu Kambing Etawa yang Salah Konsumsi

Namun, seperti dua sisi mata pisau, selain memberikan manfaat, efek samping mengonsumsi susu kambing etawa juga dapat ditemukan. Biasanya efek ini dirasakan seseorang karena salah mengonsumsinya atau memang alergi dengan susu kambing.

Berikut ini adalah beberapa efek samping mengonsumsi susu kambing etawa:

  • Perasaan Mual

Perut akan merasakan mual jika kita mengonsumsi susu kambing dengan keadaan perut masih kosong. Oleh karena itu, jangan sampai mengonsumsi susu etawa ketika kita belum makan sama sekali.

orang merasa mual
Orang yang merasa mual (sumber: canva)

Hal ini disarankan khususnya bagi yang belum pernah mengonsumsi susu etawa atau masih bersifat coba-coba. Namun, orang yang sudah terbiasa tetap disarankan meminum susu ini setelah makan.

  • Muntah

Muntah adalah respon tubuh ketika perut mengalami perasaan mual. Hal ini akan terjadi jika kita terus memaksakan untuk meminum susu kambing etawa walaupun perut sudah menolak.

Keadaan ini biasanya dikarenakan kita tidak terbiasa dengan rasa dan bau yang khas dari kambing. Sehingga otak kita sudah melakukan tindakan penolakan susu kambing etawa, yang lalu diikuti oleh tubuh.

  • Alergi yang Kambuh

Bintik-bintik merah pada tubuh akan muncul jika meminum susu kambing etawa tetapi ternyata kita sendiri memiliki alergi terhadap susu ini. Dampak dari alergi ini pun beragam, mulai dari bintik-bintik merah hingga sesak napas.

Dalam hal ini, susu kambing etawa menjadi sebuah pemicu sehingga alergi kambuh.

  • Menambah Berat Badan

Efek samping dari terlalu banyak meminum susu kambing etawa adalah meningkatnya berat badan. Mengonsumsi susu etawa yang berlebihan bukan menambah manfaat tetapi justru meningkatkan berat badan.

Oleh karena itu, kita harus menemukan takaran dan frekuensi dalam meminum susu kambing etawa.

  • Sakit Kepala

Sakit kepala setelah meminum susu kambing etawa ini akan dirasakan bagi orang-orang yang memiliki tekanan darah rendah. Atau bisa juga pada orang yang tengah menjalani program diet rendah lemak.

Sebenarnya sakit kepala ini bukanlah masalah seirus karena dapat diatasi dengan cara lain. Salah satunya dengan meminum jus buah yang segar.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, efek samping yang hasilkan dari meminum susu kambing etawa ini karena beberapa keadaan tertentu. Misalnya, kita yang memiliki alergi atau memang belum terbiasa dengan mengonsumsi susu etawa.

manfaat_minum_susu_kambing_etawa_sebelum_tidur
Segelas susu kambing etawa (sumber: canva)

Oleh karena itu, dalam meminum susu etawa ini pastinya memerlukan cara yang baik dengan takaran serta frekuensi yang tepat.

Kita dapat meminum susu etawa tanpa efek samping lewat minuman bubuk Nutriflakes. Produk sehat ini menggunakan susu etawa sebagai salah satu bahan utamanya.

Sereal Asam Lambung Nutriflakes
Sereal Nutriflakes dengan kandungan SUSU Etawa Redakan Asam Lambung

Yang manfaatnya semakin melimpah karena diformulasaikan dengan bahan sehat lain seperti daun kelor, psyllium husk, gula aren yang baik untuk pencernaan.

Sehingga bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat susu kambing etawa tapi takut akan efek sampingnya, maka Anda bisa mengonsumsi Nutriflakes.

Nutriflakes, tips ampuh cara jaga kesehatan lambung yang alami!

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles