Gangguan asam lambung naik memberikan dampak negatif bagi tubuh, khususnya rasa tidak nyaman. Selain itu, sesak napas karena asam lambung ini juga sering terjadi bagi penderitanya.

Walaupun belum ada konsep yang seragam mengenai korelasi antara pernapasan dengan asam lambung naik.

Namun, sudah banyak studi yang menjelaskan bahwa terdapat hubungan potensial antara saluran pernapasan dengan asam lambung.

Seorang perempuan mengalami sesak napas (sumbe: freepik)

Terdapat beberapa komplikasi pada kesehatan jika asam lambung naik ini tidak segera ditangani. Berikut 6 bahaya komplikasi asam lambung naik yang tidak diperhatikan:

  1. Esofagitis, merupakan peradangan pada kerongkongan.
  2. Tukak esofagus, rusaknya lapisan esofagus yang kemudian terbentuk sebuah tukak.
  3. Penyempitan kerongkongan, peradangan kerongkongan dapat membuat kerongkongan menjadi lebih sempit dan kaku.
  4. Infeksi paru-paru, asam lambung yang naik ke kerongkongan dan terhirup oleh paru-paru akan membahayakan organ pernapasan. Akibtanya, paru-paru akan terinfeksi.
  5. Barret esofagus, kerusakan kerongkongan karena asam lambung lama-kelamaan akan merubah jaringan yang luka ini. Sel pelapis esofagus akan berubah menjadi sel kelenjar.
  6. Kanker esofagus, kondisi dari barret esofagus di atas menjadi sumber penyebab dari kanker esofagus.

Melalui penjelasan di atas dapat dilihat bahwa sesak napas karena asam lambung ini sangat mungkin terjadi. Asam lambung yang naik ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan.

Hubungaan antara Sesak Napas dengan Asam Lambung Naik

Asam lambung naik kembali ke saluran kerongkongan membawa dampak yang tidak sehat untuk kerongkongan. Salah satunya adalah penyempitan kerongkongan itu sendiri.

Artinya, salah satu saluran pernapasan dapat tersumbat karena penyempitan ini.

Selain itu, cairan asam yang kembali ke kerongkongan pun dapat terhirup oleh alat pernapasan. Padahal cairan yang bersifat asam ini sangat berbahaya bagi organ-organ dalam lainnya.

Terhirupnya asam lambung ini mengakibatkan perusakan pada saluran pernapasan. Inilah yang menjadi sumber dari gangguan sesak napas karena asam lambung.

Berdasarkan sebuah studi, persentase penderita sesak napas yang mengalami asam lambung naik lebih besar daripada kelompok yang tidak memiliki gangguan asam lambung naik.

Selain itu, hampir 75% dari penderita sesak napas (asma) yang sulit ditangani juga mengalami berbagai gejala asam lambung naik.

Artinya, hubungan dari gangguan sesak napas (asma) dengan asam lambung naik ini telah banyak diteliti.

Gejala Sesak Napas karena Asam Lambung Naik

Terdapat beberapa gejala yang terjadi saat sesak napas karena asam lambung naik. Berikut ulasannya:

  1. Muncul suara-suara melengking saat menghirup udara.
  2. Dada merasa sesak.
  3. Kesulitan untuk bernapas.
  4. Batuk-batuk yang sering.
  5. Gejala-gejala asam lambung naik yang semakin parah.

Penderita sesak napas yang berhubungan dengan asam lambung naik ini biasanya mengalami sesak pada waktu tertentu.

Umumnya sesak napas ini muncul ketika waktu tidur atau setelah makan dengan porsi besar.

Gejala di atas muncul pastinya karena terdapat penyebab yang mendorongnya.

Sama sepeti yang telah dijelaskan di atas, sesak napas karena asam lambung ini muncul saat cairan asam bersentuhan dengan kerongkongan.

Kondisi di atas memicu saraf untuk refleks menyempitkan kerongkongan sehingga cairan asam ini justru menuju ke saluran pernapasan.

Paparan asam lambung naik pada kerongkongan dan paru-paru yang terus-menerus ini akan menyebabkan gangguan sesak napas (asma) atau pneumonia.

Keadaan ini menimbulkan rasa sesak pada bagian dada.

Cara Mengatasi Sesak Napas karena Asam Lambung

Jangan khawatir jika terdapat orang yang mengalami hal di atas, sesak napas yang dikarenakan asam lambung naik ini tentu saja dapat diatangani.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Segera pindahkan penderita sesak napas ke area yang lebih terbuka. Tujuannya adalah mencari sirkulasi udara yang segar juga bebas.
  2. Coba dudukkan penderita dengan lebih tegak dan perintahkan penderita untuk bernapas secara perlahan melalui perut dengan mengerucutkan bibir.
  3. Letakkan tangan di atas perut dan ambil napas lewat hidung.
  4. Biarkan dada dan perut bawah mengembang sampai tangan yang berada di atas perut ikut merasakannya. Hal ini berarti diafragma sedang memerikan ruang kepada paru-paru.
  5. Arahkan penderita agar menahan napas selama beberapa detik dan kemudian buang napas secara perlahan.

Sesak napas karena asam lambung ini juga dapat ditangani menggunakan berbagai obat. Namun, perlu diingat kembali bahwa obat-obatan dapat membuat ketergantungan.

Baca Juga: Asam Lambung Naik? Tak Perlu Khawatir Mengatasinya

Cara Mencegah Asam Lambung

Terdapat istilah yang beredar di masyarakat, “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Oleh karena itu, untuk mencegah sesak napas ini artinya kita harus mencegah asam lambung.

Asam lambung naik ini dapat dicegah dengan menjalan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan secara teratur.

Gaya hidup sehat dan pola makan yang teratur ini dapat berupa:

  1. Makan dengan tepat waktu. Sebaiknya mengonsumsi makanan dengan jumlah kecil tapi sering dan secara berlahan-lahan. Jangan tergesa-gesa untuk menghabiskan makanan.
  2. Memilih makanan yang alami dan sehat, serta mengandung serat yang tinggi juga rendah lemak.
  3. Menjalankan aktivitas fisik yang cukup dan olahraga secara rutin.
  4. Istirahat dengan cukup agar tidak mengalami stress.
  5. Hentikan kebiasaan merokok.
  6. Atur posisi kepala lebih tinggi daripada badan ketika tidur.
  7. Hindari memakai pakaian yang ketat karena dapat memberikan tekanan pada perut.

Selain cara-cara di atas, mengonsumsi sereal Nutriflakes bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi asam lambung naik. Sereal umbi garut ini memiliki manfaat menangani berbagai masalah pencernaan.

Nutriflakes ini memang telah didesain secara khusus untuk menangani permasalahan pencernaan. Terutama gangguan asam lambung naik.

Produk Nutriflakes ini dibuat dengan bahan-bahan alami yang kaya nutrisi.

Misalnya, umbi garut dan gula aren dalam Nutriflakes sangat ampuh untuk menenangkan lambung ketika organ ini merasa tidak nyaman.

Secara kesulurahan, jika asam lambung naik ini dapat dicegah, maka sesak napas karena asam lambung naik tidak akan terjadi.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kita mengatasi asam lambung naik ini agar tidak kambuh. Cara mencegah asam lambung naik ini dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Namun, jika gejala-gejala asam lambung sudah terasa, lebih baik segera konsumsi sereal sehat Nutriflakes. Sereal umbi garut ini ampuh untuk mengatasi gangguan asam lambung naik.

Sehingga kita tidak akan merasakan sesak napas karena asam lambung naik.

Nutriflakes, terjamin sehat asam lambung mereda!

About the Author

Rizkiawan Candra

Karena nikmat sehat itu sangat penting, maka saya akan berbagi tips kesehatan dengan mencurahkannya berupa tulisan artikel yang diharapkan menjadi manfaat untuk semua.

View All Articles