Penyakit asam lambung (GERD) memang tidak pandang bulu. Bahkan, ibu yang sedang hamil bisa saja mengalami gangguan asam lambung dan tentu tidak lepas dari keluhan yang disertainya.

Penyakit asam lambung yang kambuh saat hamil sering kali menjengkelkan karena membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Selain itu, tidak sedikit pula ibu hamil yang merasa kebingungan mengenai cara mengatasi asam lambung saat hamil.

Sebelum mengetahui cara mengatasi asam lambung saat hamil, yuk kenali penyebab asam lambung naik saat hamil.

Kenali Penyebab Asam Lambung Naik Saat Hamil

Penyakit asam lambung atau GERD adalah kondisi di mana naiknya asam lambung ke kerongkongan. Kondisi ini bisa dipicu oleh sesuatu yang dikonsumsi, kebiasaan, atau kondisi tertentu.

Apabila penyakit asam lambung kambuh, bisa ditandai dengan dada terasa seperti terbakar (heartburn), perut kembung, sering sendawa, mulut terasa asam, tenggorokan kering, mual, hingga muntah. Gejala penyakit asam lambung tersebut sangat mengganggu, terutama bagi ibu hamil. Meskipun demikian, gangguan asam lambung naik adalah hal yang wajar terjadi bagi ibu hamil.

Dikutip dari Halodoc penyakit asam lambung pada ibu hamil bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti:

1. Pengaruh dari Perubahan Hormon

Saat hamil, ibu hamil akan mengalami peningkatan hormon progesteron. Peningkatan hormon progesteron ini akan menyebabkan otot polos di tubuh mengendur. Akibatnya, tubuh akan menjadi lebih lambat dalam mencerna makanan sehingga makanan sewaktu-waktu lebih mudah mengalir ke atas (refluks) yang merupakan penyebab asam lambung.

2. Sistem Pencernaan yang Bergerak Lebih Lambat saat Hamil

Hormon ibu hamil cenderung tidak stabil. Ketidakstabilan hormon ini menyebabkan kerja sistem pencernaan ibu hamil menjadi sedikit lebih lambat. Pencernaan yang lambat ini bisa menyebabkan terjadinya refluks asam lambung.

3. Adanya Tekanan pada Lambung karena Rahim yang Terus Membesar

Semakin bertambahnya usia kehamilan, risiko naiknya asam lambung juga meningkat. Hal ini karena perkembangan janin yang semakin besar akan memberikan tekanan pada perut ibu hamil. Oleh karena itu, tekanan tersebut bisa membuat asam lambung menjadi terdesak ke kerongkongan dan memicu sensasi panas di dada. Kondisi ini, biasanya dialami oleh ibu hamil trisemester ketiga.

Setelah mengetahui penyebab asam lambung saat hamil, lalu bagaimana cara untuk mengatasinya?

Cara Mengatasi Asam Lambung saat Hamil

Saat asam lambung kambuh pada ibu hamil bisa melakukan tindakan untuk meringankan keluhan seperti berikut:

1. Minum Air Hangat

Saat asam lambung naik, ibu hamil akan cenderung merasa mual hingga muntah. Itu sebabnya bisa mencoba minum air hangat atau air jahe hangat untuk menghilangkan gejala ini.

ibu minum air putih

Ibu juga bisa mencoba minum segelas susu hangat yang rendah lemak. Selain itu, meminum teh chamomile yang aman bagi penderita asam lambung agar merasa lebih nyaman di perut.

2. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet adalah salah satu cara mengatasi asam lambung saat hamil. Dengan mengunyah permen karet, bisa membuat produksi air liur meningkat. Sehingga, apabila asam lambung sedang kambuh, air liur yang diproduksi lebih banyak ini bisa menetralkan asam yang naik ke kerongkongan.

3. Mengonsumsi Susu Almond dan Kacang Almond

Mengonsumsi susu almond bisa membantu meredakan gejala heartburn yang merupakan gejala asam lambung. Selain itu, konsumsi kacang almond juga merupakan salah satu cara mengatasi asam lambung saat hamil. Kacang almond memiliki manfaat sebagai penetral cairan asam di dalam lambung sehingga bisa meringankan dan mengatasi sensasi dada seperti terbakar akibat asam lambung naik.

4. Mengenakan Pakaian Longgar

Dengan mengenakan pakaian longgar, terutama saat sudah hamil besar untuk mengurangi tekanan pada area perut. Hal ini karena penggunaan pakaian ketat akan memperparah gejala asam lambung naik, seperti begah dan sesak. Dengan pakaian longgar, akan membuat ibu merasa lebih nyaman.

5. Konsultasi dengan Dokter

Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal berisiko lainnya karena penanganan pada ibu hamil sering kali berbeda, tergantung dari kondisi kesehatan masing-masing ibu.

Itu beberapa cara mengatasi asam lambung saat hamil. Selain diatasi, asam lambung saat hamil juga bisa dicegah dengan beberapa cara.

Cara Mencegah Asam Lambung saat Hamil

Untuk mencegah asam lambung naik saat kehamilan sebaiknya para ibu bisa menerapkan pola hidup sehat seprti:

1. Mengubah Pola Makan

Mengubah pola makan adalah cara mencegah asam lambung saat hamil. Mengubah pola makan dengan cara makan secara perlahan dan makan dalam porsi yang tidak terlalu besar, bisa makan setengah porsi setiap dua atau tiga jam sekali, ya.

2. Hindari Makan Cokelat

Sudah dibhasa dari berbagai sumber bahwa memang cokelat merupakan pantanagn bagi penderita asam lambung. Hal ini karena cokelat bisa membuat otot-otot esofagus melemah, sehingga asam lambung mudah naik ke kerongkongan yang menyebabkan asam lambung kambuh.

3. Tidur dengan Kepala Lebih Tinggi

Dengan posisi kepala atau bahkan tubuh atas lebih tinggi dari posisi lambung, akan membantu menjaga asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan. Selain itu, posisi tidur dengan kepala lebih tinggi bisa membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

4. Jangan Langsung Berbaring Setelah Makan

Langsung berbaring setelah makan bisa menyebabkan tekanan di dalam lambung meningkat yang berakibat pada naiknya asam lambung ke kerongkongan. Disarankan untuk memberi jarak waktu minimal dua sampai tiga jam setelah makan untuk berbaring.

5. Hindari Makanan Pemicu Naiknya Asam Lambung

Menghindari makanan pemicu naiknya asam lambung seperti makanan pedas, asam, bersoda, dan berkafein.

Ibu hamil cenderung sering mengonsumsi buah untuk tumbuh kembang si kecil. Tapi sebaiknya hati-hati dalam memilih buah, ya. Pastikan buah yang dipilih tidak menyebabkan naiknya asam lambung, seperti buah Citrus.

6. Jangan Makan Terlalu Cepat

Makan secara perlahan bisa menjadi cara untuk mencegah asam lambung saat hamil. Hal ini karena makanan perlu dikunyah hingga halus terlebih dahulu agar makanan bisa dicerna dengan baik.

Apabila makanan dikunyah dengan benar, pemanfaatan air liur di dalam mulut saat membantu menghaluskan makanan menjadi lebih optimal. Apabila makanan dikunyah dengan baik dan benar, akan lebih mudah ditelan dan dicerna oleh sistem pencernaan tubuh. Pencernaan yang lancar, bisa menghindari Mama dari masalah asam lambung.

Asam lambung naik saat hamil memberikan rasa yang tidak nyaman bagi penderita. Untuk itu diperlukan penangan secara tepat agar tidak memperparah keadaaan.

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles