Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
Pengalaman Gerd Sembuh dengan Ramuan Kunyit dan Tips Mengonsumsinya
 
Pengalaman Gerd Sembuh dengan Ramuan Kunyit dan Tips Mengonsumsinya

Pengalaman Gerd Sembuh dengan Ramuan Kunyit dan Tips Mengonsumsinya

Kunyit dikenal sebagai rempah-rempah yang memiliki sifat anti-inflamasi dan bisa membantu meredakan berbagai macam masalah pencernaan. Sebagian orang juga beranggapan bahwa kunyit bisa membantu mengurangi gejala asam lambung. Lantas, bagaimana pengalaman sembuh dari GERD dengan kunyit?

Sebelum membahas tentang manfaat kunyit, kita bahas tentang apa itu asam lambung.

Nutriflakes--Banner-PRJ-2024

Apa itu penyakit asam lambung?

Penyakit asam lambung atau yang sering disebut GERD adalah kondisi di mana naiknya asam lambung ke kerongkongan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti makanan, minuman, dan pola hidup yang tidak sehat.

Rasa yang ditimbulkan saat penyakit asam lambung kambuh, yaitu sensasi terbakar pada dada (heartburn), nyeri ulu hati, mual, hingga muntah. Selain menimbulkan gejala yang tidak nyaman, juga akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penyakit asam lambung bisa diredakan dengan cara menghindari faktor pemicunya, menerapkan pola hidup sehat, atau konsumsi obat-obatan tertentu. Tapi benarkah konsumsi kunyit bisa menyembuhkan asam lambung?

Pengalaman Asam Lambung Sembuh dengan Kunyit

Manfaat kunyit untuk asam lambung sudah dikenal sejak dulu. Selain digunakan sebagai penambah nikmat dalam masakan, kunyit juga mengandung antiradang dan antioksidan yang bisa membantu meredakan berbagai macam gejala asam lambung.

Selain itu, kunyit mengandung kurkumin, yaitu senyawa yang memberi warna kuning pada kunyit. Senyawa pemberi warna kuning ini yang berperan sebagai antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Senyawa-senyawa ini bisa membantu meredakan gejala penyakit asam lambung dengan cara mengurangi keasaman cairan asam lambung yang ada di lambung.

pesan nutriflakes sereal asam lambung
Jaga Lambung saat Jalani Ibadah Puasa

Penyakit asam lambung juga bisa disebabkan karena lambung memproduksi banyak cairan asam lambung. Kondisi asam ini bisa dinetralkan dengan cara mengonsumsi kunyit yang bersifat basa.

Kandungan antioksidan polifenol di dalam kunyit juga bisa membantu mencegah terjadinya peradangan pada kerongkongan akibat asam lambung. Manfaat kunyit untuk lambung juga bisa membantu menyembuhkan tukak lambung, mencegah risiko kanker, dan menyeimbangkan bakteri yang ada di lambung.

Cara Memanfaatkan Kunyit untuk Penyakit Asam Lambung

Anda bisa memanfaatkan kunyit untuk meredakan penyakit asam lambung, yaitu dengan:

1. Mengambil Sari Kunyit

Mengambil sari kunyit bisa Anda lakukan dengan cara:

  • memarut kunyit yang sudah dibersihkan
  • tembahkan sedikit air matang sambil peras kunyit
  • perasan air kunyit bisa ditambahkan sedikit madu
  • air kunyit bisa dikonsumsi

Anda bisa minum sari kunyit setelah bangun tidur di pagi hari atau sebelum tidur di malam hari, dalam keadaan perut kosong. Hal ini dilakukan agar khasiat sari kunyit bisa segera dirasakan, Anda bisaminum sari kunyit setidaknya selama seminggu atau hingga gejala asam lambung berkurang.

2. Membuat Teh Kunyit

Tidak hanya diambil sarinya dengan cara diparut dan diperas, saat ini kunyit sudah banyak diolah menjadi teh yang mudah ditemukan di pasaran. Meskipun kunyit sudah diolah, teh kunyit tetap mengandung antioksidan dan antiradang yang sangat baik untuk membantu mengatasi masalah asam lambung. Selain membeli teh kunyit di pasaran, Anda juga bisa lho mengolah teh kunyit sendiri di rumah.

3. Mengonsumsi Suplemen Kunyit

suplemen_kunyit
suplemen kunyit (sumber: canva)

Selain minuman kunyit, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kunyit yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Selain itu, suplemen kunyit biasanya sudah dilengkapi dengan kandungan piperine, yaitu senyawa yang bisa membantu menyerap kurkumin pada kunyit ke dalam tubuh. Sebelum Anda mengonsumsi suplemen kunyit, sebaiknya Anda konsultasi ke dokter terlebih dahulu, ya.

Namun, meskipun kunyit memiliki segudang manfaat, konsumsi kunyit juga bisa menimbulkan risiko tertentu apabila dikonsumsi dengan dosis yang tidak sesuai.

Beberapa kondisi tertentu harus menjadi perhatian risiko mengonsumsi kunyit:

  1. adanya interaksi antar obat
  2. mengalami alergi
  3. gangguan pencernaan
  4. kenaikan berat badan

Oleh karena itu, beragam olahan kunyit sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan untuk meminimalisir efek samping atau alergi yang bisa memperparah kondisi penyakit asam lambung Anda.

Konsultasikan ke dokter mengenai keamanan, efektivitas, dan dosis kunyit yang bisa dikonsumsi. Demikian ulasan pengalaman sembuh dari gerd dengan kunyit semoga menjadi manfaat.

Sereal Asam Lambung Nutriflakes
Sereal Asam Lambung Nutriflakes

Artikel terkait:

Banyak Orang Tak Tahu Aturan Minum Kunyit Untuk Asam Lambung