Buah bit atau yang dikenal dengan nama bit merah kaya manfaat. Walaupun dijuluki “buah bit”, ternyata bit bukan buah, lho. Buah bit adalah tanaman yang termasuk umbi-umbian dan tumbuh di dalam tanah, mirip seperti singkong. Selain itu, manfaat buah bit ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu.

Buah bit memiliki rasa yang khas dan manis sehingga cocok dijadikan minuman berkhasiat. Manfaat buah bit berasal dari kandungan nutrisinya yang tinggi. Itu sebabnya buah bit sejak lama digunakan untuk pengobatan. Selain tinggi nutrisi, buah bit juga terkenal rendah kalori dan lemak.

Kandungan dan Nutrisi Buah Bit

Menurut healthline, buat bit sebagian besar terdiri dari 87% air, 8% karbohidrat, dan 2% – 3% serat.

Selain itu, satu cangkir bit rebus yang setara dengan 136 gram mengandung kurang dari 60 kalori.

Sementara itu, 100 gram buah bit mentah mengandung nutrisi sebagai berikut:

– Kalori: 43 kkal
– Air: 88%
– Protein: 1.6 gram
– Karbohidrat: 9.6 gram
– Gula: 6.8 gram
– Serat: 2.8 gram
– Lemak: 0.2 gram

Buah bit juga merupakan sumber folat, zat besi, nitrat, magnesium, vitamin C, vitamin A, potasium, dan sumber serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah bit mengandung senyawa antioksidan betasianin. Senyawa betasianin ini yang memberi warna merah pada daging buah bit.

Berdasarkan kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah bit, buah bit memiliki beragam manfaat. Berikut manfaat buah bit:

Berbagai Manfaat Buah Bit untuk Tubuh

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat buah bit untuk kesehatan jantung, yaitu karena buah bit mengandung nitrat. Di dalam tubuh, kandungan nitrat ini akan berubah menjadi nitrit oksida. Nitrat ini bisa membantu melebarkan pembuluh darah sehingga mengurangi atau menurunkan tekanan darah yang berdampak pada kesehatan jantung.

Selain itu, buat bit juga mengandung antioksidan tinggi yang berasal dari zat betasianin. Kandungan antioksidan ini akan membantu mengurangi peradangan, termasuk peradangan yang berhubungan dengan penyakit jantung. Itu sebabnya manfaat buah bit juga sering kali dikaitkan dengan penyakit jantung.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah bit tinggi kandungan antioksidan yang berasal dari kandungan betasianin, pemberi pigmen warna merah pada buah bit. Selain itu, buah bit juga mengandung vitamin A dan vitamin  C. Kandungan antioksidan dan vitamin yang terdapat di dalam buah bit bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga, bisa dikatakan bahwa manfaat buah bit adalah membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat buah bit yang lain adalah menjaga kadar gula darah. Hal ini karena buah bit mengandung antioksidan. Antioksidan ini berperan penting dalam mencegah kerusakan sel dan menyembuhkan kerusakan saraf pada penderita diabetes.

memeriksa_gula_darah

Selain itu, mengonsumsi buah bit yang kaya antioksidan bisa membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

4. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat buah bit untuk pencernaan karena buah bit mengandung serat yang tinggi, baik serat larut, maupun serat tidak larut. Serat larut air yang terkandung di dalam buah bit akan membentuk gel apabila tercampur dengan air. Gel ini akan menimbulkan rasa kenyang sehingga membuat Anda tidak makan berlebihan. Selain itu, gel ini bisa menghambat penyerapan glukosa ke dalam darah sehingga tidak terjadinya lonjakan gula darah.

Sementara itu, kandungan serat tidak larut air yang terdapat di dalam buah bit bisa membantu feses untuk menyerap air sehingga feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan dari dalam tubuh. Feses yang lunak akan menghindari seseorang dari masalah pencernaan seperti sembelit atau konstipasi.

5. Mendukung Fungsi Otot dan Saraf

Manfaat buah bit lainnya yang bisa dirasakan, yaitu dalam mendukung fungsi otot dan saraf. Buah bit merupakan sumber potasium atau kalium yang baik. Manfaat potasium untuk otot, yaitu bisa menyampaikan sinyal dari otak yang merangsang kontraksi otot, sehingga mengakhiri kontraksi tersebut. Apabila kadar kalium di dalam tubuh sangat rendah, otak tidak bisa menyampaikan sinyal secara efektif dan berdampak pada otot yang menjadi kram.

6. Membantu Cegah Anemia

Anemia terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah (hemoglobin). Seseorang yang mengalami anemia akan cenderung merasakan lelah berlebihan, sesak napas, pusing, hingga peningkatan detak jantung. Oleh karena itu, penderita anemia bisa mengonsumsi buah bit untuk membantu mencegah anemia karena buah bit mengandung zat besi. Zat besi yang terkandung di dalam buah bit ini akan membantu pembentukan hemoglobin di dalam sel darah merah.

7. Mengontrol Berat Badan

Manfaat lain buah bit yang bisa Anda rasakan, yaitu dalam pengaturan berat badan. Selain rendah kalori, buah bit juga rendah lemak, tapi tinggi serat, termasuk serat larut air. Serat larut air ini di dalam pencernaan apabila berinteraksi dengan air akan membentuk gel kental yang bisa membuat rasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan akan lebih terkontrol. Nafsu makan yang terkontrol membantu seseorang terhindar dari makan berlebihan yang bisa menaikkan berat badan.

Itu beberapa manfaat buah bit yang bernutrisi tinggi. Setelah mengetahui manfaat buah bit, selanjutnya Anda perlu mengetahui tips mengonsumsi buah bit.

Tips Mengonsumsi Buah Bit

Mengonsumsi buah bit bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti:

1. Dikonsumsi dalam Keadaan Mentah

Pernahkah Anda mendengar bahwa sayuran mentah memiliki khasiat yang lebih baik dibandingkan sayuran matang? Oleh karena itu, konsumsi buah bit dalam keadaan mentah juga bisa dijadikan pilihan.

Untuk mengonsumsi buah bit dalam keadaan mentah, bisa dengan cara memotong buah bit menjadi potongan kecil untuk dijadikan camilan sehat di rumah.

2. Dijadikan Jus

Sayur mentah memang berkhasiat, tapi tidak semua orang menyukainya. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena selain dikonsumsi dalam keadaan mentah, buah bit juga bisa dijadikan jus dan dicampur dengan buah lainnya, lho.

jus_buah_bit

Anda bisa membuat jus buah bit segar, atau jus buah bit dicampur dengan jenis buah lainnya untuk meningkatkan nutrisi dan cita rasa.

3. Dijadikan Salad

Anda menyukai salad sayuran? Untuk memberikan rasa manis yang segar dan warna lebih menarik, buah bit bisa menjadi salah satu kondimennya.

Anda bisa memotong buah bit tipis-tipis dan memanjang, kemudian campurkan buah bit ke dalam salad sayuran. Menarik, bukan?

4. Dijadikan Campuran Sup

Apabila Anda menyukai sayuran yang matang (dipanaskan dengan api), Anda bisa mengolah buah bit menjadi sup.

Sup buah bit ini bisa dicampur dengan sayuran lain. Selain segar, sup buah bit ini sangat nikmat apabila dikonsumsi dalam keadaan hangat. Apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan.

5. Dipanggang atau Direbus

Selain dijadikan sup, Anda juga bisa merebus atau memanggang buah bit untuk mengubah teksturnya menjadi lebih lunak.

Apabila dipanggang atau direbus, cita rasa buah bit juga akan berbeda tanpa mengurangi rasa nikmatnya.

Buah bit adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba berbagai macam olahan buah bit di rumah, ya.

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles