Asam lambung naik memang sangat mengganggu penderitanya dalam melakukan aktivitas sehari-harinya. Oleh karena itu, perlu berbagai cara mengatasi asam lambung naik untuk menangani masalah tersebut.

Asam lambung naik ini terjadi ketika cairan asam pada lambung kembali ke saluran kerongkongan. Kondisi ini menjadikan dada terasa panas.

Namun, jika keadaan asam lambung naik ke kerongkongan ini terjadi lebih dari 2 kali, maka hal ini sudah berubah menjadi GERD (gastroesophageal reflux disease).

GERD merupakan penyakit pencernaan dengan refluks cairan asam lambung berulang kali dalam jangka panjang.

Gangguan asam lambung naik ini disebabkan karena melemahnya katup sfingter yang membatasi antara organ lambung dengan saluran kerongkongan.

Katup tersebut membatasi cairan atau makanan yang telah masuk ke lambung agar tidak kembali ke saluran makanan atas. Cairan asam ini bisa merusak organ-organ lainnya.

Maka dari itu, cairan bersifat asam yang berasal dari lambung ini dianggap sangat berbahaya. Tidak hanya saluran kerongkongan saja yang terdampak, tetapi sistem pernapasan juga ikut merasakan bahaya asam lambung.

Gejala Asam Lambung

Tentu saja gangguan asam lambung ini memiliki beberapa tanda atau gejala-gejala pada tubuh. Hal ini agar seseorang segera mengikuti berbagai cara untuk mengatasi asam lambung naik.

Artinya, penderita tidak perlu merasakan dampak dari paparan asam lambung yang naik. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui gejala-gejala ketika asam lambung naik agar tidak menjadi penyakit kronis.

heartburn_asam_lambung_naik
heartburn asam lambung naik (sumber: canva)

Lalu apa saja sih gejala dari asam lambung naik ini? Berikut uraiannya:

  • Nyeri dan rasa panas atau terbakar pada perut bagian atas (ulu hati).
  • Perasaan tidak nyaman dalam lambung.
  • Rasa mudah kenyang dan penuh padahal hanya mengonsumsi sedikit makanan.
  • Mual dan muntah.
  • Mudah merasa kembung dan perut terasa begah.

3 + 1 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Gangguan asam lambung ini tentu bisa ditangani dengan berbagai cara untuk mengatasi asam lambung naik. Sama seperti penyakit-penyakit lainnya, asam lambung naik dapat disembuhkan.

Langkah-langkah ini dapat berupa cara yang alami maupun dengan bahan-bahan kimia seperti obat atau bantuan orang lain.

Beberapa cara ini pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut adalah 3 cara mengatasi asam lambung naik yang disarankan oleh Mayo Clinic:

Artikel pilihan:

Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Naik
Cara Mengatasi Sesak Nafas karena Asam Lambung Kambuh

1. Mengubah Gaya Hidup

Cara yang paling mudah dan alami untuk mengatasi asam lambung naik ini adalah dengan merubah gaya hidup. Maksudnya adalah menerapkan gaya hidup yang jauh lebih sehat dari sebelumnya.

Gaya hidup sehat ini tersmasuk pola makan secara teratur dan kebiasaan yang baik di dalamnya. Beberapa langkah untuk menerapkan gaya hidup ini adalah sebagai berikut:

  • Memantau dan menerapkan berat badan yang ideal, tidak obesitas maupun kekurangan. Hal ini dilakukan agar lambung tidak memiliki tekanan yang berlebih.
  • Menghentikan kebiasaan merokok. Menghirup asap rokok ini dapat mengurangi fungsi dan melemahkan katup stingfer esofagus.
  • Menghindari konsumsi berbagai makanan atau minuman yang sudah menjadi pantangan untuk asam lambung. Misalnya makanan berlemak, makanan dengan sifat asam, gorengan, minuman kafein, dan lain sebagainya.
  • Biasakan makan dengan perlahan-lahan, tidak usah terburu-buru untuk menghabiskan. Selain itu, juga perhatikan porsi setiap kali makan. Lebih baik porsi makan ini sedikit atau cukup tetapi sering.
  • Setelah selesai makan jangan terburu-buru untuk berbaring di kasur. Bisa tunggu selama kurang lebih 3 jam sebelum memulai aktivitas tidur.
  • Posisi tidur lebih baik dengan kepala yang lebih tinggi daripada badan.
  • Gunakan pakaian yang longgar pada bagian pinggang. Pakaian yang ketat ini dapat menekan katup sfingter esofagus sehingga mengurangi kinerja dari otot ini.

Itulah cara-cara alami yang dapat dilakukan oleh semua orang untuk mengatasi gangguan asam lambung.

2. Meminum Obat Asam Lambung

Cara berikutnya untuk mengatasi asam lambung naik ini bisa dilakukan dengan meminum obat khusus asam lambung.

Sebagian besar orang memilih mengatasi penyakit asam lambung dengan meminum obat yang banyak dijual di toko-toko. Selain dapat menyembuhkan secara cepat, cara ini juga dianggap ampuh.

Namun, obat-obat yang dijual di pasaran ini hanya dapat mengobati penyakit asam lambung dalam tahap ringan. Obat yang digunakan ini biasanya berjenis antasida.

Jenis-jenis obat ini pun tidak dapat mengobati secara keseluruhan. Walaupun dijual bebas, penggunaan obat-obatan ini tidak bisa berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping.

Efek obat asam lambung yang paling utama adalah memunculkan ketergantungan untuk tubuh. Ketergantungan ini muncul karena memang kebutuhan secara fisik atau psikologis.

Tubuh akan terbiasa dengan keberadaan obat jika kita sangat sering mengonsumsi obat. Apalagi jika setiap kali mengalami gejala asam lambung naik, kita langsung meminum obat sebagai solusi.

Semua obat memiliki efek ketergantungan.

Termasuk obat yang disarankan oleh dokter maupun obat yang dijual pada toko secara bebas. Oleh karenanya, mengonsumsi obat ini harus sangat berhati-hati.

3. Operasi dengan Dokter Spesialis

Jika penyakit asam lambung naik yang dirasakan lebih kronis, cara mengatasi asam lambung naik ini dapat dilakukan dengan langkah operasi.

Tindakan medis ini dapat dilakukan dengan beberapa prosedur, antara lain:

  • Operasi yang dilakukan berfungsi untuk mengencangkan otot sekitar sfingter esofagus bagian bawah.
  • Pemasangan alat atau cincin magnetik di batas antar area lambung dengan kerongkongan. Cincin ini bertujuan untuk membantu fungsi katup esofagus agar dapat bekerja secara optimal.
  • Operasi untuk mengencangkan katup dari sfingter esofagus sehingga dapat mengontrol laju asam lambung.

Metode penanganan medis ini tentu saja membutuhkan biaya yang lebih mahal daripada kedua cara sebelumnya. Walaupun secara medis, cara ini memang dapat dikatakan menangani masalah dari sumbernya langsung.

Tidak perlu menggunakan perantara seperti obat ataupun mengubah kebiasaan hidup. Namun, metode ini hanya diperuntukkan bagi penderita asam lambung yang sudah kronis.

Nutriflakes sebagai Salah Satu Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Terdapat satu cara lain dalam mengatasi asam lambung naik. Cara yang tidak memerlukan perintah dokter ataupun membutuhkan obat yang ternyata memiliki efek samping.

Cara yang dimaksud ini adalah dengan mengonsumsi sereal umbi garut, Nutriflakes.

Nutriflakes dengan bahan utama umbi garut ini memiliki efek terapi yang dapat mengatasi gangguan asam lambung naik. 

sereal_sehat_nutriflakes
segelas nutriflakes

Walaupun berbentuk sereal, Nutriflakes merupakan sebuah produk yang didesain secara khusus untuk mengatasi permasalahan pencernaan, khususnya asam lambung.

Hal tersebut dikarenakan bahan-bahan yang digunakan pada sereal sehat Nutriflakes.

Beberapa komposisi utama di dalam Nutriflakes mengandung zat yang ampuh untuk meredakan asam lambung. Misalnya umbi garut yang menjadi bahan utama dari Nutriflakes.

Zat tannin dan flavonoid dalam kandungan antioksidan nabati umbi garut bisa menangani masalah asam lambung.

Kandungan zat lainnya seperti riboflavin dan thiamin dari umbi garut juga mampu untuk menetralisir asam lambung.

Anda, sebagai penderita asam lambung naik, hanya perlu mengonsumsi Nutriflakes secara rutin. Secara perlahan gangguan lambung ini akan menghilang.

Selain itu, jika telah merasakan beberapa gejala asam lambung, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi Nutriflakes. Cara ini dapat menenangkan dan menyamankan perut.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

About the Author

Rizkiawan Candra

Karena nikmat sehat itu sangat penting, maka saya akan berbagi tips kesehatan dengan mencurahkannya berupa tulisan artikel yang diharapkan menjadi manfaat untuk semua.

View All Articles