Sistem pencernaan merupakan bagian dari tubuh manusia yang mudah sekali terkena gangguan kesehatan. Sebab, setiap hari manusia pasti memasukkan makanan ke dalam perut. Lalu apa saja macam-macam gangguan sistem pencernaan yang ada?

Gangguan sistem pencernaan memang rawan terjadi karena setiap hari manusia pasti mengonsumsi makanan. Sebab, alat-alat manusia yang bertugas untuk memroses makanan yang masuk ini adalah organ pencernaan.

Oleh karenanya, sistem pencernaan ini rentan untuk terkena berbagai penyakit. Selain itu, organ serta proses dalam sistem pencernaan ini sangatlah panjang. Sehingga jenis-jenis gangguan atau penyakit yang menyerang pun bisa bermacam-macam.

Satu organ pada sistem pencernaan pasti memiliki paling tidak satu gangguan kesehatan. Sumber dari masalah-masalah ini pun juga bervariasai. Bisa dari jenis makanan yang masuk ke perut, bakteri yang masuk bersama makanan, atau kekurangan beberapa nutrisi.

Dengan kita mengetahui beberapa contoh gangguan pencernaan ini, kita bisa mencari cara mengatasinya dengan baik dan sesuai. Selain itu, kita juga bisa melakukan upaya pencegahan agar tidak terkena berbagai gangguan pencernaan ini.

Lantas, apa saja gangguan sistem pencernaan ini?


Ilustrasi gangguan pencernaan (sumber: canva)

Macam-macam Gangguan Sistem Pencernaan pada Manusia

Jenis gangguan-gangguan pencernaan pada manusia ini banyak sekali ragamnya. Hal ini tergantung sumber serta letak dari permasalahan pencernaan tersebut. Apa saja gangguan sistem pencernaan yang harus kita ketahui? Berikut detailnya:

1. Maag, Contoh Gangguan Pencenaan

Gangguan maag adalah penyakit menipisnya pelindung lambung, sehingga cairan asam pada lambung menginfeksi organ lambung dari dalam. Kondisi ini akan menimbulkan luka pada organ lambung.

Maag juga memiliki istilah lain dalam medis, yaitu dispepsia. Hal ini berarti adanya rasa nyeri dan tidak nyaman yang muncul di bagian lambung dan penyebabnya sendiri karena beberapa kondisi.

Gejala maag ini biasanya berupa nyeri pada perut bagian atas, mual, dan juga perasaan ingin muntah. Namun, terkadang maag ini juga tidak memiliki gejala yang mungkin kita rasakan.

Penyebab dari maag ini antara lain infeksi, cedera, rutin minum obat pereda nyeri, dan banyak minum alkohol.

2. Asam Lambung Naik (GERD)

GERD atau sering kita kenal dengan asam lambung naik ini juga masuk dalam macam-macam gangguan pada sistem pencernaan. Gangguan asam lambung naik atau GERD ini menyerang organ lambung ke atas.

GERD adalah sebuah keadaan di mana cairan dalam lambung yang naik ke saluran kerongkkongan. Sehingga orang yang menderitanya akan merasakan panas di area perut sampai dada, perut kembung, cepat kenyang, perut mual, dan ingin muntah.

Penyebab utama dari gangguan pencernaan ini adalah katup esofagus yang tidak dapat bekerja dengan baik. Hal ini disebabkan karena pola makan tidak teratur dan gaya hidup tak sehat. Beberapa makanan seperti pedas dan asam juga dapat memicu asam lambung.

lebih parah maag atau asam lambung
Gangguan lambung (sumber: canva)

 

3. Tukak Lambung, Salah Satu Macam-macam Gangguan Sistem Pencernaan

Contoh gangguan pencernaan selanjutnya adalah tukak lambung. Penyakit tukak lambung adalah luka lepuh pada organ lambung yang menyebabkan rasa sakit ketika orang mangalami maag.

Penyebab utama dari tukak lambung adalah adanya infeksi dari bakteri H. pylori dan juga efek samping meminum obat-obat antiinflamasi. Biasanya orang yang mengalami tukak lambung akan merasakan sakit perut yang berlebih dan kembung ketika makanan masuk.

4. Diare, Gangguan Pencernaan pada Manusia

Macam-macam gangguan sistem pencernaan selanjutnya ini sering terjadi pada kebanyakan orang, yaitu diare. Gangguan ini ditandai dengan bertambahnya frekuensi buang air besar dengan feses yang berbentuk cair.

Pada beberapa kasus, orang yang mengalami diare akan mengalami sakit perut, mual, hingga feses berdarah. Penyebab dari gangguan pencernaan ini pun juga beragam.

Mulai dari mengonsumsi makanan yang mengandung bakteri dan parasit, efek samping penggunaan obat, dan akibat dari prosedur medis.

5. Sembelit, Salah Satu Macam-macam Gangguan Sistem Pencernaan

Contoh gangguan pencernaan pada manusia selanjutnya adalah sembelit. Jikalau diare menambah frekuensi buang air besar, sembelit justru gangguan buang air besar yang kurang dari 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Penyebab utama dari gangguan pencernaan ini adalah kurangnya asupan air putih serta kandungan serat pada makanan. Namun, pengaruh konsumsi obat-obat tertentu juga dapat membuat orang mengalami sembelit.

Sembelit ini bukan gangguan pencernaan yang parah, tetapi orang yang mengalami sembelit ini akan merasa tidak nyaman.


Orang mengalami sembelit atau diare (sumber: canva)

 

6. Gastroenteritis, Contoh Gangguan Pencernaan

Infeksi pada organ lambung dan usus atau bisa disebut dengan gastroenteritis adalah macam-macam gangguan sistem pencernaan selanjutnya. Gastroenteritis sendiri memiliki sebutan yang familiar di telinga kita yaitu flu perut atau muntaber.

Semua orang mungkin pernah mengalaminya, khususnya anak-anak di bawah lima tahun yang lebih rentan. Gejala dari gastroenteritis ini adalah diare, demam, sakit perut dan kepala, mual, muntah, serta nafsu makan berkurang.

Penyebab utamanya adalah infeksi dari virus, bakteri, parasit giardia, dan jamur-jamur yang membawa zat kimia tertentu. Gangguan pencernaan ini tidaklah berbahaya, tetapi penderita bisa saja mengalami dehidrasi.

7. Wasir, Salah Satu Macam-macam Gangguan Sistem Pencernaan Bawah

Gangguan wasir atau dalam bahasa medis disebut dengan hemoroid merupakan gangguan yang terjadi pada saluran cerna bawah. Wasir ini berupa pembengkakkan pada pembuluh darah di sekitar anus atau rektum.

Pembuluh darah yang bengkak ini cenderung rapuh dan sensitif. Sehingga ketika bergesekan dengan feses, pembuluh darah bisa menjadi iritasi atau pecah. Oleh karena itu, penderita wasir ketika BAB akan disertai dengan darah.

Wasir sendiri disebabkan karena kurangnya asupan air sehingga pola BAB tidak teratur dan feses menjadi keras.

8. Keracunan Makanan

Kondisi keracunan makanan ini bisa masuk ke dalam macam-macam gangguan pada sistem pencernaan manusia. Keracunan makanan ini biasanya terjadi ketika kita makan dengan banyak orang sekaligus, seperti acara pernikahan.

Gejala dari keracunan makanan sendiri tergantung pada mikroba yang mengontaminasi makanan. Beberapa mikroba yang menyebabkan keracunan ini antara lain: E. coli, salmonella, C. botulinum, shigella, dan parasit giardia.

Pada umumnya, tanda-tanda keracunan makanan ini berupa mual, muntah, demam, sakit perut. Bahkan beberapa orang ada juga yang mengalami diare encer yang diserta dengan pendarahan.


Orang keracunan makanan (sumber: canva)

9. Usus buntu (Apendistis), Macam-macam Gangguan Sistem Pencernaan

Contoh gangguan pencernaan pada manusia yang terakhir adalah usus buntu atau apendistis. Gangguan ini adalah sebuah penyakit pada sistem pencernaan berupa peradangan pada organ usus buntu atau apnediks.

Apendistis sendiri terjadi karena usus buntu kita tersumbat oleh benda asing dan tinja, atau bisa juga akibat dari kanker dan infeksi. Penanganan gangguan pencernaan ini harus lewat operasi pengangkatan usus buntu.

Gejala usus buntu yang umum terjadi adalah nyeri di dekat pusar, demam, susah kentut, mual dan muntah, kram perut, nyeri saat buang air kecil, serta tidak ada nafsu makan. Jikalau tidak segera ditangani, usus buntu ini bisa pecah dan menginfeksi selaput rongga perut.

Kesimpulan Macam-macam Gangguan pada Sistem Pencernaan Manusia

Berdasarkan ulasan di atas, contoh gangguan pada sistem pencernaan manusia ini banyak sekali bentuknya. Bahkan, sebenarnya masih ada jenis gangguan pencernaan lainnya, seperti:

  • Penyakit inflamasi usus (Inflammatory Bowel Disease)
  • Sindrom iritasi usus besar (Irritable Bowel Syndrome)
  • Penyakit kantong empedu
  • Gangguan usus
  • Penyakit liver
  • Gastritis

Sebagian besar dari gangguan-gangguan pencernaan ini juga disebabkan karena makanan yang masuk ke dalam perut. Artinya, untuk menghindari atau mencegah berbagai penyakit ini kita harus menjaga pola makan dan memperhatikan makanan yang kita konsumsi.

Demikian ulasan mengenai macam-macam gangguan sistem pencernaan pada manusia, semoga dapat bermanfaat.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles