Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
 

Tips Aman Buka Puasa agar Asam Lambung Tidak Naik

Asam lambung naik memang bisa datang kapan saja, sehingga penderita akan terganggu dengan gangguan yang ada. Apalagi saat bulan Ramadan atau puasa datang. Oleh karena itu, terdapat beberapa tips dalam buka puasa agar asam lambung tidak naik.

Gangguan asam lambung atau GERD memang mebuat orang yang merasakannya tidak nyaman ketika kambuh. Sebab, keadaan tersebut dapat mengganggu aktivitas rutin yang sedang mereka lakukan.

Apalagi ketika memasuki bulan-bulan puasa, di mana kita harus menahan rasa lapat setiap hari selama kurang lebih 12 sampai 13 jam. Banyak penderita asam lambung yang was-was dengan kondisi ini.

Sebab, salah satu gejala dari asam lambung naik sendiri dapat menyebabkan batal puasa. Berikut ini beberapa ciri-ciri ketika refluks asam lambung terjadi saat puasa:

  • Perut terasa sakit dengan berlebihan.
  • Area perut sampai dada juga akan terasa panas.
  • Perut akan merasa mual.
  • Bahkan beberapa kasus, penderita bisa saja mengalami muntah.

Gejala muntah inilah yang dapat membuat puasa menjadi batal. Sebab, ketika muntah kita harus segera minum agar tubuh tidak terjadi dehidrasi. Jika tidak kita tidak mengatasinya dengan segera bisa membuat gangguan menjadi lebih parah lagi.


Suasana buka puasa (sumber: canva)

Tips-tips Buka Puasa agar Asam Lambung Tidak Naik

Penyebab dari refluks asam saat puasa sendiri adalah keadaan perut yang kososng selama berjam-jam. Kondisi ini dapat membuat asam dalam lambung bergejolak sehingga asam lambung akan naik ke saluran kerongkongan.

Oleh karena itu, waktu sahur dan buka puasa menjadi sangat penting bagi penderita asam lambung. Artinya, penderita asam lambung harus menjalani kedua waktu tersebut dengan baik dan bijaksana supaya gangguan asam lambung tidak menyerang ketika menjalankan puasa.

Berikut ini terdapat tips-tips saat buka puasa bagi penderita agar asam lambung tidak naik:

  1. Sebaiknya kita membatalkan puasa saat buka menggunakan minuman dengan suhu ruang. Jangan sampai membatalkan puasa dengan minuman yang bersuhu dingin atau es. Sebab, minuman ini justru dapat membuat asam lambung naik.
  2. Pilih makanan yang mudah dicerna ketika akan memulai membatalkan puasa. Misalnya adalah roti, kurma, pudding, dan lain sebagainya. Hal ini untuk membiasakan lambung dalam menerima makanan setelah berjam-jam dalam keadaan kososng.
  3. Makan makanan berbuka dengan cara perlahan dengan posisi duduk agar makanan mudah turun ke lambung. Jangan sampai mengonsumsi makanan dengan terburu-buru. Sebab, hal ini dapat memicu refluks asam.
  4. Istirahat makan dulu sebelum menlanjutkan makan makanan berat. Mungkin dapat disela dengan ibadah salat sebelum makan berat atau besar. Namun, dengan porsi yang sedikit-sedikit.
  5. Setelah makan besar selesai, penderita asam lambung dilarang untuk berbaring atau tidur.
  6. Kita dapat mengonsumsi sumber-sumber protein dari buah-buahan ketika menjelang tidur. Hal ini untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan untuk ibadah puasa hari selanjutnya.

Itulah beberapa tips buka puasa agar asam lambung tidak naik yang dapat penderita asam lambung ikuti. Sehingga buka puasa pun menjadi sehat dan ibadah puasa tetap terjaga.

lebih parah maag atau asam lambung
Ilustrasi asam lambung (sumber: canva)

Nutriflakes untuk Buka Puasa Penderita Asam Lambung

Seperti yang telah dijelaskan pada uraian tentang cara buka puasa agar asam lambung tidak naik. Makanan dan minuman untuk membatalkan puasa haruslah tidak dingin dan ringan untuk pencernaan. Artinya, kita dapat mengonsumsi Nutriflakes untuk menjadi makanan atau minuman pembatal puasa.

Sebab, Nutriflakes ini menggunakan beberapa bahan seperti umbi jenis garut. Di mana dengan umbi tersebut, Nutriflakes akan memberikan rasa yang nyaman dan tenang dalam perut setelah berjam-jam dalam keadaan kosong.

Selain itu, mengonsumsi Nutriflakes secara rutin saat bulan puasa akan mengurangi risiko asam lambung atau GERD ini untuk kambuh. Sehingga, kita dapat mendapatkan manfaat puasa dengan optimal dan maksimal.

Sebab, peran utama Nutriflakes adalah mengatasi asam lambung naik dan menjaga kesehatan pencernaan.

Demikian ulasan mengenai langkah-langkah dalam buka puasa agar asam lambung tidak naik atau kambuh. Semoga dapat bermanfaat dan mengatasi masalah kita.

Bersama Nutriflakes, Asam Lambung Lewat, Puasa Semangat!