Komplikasi asam lambung bisa Anda alami jika penyakit asam lambung selalu dibiarkan begitu saja. Asam lambung adalah gejala ketika isi lambung naik ke kerongkongan (tabung yang menghubungkan mulut ke lambung), terjadi refluks asam. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri dada dan rasa panas.

Penyebab asam lambung di antaranya jadwal makan yang tidak teratur, stres, dan makan makanan tertentu seperti makanan asam dan minuman berkafein.

Regurgitasi asam dianggap normal jika terjadi sesekali. Namun, peningkatan asam lambung sering menyebabkan penyakit gastroesophageal reflux (GERD) lebih dari dua kali seminggu. Berbagai faktor dapat meningkatkan asam lambung.

Peningkatan asam lambung sering disebabkan oleh pola makan yang buruk, gaya hidup yang tidak sehat, atau penyakit lain seperti diabetes, hernia, dan kehamilan.

Refluks asam lambung dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup dan obat-obatan dari dokter. Terkadang penyakit asam lambung ini sering diremehkan. Akibatnya, asam lambung tidak diobati, menyebabkan komplikasi.

Komplikasi Asam Lambung yang Harus Kamu Tahu!

Komplikasi asam lambung dapat terjadi apabila penyakit asam lambung tidak segera ditangani atau dibiarkan begitu saja dalam jangka waktu yang lama. Komplikasi asam lambung tertentu dapat berupa:

1. Penyempitan Kerongkongan

Penyempitan kerongkongan termasuk komplikasi asam lambung, yaitu terjadi karena dinding kerongkongan rusak akibat iritasi asam lambung secara terus menerus.

Iritasi yang berlangsung terlalu lama menyebabkan luka dan terbentuknya jaringan parut pada kerongkongan, sehingga kerongkongan akan menyempit.

2. Radang Kerongkongan

Radang kerongkongan atau disebut juga dengan esophagitis merupakan salah satu komplikasi asam lambung, ditandai dengan timbulnya rasa sakit saat menelan, nyeri dada, dan serak.

Radang kerongkongan terjadi karena naiknya asam lambung ke kerongkongan memicu peradangan.

3. Sesak Napas

Tidak hanya menjadi pertanda seseorang mengalami asma, sesak napas juga dapat menandakan adanya komplikasi asam lambung. Hal ini terjadi karena asam lambung naik dapat menimbulkan iritasi pada saluran pernapasan, rongga hidung, faring, dan laring. Sehingga, menyebabkan terjadinya sesak napas.

Baca:

Sesak Napas karena Asam Lambung: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

4. Esofagus Barret

Kondisi ini dapat timbul akibat dari adanya perubahan sel pada dinding kerongkongan  karena iritasi asam lambung yang terjadi secara terus menerus. Apabila telanjur parah, kondisi ini dapat menyebabkan kanker esofagus.

5. Erosi Gigi

Mungkin komplikasi asam lambung ini jarang sekali disadari. Tapi asam lambung yang naik ke kerongkongan dan mencapai mulut, lama kelamaan dapat merusak enamel gigi. Yang terjadi berikutnya adalah risiko gigi berlubang, gigi sensitif, ataupun masalah sakit gigi.

Itulah beberapa komplikasi asam lambung yang berisiko dialami oleh penderita asam lambung apabila tidak segera ditangani. Meskipun komplikasi asam lambung sering kali dianggap sepele, tapi pengobatan asam lambung juga perlu dilakukan agar tidak menimbulkan masalah yang lebih berbahaya lagi.

Untuk membantu menangani asam lambung, dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai berikut:

1. Penerapan Pola Makan Sehat

Hal yang paling baik dilakukan untuk mencegah dan mengatasi asam lambung, yaitu melakukan perubahan pola makan sehat, seperti:

  • Tidak konsumsi makanan pedas, asam, asin, berlemak, dan berminyak.
  • Tidak konsumsi minuman cokelat, bersoda, berkafein, dan beralkohol.
  • Tidak makan sebelum tidur.
  • Tidak melewatkan sarapan pagi.
  • Makan secara perlahan, dalam porsi kecil, tapi intensitas sering.

2. Konsumsi Obat-obatan
Untuk membantu mengatasi masalah asam lambung, jenis-jenis obatan ini dapat dikonsumsi, seperti:

  • Antasida
  • Pompa Proton Inhibitor (PPI)H2 Receptor Antagonists

3. Dilakukan Prosedur Medis

Prosedur medis biasanya dilakukan apabila penyakit asam lambung telah tiba pada tahap yang cukup parah. Prosedur medis yang dapat dilakukan, seperti:

  • Endoskopi
  • Pembedahan
  • Dilatasi esofagus

Artikel lainnya:

3+1 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles