BPOM adalah sebuah badan pemerintahan nonkementerian yang mengawasi peredaran makanan dan obat di Indonesia. Badan ini dianggap memiliki jaringan secara nasional maupun internasional dan kewenangan dalam menegakkan hukum.

Kemajuan teknologi yang pesat mau tidak mau akan berpengaruh juga pada perkembangan berbagai industri. Salah satunya adalah industri pada bidang makanan, obat, kosmetik, dan alat-alat kesehatan.

Hal ini dikarenakan makanan, obat, kosmetik, dan alat kesehatan merupakan bidang-bidang yang selalu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Munculnya perindustrian yang pesat menjadikan perederan produk-produk tersebut semakin luas dan besar.

Maraknya jasa kirim dan kemudahan dalam bertransaksi melepas batas-batas yang ada. Sehingga, dewasa ini jarak yang jauh bukan menjadi masalah terhadap distribusi produk lagi.

Konsumsi masyarakat terhadap produk-produk makanan, obat, kosmetik, dan alat kesahatan juga cenderung meningkat. Hal ini juga didorong oleh gaya hidup masyarakat yang terus berubah dan beragam.

Namun, yang sangat disayangkan adalah kemajuan produk dan teknologi ini tidak dibarengi dengan pengetahuan masyarakat mengenai pemilihan barang aman.

Tindakan rasional masyarakat dalam konsumsi barang juga dilatarbelakangi dengan iklan yang semakin gencar. Hal ini dapat memunculkan atau meningkatkan risiko pada keselamatan dan kesehatan masyarakat jika mengonsumsi produk yang salah.

logo bpom
Logo BPOM

Apa itu BPOM?

Kondisi atau permasalahan di atas lah yang mendorong BPOM (Badan Pengawas Makanan dan Obat) untuk hadir di tengah masyarakat Indonesia. BPOM adalah suatu badan yang mengawasi peredaran produk-produk makanan, obat, kosmetik, dan alat-alat kesehatan di Indonesia.

Hal ini bertujuan untuk melindungi keamanan, keselamatan, dan kesehatan para konsumen di Indonesia maupun luar negeri. Adanya BPOM ini menjadikan Indonesia memiliki Sistem Pengawasan Obat dan Makanan yang efektif.

Secara umum, BPOM memiliki visi untuk menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat. Visi ini berisikan “Obat dan Makanan aman, bermutu, dan berdaya saing untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.”

Menurut Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017, BPOM memiliki dua tugas utama, yaitu:

  1. BPOM menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan Obat dan Makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  2. Obat dan Makanan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas obat, bahan obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan.

Selain itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan ini juga memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  1. Pelaksanaan pemeriksaan fasilitas produksi Obat dan Makanan.
  2. Badan pelaksanaan pemeriksaan fasilitas distribusi Obat dan Makanan dan fasilitas pelayanan kefarmasian.
  3. Pelaksanaan sertifikasi produk dan fasilitas produksi dan distribusi Obat dan Makanan.

Sebenarnya masih banyak fungsi dari BPOM ini, tetapi ketiga fungsi di atas adalah fungsi utama dari badan pengawas ini.


Salah satu bentuk kewenangan BPOM (sumber: canva)

Kewenangan BPOM

Sebagai badan pengawas di Indonesia, BPOM tentu memiliki beberapa kewenangan dalam menjalankan tugasnya. Beberapa kewenangan ini adalah sebagai berikut:

  1. Menerbitkan izin edar produk dan sertifikat sesuai dengan standar dan persyaratan keamanan, khasiat/manfaat dan mutu, serta pengujian obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  2. Melakukan intelijen dan penyidikan di bidang pengawasan Obat dan Makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  3. Pemberian sanksi administratif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Salah satu produk yang telah mendapat sertifikat dari BPOM ini adalah Nutriflakes, sereal sehat dengan umbi garut sebagai bahan utamanya.

Artinya, Nutriflakes merupakan produk yang aman untuk dikonsumsi dan beredar di kalangan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu ragu lagi dengan sereal sehat Nutriflakes ini.

Baca Juga: Sudah Kantongi Sertifikat BPOM, Konsumen Nutriflakes Tak Perlu Khawatir Lagi

Demikian pembahasan mengenai Badan Pengawas Obat dan Makanan di Indonesia, semoga bermanfaat!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles