Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
 

Daun Kelor Untuk Asam Lambung: Cara Konsumsi dan Pencegahan Efek Samping

Daun kelor merupakan salah satu dari sekian daun yang bermanfaat dalam dunia kesehatan. Dikenal memiliki khasiat dalam mengatasi gangguan pencernaan, salah satunya masalah asam lambung.

Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas daun kelor dalam mengatasi asam lambung beserta cara pencegahan efek samping saat mengonsumsinya.

Manfaat Daun Kelor untuk Penderita Asam Lambung Serta Kesehatan Pencernaan

Penyakit asam lambung atau GERD adalah kondisi di mana naiknya asam lambung ke kerongkongan. Naiknya asam lambung ke kerongkongan ini bisa disebabkan karena mengonsumsi makan makanan pedas dan asam. Selain itu, kebiasaan tertentu seperti merokok dan minum minuman soda serta beralkohol juga bisa memicu penyakit asam lambung kambuh.

Saat penyakit asam lambung kambuh, biasanya ditandai dengan dada yang seperti terbakar (heartburn), rasa pahit pada mulut, kembung, batuk kronis, mual, hingga muntah. Apabila dibiarkan, sewaktu-waktu gejala ini bisa makin parah dan mengganggu aktivitas Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi penderita asam lambung untuk segera melakukan pengobatan.

Dalam upaya mengobati asam lambung bisa secara tradisional dengan pengobatan alami. Kali ini akan dibahas pengobatan asam lambung secara alami dengan daun kelor.

Benarkah Daun Kelor Efektif Mengatasi Asam Lambung?

Daun kelor dikenal dengan manfaatnya dalam dunia kesehatan, terutama untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan pencernaan, tidak terkecuali masalah asam lambung. Daun kelor kaya akan vitamin dan mineral. Dalam daun kelor mengandung antioksidan, vitamin, dan asam amino esensial. Selain memiliki sifat anti-inflamasi, daun kelor juga tinggi serat.

Selain itu, daun kelor mengandung vitamin C yang setara dengan 7 kali vitamin C pada jeruk. Vitamin A pada daun kelor, setara dengan 4 kali vitamin A pada wortel. Kalsium pada daun kelor, setara dengan 4 kali kalsium pada susu. Potasium pada daun kelor, setara dengan 3 kali potasium pada pisang. Protein pada daun kelor, setara dengan 2 kali protein pada susu.

Berdasarkan kandungan dan khasiat daun kelor tersebut, daun kelor juga sering disebut sebagai tumbuhan ajaib.

Bagaimana Daun Kelor Bekerja untuk Mengatasi Asam Lambung?

Dikutip dari Halodoc daun kelor akan membantu organ pencernaan dalam beberapa hal seperti:

1. Melawan Bakteri Helicobacter Pylori

Cara kerja daun kelor untuk asam lambung, yaitu dengan melawan bakteri Helicobacter Pylori yang bisa memperburuk masalah asam lambung. Daun kelor memiliki sifat anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh daun kelor ini bisa membantu mengurangi peradangan, termasuk peradangan yang timbul karena bakteri Helicobacter Pylori. Selain itu, daun kelor juga mengandung antioksidan yang bisa membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Mengurangi Refluks Asam Lambung

Cara kerja daun kelor untuk asam lambung, yaitu bisa membantu mengurangi refluks asam lambung. Hal ini karena di dalam daun kelor mengandung beberapa zat antioksidan yang berasal dari flavonoid, polifenol, dan asam askorbat. Zat antioksidan yang terdapat di dalam daun kelor ini bisa membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas penyebab asam lambung. Selain itu, daun kelor bisa membantu menekan enzim inflamasi yang akan mengurangi risiko refluks asam lambung.

3. Membunuh Cacing Usus

Cara kerja daun kelor untuk asam lambung, yaitu bisa membunuh cacing usus yang merugikan. Oleh karena itu, risiko gangguan pencernaan seperti asam lambung juga bisa teratasi.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun kelor mengandung serat larut air. Serat larut air ini apabila berinteraksi dengan air akan membentuk gel. Gel ini nantinya akan menghambat rasa lapar sehingga tidak makan berlebihan dan nafsu makan Anda menjadi lebih terkontrol.

Nafsu makan yang terkontrol membantu menghindari Anda dari obesitas yang bisa meningkatkan risiko penyakit asam lambung. Oleh karena itu, manfaat daun kelor untuk asam lambung yaitu membantu menurunkan berat badan.

Apabila sudah mengetahui manfaat dan cara kerja daun kelor untuk asam lambung, tentu akan timbul pertanyaan bagaimana cara dan aturan konsumsinya?

Cara dan Aturan Mengonsumsi Daun Kelor

Daun kelor bisa dikonsumsi dengan beberapa cara:

  • Mengunyah daun kelor secara langsung
  • Menghancurkan daun kelor menjadi bubuk dan dicampurkan dengan segelas air hangat
  • Menaburkan daun kelor ke salad, telur, sayuran yang dibakar, atau pasta
  • Memanggang daun kelor bersamaan dengan roti, kue brownis, kue mangkok, dan biskuit
  • Dicampur/ diaduk dengan sup, makanan rebusan, hingga saus
  • Dijadikan topping untuk jus, air kelapa, dan salad
  • Dicampurkan dengan smoothies dan es krim
  • Meminum suplemen yang mengandung daun kelor
sup_duan_kelor
sup daun kelor (sumber: canva)

Tidak hanya memberi banyak manfaat untuk kesehatan, tak jarang bagi beberapa individu tertentu akan mengalami reaksi berbeda setelah mengonsumsi daun kelor. Oleh karena itu, Anda juga harus memperhatikan respon tubuh setelah mengonsumsi daun kelor.

Beberapa risiko yang mungkin akan dialami beberapa individu setelah mengonsumsi daun kelor, seperti:

  • Mual
  • Muntah
  • Gangguan pencernaan
  • Kadar gula darah terlalu rendah
  • Tekanan darah terlalu rendah

Cara Menghindari Efek Samping Daun Kelor

Untuk menghindari efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi daun kelor, disarankan bagi Anda mengonsumsi daun kelor dengan bijak, yaitu tidak lebih dari 50 - 70 gram per hari, atau setara dengan 10 - 15 sendok teh bubuk daun kelor. Selain itu, juga tidak dianjurkan mengonsumsi daun kelor lebih dari 6 bulan.

Selalu pantau respon tubuh setelah mengonsumsi daun kelor, segera hentikan apabila merasa kurang cocok untuk tubuh Anda

Nutriflakes Mengandung Kebaikan Daun Kelor

Bagi penderita asam lambung yang sering kambuh sereal sehat Nutriflakes bisa menjadi solusinya. Tidak hanya mengandung kabaikan daun kelor, Nutriflakes kaya akan serat dari psyllium husk dan karbohidrat yang baik dari umbi garut.

nutriflakes untuk asam lambung
nutriflakes sereal (sumber: media nutriflakes)

Tanpa perlu khawatir Nutriflakes aman dikonsumsi setiap hari untuk menemani Anda dalam menjalankan hidup sehat dan yang pasti tanpa efek samping. Untuk pemesanan dan konsultasi bisa klik link berikut ini.

Segera atasi segala keluhan asam lambung Anda dengan Nutriflakes. Masih ragu? Silahkan kunjungi official marketplace Nutriflakes di Shoppe, Tokopedia dan Lazada untuk review yang lengkap dari para customer.