Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kata “singkong” yang biasa disebut sebagai ubi kayu. Singkok termasuk ke dalam jenis umbi-umbian yang sering digunakan sebagai bahan masakan.

Tapi tidak hanya memiliki rasa yang lezat, ternyata singkok memiliki banyak manfaat, termasuk untuk membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Tapi apakah singkong baik untuk asam lambung?

Singkong kaya akan karbohidrat kompleks dan serat. Kandungan karbohidrat kompleks pada singkong sulit dicerna oleh tubuh sehingga memerlukan waktu lebih lama untuk mengubahnya menjadi sumber energi.

Lalu, bagaimana cara mengolah singkong yang baik untuk penderita asam lambung?

Singkok disebut sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan pada singkong sendiri berasal dari kandungan vitamin C, vitamin A, dan beta-karoten di dalamnya. 

Selain mengenyangkan ketika dikonsumsi, singkong juga mengandung vitamin A yang berperan dalam mencegah dan membantu meredakan asam lambung.

Kandungan berupa asam amino esensial  yang terdapat pada singkong juga berperan dalam meregenerasi kulit sel sehingga konsumsi singkong juga dapat membantu menyembuhkan luka pada lambung.

Singkong mengandung vitamin B kompleks seperti vitamin B6. Vitamin B6 pada singkong bersifat analgesik yang berarti dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada perut dan dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Cara Mengolah Singkong untuk Asam Lambung

Singkong bisa diolah dengan cara mengupas bagian kulitnya terlebih dahulu. Setelah singkong bersih dari kulit, rendam singkong yang telah dikupas selama 48-60 jam. Setelah direndam selama 48-60 jam, singkong bisa dimasak hingga benar-benar matang sempurna.

Singkong yang mengandung karbohidrat tinggi memang dapat divariasikan menjadi berbagai macam jenis makanan yang enak dan mengenyangkan.

Singkong bisa dijadikan sebagai cemilan bagi penderita asam lambung karena singkong baik untuk asam lambung. Cara mengolah singkong cukup beragam yaitu bisa dengan direbus, dikukus, atau digoreng.

Selain itu, juga terdapat olahan lain dari singkong yang dapat membantu mengurangi nyeri atau sakit pada asam lambung yaitu dengan cara singkong diolah untuk menghasilkan air tajin.

Menuru dr. Zaidul Akbar, air tajin singkong dapat membantu mengurangi produksi asam lambung berlebihan dan meredakan penyakit maag. Selain itu, singkong juga baik untuk kesehatan lambung karena singkong dapat meredakan mual saat maag kambuh dan dapat menenangkan lambung.

Mengonsumsi singkong bisa dijadikan ikhtiar cara menjaga kesehatan lambung, bukan sebagai pengobatan utama.

Anda bisa mengonsumsi Nutriflakes yang mengandung umbi garut serta nutrisi penting yang diformulasikan untuk meredakan asam lambung naik.

Berdasarkan berbagai macam manfaat singkong untuk asam lambung, dapat disimpulkan bahwa singkong baik untuk asam lambung.

Referensi:

https://banyumas.tribunnews.com/2023/01/24/singkong-dapat-meredakan-asam-lambung-cermati-cara-mengolahnya

https://www.alodokter.com/manfaat-singkong-bagi-kesehatan-serta-fakta-lainnya

https://www.sehataqua.co.id/karbohidrat-kompleks-adalah/

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles