Karbohidrat merupakan zat gizi yang makhluk hidup membutuhkannya, tetapi juga zat yang disalahkan ketika manusia mengalami obesitas. Sebenarnya nutrisi ini tidak hanya kita temui pada makanan berat seperti nasi, tetapi buah yang mengandung karbohidrat pun bisa menjadi pilihan.

Senyawa karbohidrat memang sangat penting untuk memulai hari-hari pada umumnya. Sebab, karbohidrat bermanfaat sebagai sumber energi yang paling utama bagi kita semua.

Jika kita tidak memenuhi kebutuhan akan karbohidrat ini, tubuh akan merasa lemas sehingga kegiatan sehari-hari akan terganggu.

Di lain pihak, terdapat jenis karbohidrat di luar sana yang harus kita hindari karena dapat memberikan efek yang buruk pada kesehatan. Pada umumnya, jenis karbo yang dimaksud ini adalah makanan yang sudah mengalami proses panjang, junk food, dan makanan dengan tinggi gula.

Oleh karenanya, kita harus pintar dan teliti dalam memilih makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tiap harinya.

7 Buah yang Mengandung Karbohidrat

Selain dari makanan yang biasa kita konsumsi setiap harinya, karbohidrat sebenarnya bisa kita dapatkan dari berbagai jenis buah-buahan atau sayur-sayuran. Kedua jenis makanan ini pastinya lebih sehat dan mengandung nutrisi yang tinggi.

Berikut ini adalah beberapa buah yang mengandung karbohidrat dan bisa dijadikan alternatif pengganti makanan berkarbohidrat:

1. Pisang


Sepiring pisang (sumber: canva)

Buah pisang bisa menjadi alternatif ketika kita merasa lapar. Selain lezat, pisang sangat mudah ditemukan di kalangan masyarakat Indonesia. Setiap 100 gram pisang bisa mengandung karbohidrat sebanyak 23 gram.

2. Buah Bit

Bit merupakan buah atau umbi yang berwarna ungu gelap dan kaya akan karbohidrat. Dalam satu cangkir buat bit yang mentah bisa mengandung 13 gram karbohidrat. Buah ini bisa langsung dikonsumsi atau menjadi campuran jus lainnya.

3. Apel

Satu buah apel yang berukuran sedang terkandung karbohidrat sebanyak 25,13 gram. Selain itu, buah ini juga kaya nutrisi seperti vitamin A dan C dan sangat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

4. Mangga


Dua piring mangga (sumber: canva)

Buah yang sangat populer di masayarakat Indonesia karena rasanya ini ternyata juga kaya akan karbohidrat. Pada umumnya, satu buah mangga akan menyumbang kebutuhan karbohidrat sebanyak 25 gram.

Baca Juga: 9 Makanan Sumber Karbohidrat yang Sehat dan Aman

5. Kismis

Buah kering yang sering dijadikan hiasan kue ini juga mengandung karbohidrat dan serat yang dibutuhkan tubuh. Satu cangkir kismis bisa memberikan 130 gram karbohidrat.

6. Alpukat


Buah alpukat (sumber: canva)

Dalam 100 gram buah alpukat bisa mengandung 9 gram karbohidrat. Namun, buah ini bisa memberikan tenaga dari lemak baik yang terkandung di dalamnya. Selain itu, alpukat juga aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

7. Nanas

Buah berwarna kuning dengan rasa asam ini bisa mengandung 13 gram karbohidrat tiap sajian sebanyak 100 gram. Walaupun kaya nutrisi, penderita asam lambung harus hati-hati ketika mengonsumsi buah ini karena dapat memicu refluks asam.

Baca juga: Apa itu Karbohidrat Sederhana?

Kesimpulan Contoh Buah Berkabohidrat

Berdasarkan ulasan ini, kita bisa memenuhi kebutuhan nutrisi melalui berbagai jenis buah yang mengandung karbohidrat di atas. Mulai dari buah pisang, buah bit, apel, mangga, kismis, alpukat, dan nanas.

buah yang boleh dimakan oleh asam lambung

Buah segar (sumber: canva)

Selain bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat, buah-buahan ini tidak akan memberikan karbohidrat yang berlebihan. Sehingga kita bisa menghindari obesitas atau berat badan yang berlebihan.

Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi Nutriflakes dalam memenuhi kebutuhan karbohidrat. Nutriflakes akan memberikan karbohidrat dan nutrisi yang cukup untuk menjalani akivitas sehari-hari.

Sereal umbi garut ini didesain secara khusus agar memberikan efek terapi untuk mengatasi asam lambung dan menjaga kesehatan tubuh. Bahan-bahan alami dalam Nutriflakes menjamin sereal sehat ini agar tidak memberikan efek yang buruk untuk kesehatan.

Demikian ulasan mengenai buah-buahan yang mengandung karbohidrat, semoga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Nutriflakes, rahasia hidup sehat dan aman.

Baca juga: 4 Contoh Makanan yang Tidak Mengandung Kabohidrat

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles