Home » Artikel Nutriflakes » Menu Buka Puasa Sehat, Penderita Asam Lambung Aman

Waktu buka puasa merupakan saat-saat yang penting bagi penderita asam lambung. Oleh karena itu, menu buka puasa untuk asam lambung ini harus direncakanan secara matang.

Menjadi penting karena penderita asam lambung harus segera mengisi perut setelah berjam-jam perut dalam keadaan kosong. Jika makanan pertama yang masuk ke dalam perut saja sudah salah, mungkin gangguan refluks asam bisa saja kambuh.

Oleh karena itu, beberapa tips berbuka puasa bagi asam lambung bisa penderita ikuti dengan baik.

Setelah memasuki waktu berbuka, penderita asam lambung dan maag disarankan untuk menyegerakan berbuka. Ketepatan waktu makan saat ibadah puasa berjalan sangatlah penting bagi penderita pencernaan, khususnya asam lambung naik.

Begitupula dengan jenis-jenis makanan yang akan menemani mereka ketika waktu buka puasa datang. Sebab, beberapa jenis makanan bisa memicu asam lambung naik saat puasa atau memperburuk keadaan tersebut.

Penyebab utama dari asam lambung naik saat puasa adalah keadaan perut yang kosong selama berjam-jam. Selain itu, juga waktu makan dan jenis makanan yang tidak tepat dalam menjalankan ibadah puasa.

Apabila refluks asam ini terjadi, keadaan tersebut bisa mengganggu ibadah puasa kita juga membuat aktivitas sehari-hari terganggu.


Nasi tim dan ayam (sumber: canva)

Menu Buka Puasa untuk Penderita Asam Lambung

Terdapat beberapa menu berbuka yang tidak akan memicu asam lambung naik. Apa saja makanan-makanan ini? berikut penjelasannya:

  1. Nasi Tim

Jenis makanan ini sangat rekomendasi bagi penderita asam lambung karena sifatnya yang lembut. Sehingga nasi tim ini sangat mudah untuk diolah oleh organ-organ pencernaan, khususnya lambung.

Proses pembuatan nasi tim ini pun sangat mudah. Nasi telah diolah bersama bahan-bahan lainnya seperi ayam bumbu putih. Kemudian makanan tersebut kita kukus dalam waktu yang lama.

  1. Mashed Potato

Selain sebagai salah satu makanan pokik, kentang juga menjadi sumber alkali yang memiliki beberapa keunggulan. Senyawa alkali ini dapat membantu menetralkan suasana lambung yang mungkin sudah terlalu asam.

Cara pembuatan mashed potato pun juga mudah, yaitu kentang dikukus terlebih dahulu setelah itu kita haluskan. Kemudian bisa langsung kita makan atau dapat juga kita tambah dengan penyedap rasa atau susu beberapa ml.


Mashed potato (sumber: canva)

  1. Sayur Bening dengan Bayam / Kelor

Menu berbuka puasa yang aman untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah sayur bayam / kelor bening. Bayam dan kelor merupakan salah satu sayur yang aman untuk penderita asam lambung.

Selain itu, kedua jenis sayur ini juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Bayam yang terkenal dengan kandungan asam folat (vitamin B9) dan zat besi yang tinggi. Sedangkan kelor memiliki kandungan gizi yang lengkap, dari vitamin hingga mineral lainnya.

  1. Buah-buahan

Beberapa buah-buahan ternyata cocok untuk menjadi makanan untuk berbuka puasa. Misalnya adalah pepaya dan pisang. Kedua buah segar ini sangat cocok karena mempunyai serat yang tinggi dan bagus untuk pencernaan.

  1. Kurma

Salah satu makanan yang identik dengan bulan puasa adalah kurma. Kurma menjadi menu buka puasa yang baik untuk penderita asam lambung karena kandungan seratnya. Selain itu, kurma juga bisa membantu mendendalikan sifat asam basa di dalam tubuh.


Sepiring kurma (sumber: canva)

Nutriflakes sebagai Menu Berbuka bagi Asam Lambung

Makanan-makanan di atas sangat cocok untuk penderita asam lambung karena tidak ada kandungan yang dapat memicu refluks asam atau GERD. Selain itu, beberapa bahan untuk makanan ini sangat sehat karena kaya akan nutrisi dan baik bagi kesehatan.

Selain beberapa menu di atas, kita juga bisa memanfaatkan Nutriflakes sebagai makanan untuk berbuka puasa. Nutriflakes adalah sereal umbi garut yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kita selama bulan puasa berlangsung.

Sebab, selain memenuhi kebutuhan nutrisi harian, Nutriflakes juga bisa menjadi makan untuk mencegah asam lambung kambuh saat puasa. Sehingga puasa pun menjadi lebih nyaman dan tidak akan terganggu dengan penyakit tersebut.

Demikian ulasan mengenai macam-macam menu buka puasa yang cocok untuk penderita asam lambung, semoga dapat menginspirasi.

Bersama Nutriflakes, Asam Lambung Lewat, Puasa Semangat!

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles