Gangguan asam lambung naik tidak hanya menyerang orang-orang yang tidak menjaga pola hidup sehat. Namun, bisa juga asam lambung naik saat hamil, yang berarti menyerang kaum ibu.

Asam lambung naik pada orang dengan keadaan normal saja menghasilkan ketidaknyamanan. Apalagi bagi kaum ibu hamil yang sedang menjaga janin bayi di dalam perutnya.

Ketidaknyamanan ibu saat hamil (sumber: freepik)

Ketidaknyamanan ini pasti berlipat ganda karena ibu hamil tidak hanya merasakan asam lambung saja.

Gangguan asam lambung naik ini sering terjadi pada ibu yang sedang dalam masa hamil, khususnya ketika trimester pertama.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Asam Lambung

Lalu apakah asam lambung naik saat hamil ini merupakan suatu keadaan yang normal? Atau suatu kondisi yang harusnya mendapat perhatian khusus?

Apa itu Kehamilan?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, mari kita kenali apa itu kehamilan dan bagaimana prosesnya.

Kehamilan adalah suatu proses masa kehidupan yang dimulai dari sebuah konsepsi sampai pada sebelum janin lahir. Singkatnya, keadaan saat ibu mulai mengandung janin di dalam rahimnya.

Proses hamil pada ibu yang normal ini kurang lebih selama 280 hari atau setara dengan 9 bulan 7 hari.

Keadaan seorang ibu saat hamil ini ternyata tidak hanya merubah fisik yang dapat dilihat saja. Secara fisiologi dan anatomi, perubahan organ saat hamil pun tidak hanya terbatas dari sistem reproduksi.

Di mana kehamilan ini biasanya hanya diidentikkan dengan organ reproduksi saja. Sistem pencernaan juga sangat terpengaruh dengan kehamilan, sama dengan sistem reproduksi.

Perubahan yang sangat terlihat saat kehamilan adalah pertambahan berat bedan. Penambahan berat badan ini disebabkan karena perubahan ukuran dari organ-organ dalam.

Bahkan, berat badan yang naik ini dapat berubah menjadi obesitas jika tidak selalu diperhatikan. Keadaan ini dikarenakan ada anggapan bahwa ibu hamil itu makan untuk 2 orang.

Sehingga banyak ibu dalam proses hamil bukan makan secukupnya, tetapi menggandakan porsi makannya.

Penyebab Asam Lambung Naik saat Hamil

Perubahan sistem pencernaan pada ibu hamil ini dapat menyebabkan mereka merasa mual pada trimester pertama. Hal ini juga dikarenakan hormon estrogen yang meningkat.

Proses kehamilan (sumber: freepik)

Tegangan otot dalam sistem pencernaan pun juga menurun sehingga proses pencernaan dari mulut sampai anus juga berkurang. Hal ini lah yang menjadi sumber permasalahan asam lambung saat hamil.

Makanan yang dikonsumsi akan lebih lama berada di organ lambung dan juga usus. Mungkin kondisi seperti ini baik untuk absorbsi nutrisi, tetapi tidak dengan asam pada lambung.

Semakin makanan lebih lama berada di lambung, maka suasana di organ ini juga semakin asam. Oleh karena itu, asam lambung naik saat hamil dapat terjadi.

Selain menyebabkan asam lambung naik, hal tersebut juga menyebabkan penyakit sembelit. Kedua kondisi inilah yang menjadi keluhan-keluhan bagi ibu hamil pada trimester pertama.

Sedangkan selama trimester kedua dan ketiga, gangguan sembelit ini sering terjadi karena pengaruh hormon progesteron yang meningkat.

Selain itu, perut kembung juga sering terjadi pada ibu hamil. Perut kembung terjadi karena tekanan uterus yang membesar dalam rongga perut.

Hal tersebut akhirnya mendesak organ di dalam perut, khususnya organ pencernaan, seperti usus besar, lambung, dan lain sebagainya. Gangguan pencernaan pun sering muncul pada saat ini.

Misalnya wasir yang terjadi akibat sembelit dan pembengkakan pembuluh darah pada bagian dubur.

Selain wasir, perut terasa panas (heartburn) juga terjadi karena cairan asam gastrik mengalir kembali melewati esofagus bagian bawah.

Artinya, asam lambung naik saat hamil ini sebenarnya normal terjadi. Melalui penjelasan di atas dapat disimpulkan beberapa penyebabnya, yaitu:

  1. Efek dari perubahan hormon (estrogen dan progesteron).
  2. Proses pencernaan yang menjadi lambat karena tegangan otot menurun.
  3. Adanya tekanan pada rongga perut karena janin yang terus membesar.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Tentu saja bagi ibu hamil keadaan ini sangat lah tidak nyaman. Apalagi bagi ibu yang sebelum hamil tidak pernah memiliki atau merasakan asam lambung naik.

Umumnya, asam lambung naik ini akan menghilang begitu proses kehamilan selesai. Terutama untuk ibu yang sebelumnya memang tidak memiliki gangguan asam lambung.

Namun, terdapat beberapa cara atau tips untuk mengatasi asam lambung naik saat hamil ini. Berikut uraiannya:

  1. Mengonsumsi makanan dengan porsi yang cukup dengan cara perlahan. Lebih baik makan dengan porsi kecil tapi sering daripada makan dengan porsi besar sekaligus.
  2. Hindari minum berlebihan ketikan makan.
  3. Lebih baik lagi jika meminum minuman yang hangat.
  4. Jangan langsung tidur ketika selesai makan.
  5. Hindari makanan-makanan pemicu asam lambung naik.
  6. Mengenakan pakaian yang lebih longgar agar tidak menambah tekanan pada perut.
  7. Sebaiknya selalu menghindari asap rokok.
  8. Mengunyah permen karet.
  9. Berkonsultasi dengan dokter yang sudah ahli.

Baca Juga: 7 Pantangan bagi Penderita Asam Lambung

Itulah tips-tips yang dapat dilakukan oleh ibu hamil jika merasakan ketidaknyamanan dalam perut ketika masa kehamilan. Apalagi jika memang berkaitan dengan asam lambung naik.

Sama seperti penderita asam lambung pada umumnya, pola makan yang teratur dan sehat menjadi kunci utama. Oleh karena itu, ibu hamil wajib memerhatikan asupan makanan.

Hal ini tentu saja demi kebaikan ibu dan janin yang sedang dikandung. Selain itu, agar asam lambung naik saat hamil ini tidak selalu mengganggu aktivitas tiap harinya.

Nutriflakes, Sereal Sehat untuk Mengatasi Asam Lambung Naik saat Hamil

Namun, jika Anda sebagai ibu hamil kesulitan mencari makanan sehat yang aman dikonsumsi dan dapat mengatasi gangguan pencernaan, tidak perlu khawatir.

Nutriflakes, sereal umbi garut yang sehat dapat menjadi solusi permasalahan asam lambung naik saat hamil.

Sereal ini memang telah didesain khusus untuk menangani permasalahan pencernaan. Terutama gangguan asam lambung naik.

Produk Nutriflakes ini dibuat dengan bahan-bahan alami yang kaya nutrisi. Umbi garut dan gula aren dalam Nutriflakes sangat ampuh untuk menenangkan lambung ketika terasa tidak nyaman.

Sedangkan susu etawa dan kelor memberikan nutrisi dan gizi yang baik untuk ibu hamil. Nutrisi dari Nutriflakes ini sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya.

Selain itu, serat larut dalam psyllium husk membantu melancarkan sistem pencernaan. Apalagi ketika masa kehamilan, pencernaan milik ibu hamil menjadi semakin lambat.

Artinya, Nutriflakes ini dapat menjadi rekomendasi untuk menjadi makanan sehat yang dikonsumsi ibu hamil. Selain memberikan nutrisi, Nutriflakes juga dapat mengatasi asam lambung naik saat hamil.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa asam lambung naik ketika masa-masa kehamilan merupakan hal normal.

Perubahan hormon menjadi penyebab utama pada perubahan sistem pencernaan. Hal ini pun juga berakibat pada seringnya gangguan pencernaan yang dilalui ibu hamil.

Namun, bagi ibu-ibu hamil tidak perlu khawatir mengatasi gangguan-gangguan tersebut, khususnya penyakit asam lambung naik. Nutriflakes dapat menjadi solusi terbaik atasi asam lambung naik.

Nutriflakes, rahasia perut nyaman dan tentram!

About the Author

Rizkiawan Candra

Karena nikmat sehat itu sangat penting, maka saya akan berbagi tips kesehatan dengan mencurahkannya berupa tulisan artikel yang diharapkan menjadi manfaat untuk semua.

View All Articles