Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
Apakah Vertigo Berkaitan dengan Gangguan Lambung? Wajib Tahu!
 
Apakah Vertigo Berkaitan dengan Gangguan Lambung? Wajib Tahu!

Apakah Vertigo Berkaitan dengan Gangguan Lambung? Wajib Tahu!

Selain menyebabkan nyeri pinggang dan nyeri punggung, apakah ciri-ciri vertigo karena asam lambung ini memungkinkan?

Vertigo merupakan rasa pusing akibat gangguan pada telingabagian dalam atau otak kecil yang disebut cerebellum. Oleh sebab itu vertigo akan menimbulkan sensasi berputar akibat terganggunya pengatur keseimbangan pada otak.

Vertigo kerap kali dianggap sebagai sebuah penyakit, padahal bisa menjadi suatu tanda penyakit lainnya. Lalu benarkah vertigo muncul akibat asam lambung naik?

Vertigo dan Kaitannya dengan Asam Lambung

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH, gangguan asam lambung naik tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan sakit vertigo.

Ganguan vertigo adalah sensasi seperti berputar yang diarasakan kepala dan bisa terjadi secara tiba-tiba. Sama seperti asam lambung naik, vertigo ini akan membuat ketidaknyamanan bagi yang menderita.

Pada umumnya, penderita vertigo akan mengalami gejala seperti pusing yang berputar dan diikuti dengan telinga berdengung. Kondisi ini bisa memicu perut menjadi mual sehingga orang akan muntah.

Penderita vertigo belum tentu menderita asam lambung. Namun saat asam lambung kumat kemungkinan akan menimbulkan gejala yang mirip dengan vertigo seperti mual, muntah bahkan kepala pusing.

Padahal gejala yang mirip belum tentu penyakitnya sama.

Berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya penyakit vertigo:

  • Perubahan posisi atau bergerak secara tiba-tiba
  • Gangguan pada telinga bagian dalam
  • Inflamasi pada saraf vestibular dalam telinga
  • Gangguan pada organ otak seperti tumor otak
  • Konsumsi obat-obat tertentu yang memiliki efek pada telinga
  • Migrain dan sakit kepala yang tidak tetahankan
  • Trauma pada kepala dan leher, serta stress berat
  • Stroke

Serangan vertigo ini bisa berlangsung dalam waktu yang lama, tergantung dari tingkat keparahan. Bebeberapa individu akan mengalami vertigo selama beberapa jam, bahkan selama berhari-hari dan memerlukan perawatan medis.

Pada beberapa kasus, orang yang mengalami vertigo bisa mengalami tidak sadarkan diri.

Berdasarkan penjelasan di atas, ciri-ciri vertigo karena asam lambung ini tidak ada dan hanya mitos. Vertigo bukan disebabkan asam lambung naik, begitu pula sebaliknya vertigo tidak bisa menyebabkan asam lambung naik.

perempuan_vertigo
Perempuan mengalami vertigo (sumber: canva)

Baca:

Ciri-ciri Vertigo karena Asam Lambung

Gangguan Asam Lambung

Gangguan asam lambung naik adalah suatu kondisi di mana katup esofagus tidak dapat bekerja dengan baik. Hal ini mengakibatkan cairan asam lambung mudah untuk naik ke kerongkongan karena tidak ada yang menutup jalur antara lambung dengan faring.

Hal ini juga didorong oleh suasana lambung yang lebih asam daripada biasanya. Suasana yang asam ini disebabkan karena produksi asam berlebih dalam memroses makanan dan minuman.

Cara kerja dari katup esofagus adalah dengan membuka dan menutup otot ketika makanan atau minuman akan masuk ke dalam perut.

Oleh karena itu, penyebab utama dari asam lambung naik ialah pola makan yang berantakan tak terutur serta gaya hidup tidak sehat. Karena itu sangat penting dalam mengatur jadwal sekaligus menu makan serta memperhatikan nutrisi dalam setiap asupan.

Tanda atau gejala dari refluks asam antara lain:

  • Heartburn, perasaan panas dan nyeri di area perut hingga dada.
  • Muntah karena perut terasa mual.
  • Cepat kenyang padahal porsi makan hanya sedikit.
  • Rongga mulut terasa pahit asam.
  • Perut begah.

Sedangkan pada beberapa kasus, gangguan asam lambung yang sudah kronis bisa berupa muntah darah dan BAB dengan warna hitam.

Konsulatasi dengan Ahli Kesehatan

Bila Anda mengalami gangguan asam lambung dan juga vertigo secara bersamaan alangkah baiknya segera konsultasi dengan dokter kepercayaan Anda.

Asam lambung naik dan sakit kepala vertigo memiliki mekanisme yang sangat berbeda. Sumber permasalahan dari vertigo adalah telinga dan otak.

Sedangkan permasalahan utama asam lambung adalah gaya hidup sehat meliputi, pola makan, pola istirahat, dan manajemen stres.

Walaupun memang pada beberapa kasus, orang yang mengalami asam lambung naik bisa disertai dengan sakit kepala. Namun, hal ini biasanya disebabkan karena penderita juga mengidap gula darah yang rendah.

Selain itu, sakit kepala pada penderita asam lambung tidak sampai mengalami vertigo.

Demikian ulasan mengenai ciri-ciri vertigo karena asam lambung yang sama sekali tidak ada. Semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat pada kehidupan sehari-hari.