Pentingnya karbohidrat bagi tubuh membuat kita harus memenuhi kebutuhan tersebut, agar aktivitas tidak mudah terganggu. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan ini adalah dengan mengonsumsi makanan sumber karbohidrat.

Karbohidrat adalah zat atau nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

Manusia tidak akan bisa menjalani aktivitas dengan lancar tanpa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Sebagai zat gizi, karbohidrat merupakan kelompok-kelompok zat organik yang memiliki struktur molekul berbeda.

Senyawa karbohidrat merupakan senyawa yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Kurang lebih 80% kalori yang kita butuhkan dan dapatkan berasal dari senyawa karbohidrat ini.

Makanan Sumber Karbohidrat

Bahan pangan yang mengandung karbohidrat tinggi ini beragam jenisnya. Mulai dari umbi-umbian, biji-bijian, hingga kacang-kacangan. Berikut ini adalah beberapa makanan yang menjadi sumber karbohidrat dan tetap menyehatkan:

1. Jagung


Semangkok jagung (sumber: canva)

Karbohidrat yang tidak diolah lebih baik daripada karbohidrat yang sudah diolah. Salah satu contohnya adalah jagung. Dalam 100 gram jagung bisa mengandung 25 gram karbohidrat dan 3,36 gram protein.

2. Ubi Jalar

Olahan ubi jalar ini sangat lezat dan digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak hanya lezat, ubi jalar ternyata juga mengandung karbohidrat yang tinggi.  1 ubi jalar yang berukuran sedang bisa setara dengan 23,6 gram karbohidrat.

3. Nasi Merah

Beras merah yang diolah menjadi nasi ini ternyata dianggap lebih sehat daripada nasi putih yang umumnya digunakan oleh masyarakat. Dalam satu cangkir beras merah yang dimasak akan mengandung 36 gram karbohidrat.

Baca juga: 7 Buah yang Mengandung Karbohidrat

4. Oat sebagai Sumber Karbohidrat

Oat yang kini merupakan menu pengganti sarapan ini ternyata juga memilki kandungan karbohidrat tinggi. Satu cangkir oat bisa memberikan karbohidrat sebanyak 27 gram. Selain itu, oat juga sangat sehat untuk kesehatan jantung.

5. Pisang


Semangkok pisang (sumber: canva)

Buah pisang merupakan salah satu bahan yang mengandung tinggi karbohidrat. Satu pisang yang berukuran sedang dapat memiliki 26,9 gram karbohidrat.

6. Apel

Selain pisang, apel juga mengandung karbohidrat yang tinggi. Buah apel yang berukuran sedang itu bisa mengandung karbohdrat sebanyak 25,13 gram.

Baca juga: 4 Manfaat Karbohidrat Bagi Tubuh yang Sangat Penting

7. Kurma

Makanan sumber karbohidrat yang tak terduga lainnya adalah kurma. Satu buah kering ini bisa mengandung karbohidrat sebanyak 17,9 gram.

8. Kacang Merah

Kacan merah juga termasuk pada bahan makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Satu cangkir kacang merah bisa menyediakan 21 gram karbohidrat.

9. Kismis

Selain mengandung mineral yang tinggi, kismis teryata juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Satu cangkir kismis bisa menyediakan karboohidrat sebanyak 129,48 gram.

Baca juga: 4 Makanan yang Tidak Mengandung Kabohidrat

Kesimpulan Makanan Sumber Karbohidrat

Melalui penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa makanan sumber karbohidrat ini tidak hanya nasi putih saja. Masih banyak bahan pangan lainnya yang bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat.


Makanan-makanan sumber karbohidrat (sumber: canva)

Bahan-bahan tersebut mulai dari nasi merah, ubi jalar, jagung, oat, pisang, apel, kurma, kacang merah, dan kismis. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia bisa mencoba bahan-bahan di atas untuk dijadikan sumber karbohidrat sehari-hari.

Kita juga bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat sehari-hari dengan mengonsumsi Nutriflakes. Sebuah sereal umbi garut yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mengatasi asam lambung dan memberikan nutrisi untuk sehari-hari.

Sumber karbohidrat dari Nutriflakes sendiri berasal dari zat pati yang ada pada umbi garut. Selain itu, Nutriflakes juga tidak menyebabkan efek buruk untuk kesehatan, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

Artikel Lainnya: Pohon Umbi Garut, Tanaman Kaya Gizi yang Masih Asing di Masyarakat

Demikian ulasan mengenai makanan yang bisa menjadi sumber karbohidrat untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari.

Nutriflakes, rahasia hidup sehat dan aman.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles