Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
Gejala GERD Anxiety: Mulai dari Tanda Fisik hingga Mental
 
Gejala GERD Anxiety: Mulai dari Tanda Fisik hingga Mental

Gejala GERD Anxiety: Mulai dari Tanda Fisik hingga Mental

Dewasa ini berkembang istilah mengenai GERD Anxiety di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya pada kelompok anak muda dan pekerja. Sebenarnya apa sih gangguan dan gejala GERD anxiety ini?

Selama ini kita selalu mengenal gangguan yang bernama asam lambung naik atau GERD (gastroesophageal reflux disease). Asam lambung naik merupakan sebuah gangguan pencernaan di mana cairan asam dalam lambung naik melewati katup esofagus.

Cairan asam ini pun bergerak ke atas, menuju ke saluran kerongkongan. Jika kondisi asam lambung naik ini terjadi sebanyak 2 kali dalam seminggu, maka gangguan tersebut sudah berubah menjadi penyakit GERD.

Lalu Apa itu GERD Anxiety?

GERD anxiety adalah keadaan atau rasa cemas berlebihan pada seseorang yang hadir bersamaan dengan timbulnya asam lambung naik atau GERD. Rasa cemas pada seseorang ini akan membuat penderita lebih sensitif pada gejala dari GERD anxiety.

Artinya, orang akan mengalami asam lambung naik yang disertai dengan rasa cemas berlebihan. Hal ini bisa saja berbahaya karena orang yang sedang mengalami cemas kurang bisa dalam berpikir jernih.

Sehingga penderita menjadi kurang tanggap dalam menangani gangguan asam lambung naik atau GERD. Alhasil, selain merasakan cemas, penderita juga harus menahan sakit akibat gangguan asam lambung naik atau GERD.

Penyebab dari GERD sendiri adalah berkurangnya kinerja dari katup esofagus sehingga cairan asam dari lambung bisa dengan mudah bergerak ke atas. Hal ini juga didorong dengan pola makan tidak teratur dan gaya hidup yang tidak sehat.

pesan nutriflakes sereal asam lambung
Puasa Lancar dengan Nutriflakes Sereal Klik disini

Sedangkan anxiety adalah sebuah kecemasan berlebihan yang muncul ketika orang sedang berusaha mengatasi masalah. Kecemasan ini sebenarnya sebuah respon yang normal dari tubuh.

Baca juga: Tanda-Tanda GERD Anxiety! Mempengaruhi Kualitas Hidup

Berbagai Gejala GERD anxiety

Gabungan dari kedua gangguan ini pun menimbulkan gejala yang tidak nyaman bagi orang yang merasakan. Merasakan satu gejala gangguan kesehatan sudah tindak mengenakkan, apalagi ini 2 gangguan sekaligus.

Orang yang mengalami GERD anxiety ini biasanya akan mengalami gejala yang umum terjadi, seperti mulas mual, nyeri perut, rasa panas di area dada. Selain itu, ada juga rasa atau sensi nyeri pada tenggorokan, apalagi saat kita melakukan aktivitas makan.

Adanya tambahan anxiety atau kecemasan, membuat pola tidur penderita juga menjadi terganggu. Refluks asam bisa terjadi ketika kita tidur. Oleh karena itu, kualitas tidur penderita yang merasakan GERD anxiety ini akan berkurang.

Berkurangnya kualitas tidur akan berpengaruh signifikan pada keadaan mental seseorang. Sebab, orang yang kurang tidur akan mudah mengalami stres atau gangguan kesehatan mental.

Terdapat pula gejala GERD anxiety yang lainnya, antara lain:

  • Sulit dalam menelan makanan.
  • Keluar sedikit cairan ketika kita bersendawa.
  • Merasa gelisah dan gugup yang berlebihan.
  • Merasa takut terhadap sesuatu atau bahaya yang akan terjadi.
  • Detak jantung akan meningkat.
  • Sesak napas.
  • Sulit dalam mengendalikan pikiran sendiri.
  • Hiperventilasi, kondisi ketika kita bernapas terlalu cepat dan lebih banyak mengeluarkan karbondioksida daripada menghirup oksigen.

Itulah beberapa gejala atau tanda ketika kita mengalami GERD anxiety. Ketika sudah merasakan tanda-tanda di atas, lebih baik segera melalukan pertolongan pertama dalam mengatasi asam lambung naik.


Orang terkena GERD anxiety (sumber: canva)

Segera lakukan penanganan yang tepat untuk mendapatkan tindakan sebelum parah. 

GERD Anxiety secara Ringkas

Melalui penjelasan di atas, GERD anxiety merupakan dua buah gangguan kesehatan yang terjadi secara bersamaan. Gangguan ini berupa GERD atau asam lambung naik dan gangguan kecemasan/anxiety.

Artinya, keterkaitan gangguan kesehatan fisik dan gangguan kesehatan mental terjadi dalam satu penyakit, yaitu GERD anxiety. Sebutan mengenai GERD anxiety sendiri baru muncul akhir-akhir, dan biasanya menyerang pada kalangan anak muda atau kalangan pekerja.

Alangkah baiknya sejak saat ini Anda mulai hidup sehat dan menerapkan cara menjaga kesehatan lambung sebelum terkena gangguan pada lambung. 

Demikian ulasan mengenai GERD anxiety secara luas, semoga bermanfaat. Segera konsultasikan kepada ahli kesehatan bila gangguan tak kunjung reda.

Nutriflakes--Banner-PRJ-2024