Selain jenis makanan, ternyata kita juga harus memperhatikan jam makan yang baik untuk penderita asam lambung. Hal ini tentu saja masuk dalam pola makan yang teratur dalam mempertahan gaya hidup yang sehat.

Waktu makan ternyata sangat penting untuk menentukan apakah kita bisa hidup sehat atau justru terkena gangguan pencernaan, khususnya asam lambung naik. Pola makan yang sehat akan menjadikan tubuh kita sehat sehingga dapat menjalankan aktivitas dengan baik.


Penunjuk waktu (sumber: canva)

Sebaliknya, pola makan yang buruk akan memberatkan kinerja sistem pencernaan sehingga aktivitas kita bisa saja terganggu karena gangguan asam lambung.

Oleh karena itu, selain memperhatikan jenis dan kandungan makanan, kita juga harus mempertimbangkan waktu makan.

Namun sebelum membaca lebih lanjut, ada baiknya Anda juga mengetahui apa itu penyakit asam lambung.

Jam Makan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Bagi penderita asam lambung, mereka wajib hukumnya untuk mengatur jadwal makan tiap harinya. Hal ini bertujuan agar penderita asam lambung tidak melupakan makan dan selalu teratur pola makannya.


Jam dalam piring (sumber: canva)

Selain itu, jam atau jadwal makan ini sangat penting supaya penderita asam lambung selalu tercukupi kebutuhan nutrisi dan gizinya. Sehingga lambung tidak akan mengalami kekosongan.

Menurut Washington DC, the endoscopy center, terdapat beberapa jam makan yang baik untuk penderita asam lambung. Berikut rinciannya:

  1. Waktu sarapan yang disarankan adalah pukul 08.00. Sedangkan untuk waktu camilan sehat adalah pukul 11.00 WIB.
  2. Makan siang yang disarankan adalah pukul 13.00. Sedangkan waktu untuk camilan sore sehat adalah pukul 16.00 WIB.
  3. Waktu makan malam yang disarankan adalah pukul 18.00. Sedangkan waktu untuk camilan malam yang sehat adalah pukul 20.00 WIB.

Hal terpenting yang harus diingat adalah hindari mengonsumsi makanan besar sebelum waktu tidur. Berikan selang waktu selama 2 sampai 3 jam untuk organ lambung memproses makanan, baru diperbolehkan untuk menjalankan aktivitas tidur.

Sebuah kajian juga menyebutkan bahwa penderita GERD atau asam lambung naik harus makan secara teratur dan membatasi waktu makan malamnya. Hal ini bertujuan agar tidak berdekatan dengan waktu tidur.

Tentang Waktu Makan Malam Lebih Lanjut


Makan malam yang berlebihan (sumber: canva)

Terkait waktu makan malam ini banyak yang menjadi perhatian khusus, baik untuk penderita asam lambung maupun masyarakat luas.

Beberapa kajian dan survei menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki kebiasaan makan sampai larut malam biasanya mengonsumsi makanan-makanan yang kurang sehat. Makanan ini pun biasanya memiliki kandungan yang kaya kalori tapi minim nutrisi.

Keadaan ini bisa menyebabkan sistem pencernaan tidak bisa memproses makanan dengan baik dan sempurna. Akibatnya, makanan yang tertinggal dalam lambung akan meningkatkan kandungan asam dalam organ lambung.

Selain itu, waktu pada malam hari biasanya digunakan untuk camilan malam bersama waktu santai. Yang biasanya dipenuhi dengan menonton film, membaca novel, mengobrol dengan keluarga, dan lain sebagainya.

Adanya momen-momen tersebut menjadikan kita terkadang lalai dengan makanan yang sedang kita konsumsi. Alhasil bisa saja camilan atau makanan yang tengah dikonsumsi mengandung banyak kalori atau kandungan yang menjadi pantangan asam lambung.

Makan malam yang tidak teratur dan dengan menu yang kurang sehat dapat menjadi sumber gangguan pencernaan, khsusnya asam lambung naik. Oleh karena itu, peran dari jadwal atau jam makan yang baik untuk penderita asam lambung ini sangat penting bagi penderitanya.

Kita bisa menggunakan camilan malam atau makanan pendamping makanan malam dengan Nutriflakes, agar nutrisi dan gizi bisa terpenuhi. Nutriflakes menggunakan bahan-bahan alami yang terjamin kualitasnya dan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Sehingga kita tidak perlu khawatir dengan kandungan yang jahat atau efek negatif terhadap kesehatan tubuh.

Nutriflakes, rahasia hidup sehat dan aman!

Baca juga: Cara Mengatasi Asam Lambung Naik yang Perlu Diperhatikan

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles