Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
Apa yang Dimaksud dengan Gaya Hidup Sehat?
 
Apa yang Dimaksud dengan Gaya Hidup Sehat?

Apa yang Dimaksud dengan Gaya Hidup Sehat?

Gaya hidup sehat adalah salah satu cara dari menghindari dan mencegah beberapa penyakit yang menyerang tubuh, khususnya gangguan asam lambung naik (GERD). Lalu apa yang dimaksud dengan kebiasaan hidup sehat ini?

Kesehatan manusia, baik dalam bentuk fisik maupun mental, sebenarnya bergantung pada bagaimana kehidupan manusia itu menjalani kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kebiasaan sehari-hari ini bisa menjadi cerminan kondisi dari tubuh kita.

Jika kita menerapkan pola hidup yang buruk, maka tubuh kita pun juga bisa menjadi buruk dan mudah terkena penyakit. Begitupula sebaliknya, apabila kita selalu menjalani pola hidup yang sehat, maka tubuh kia pun juga akan dalam keadaan sehat.

Oleh karena itu, budaya hidup sehat ini penting untuk kita terapkan.

Apa itu Gaya Hidup Sehat?

Dilansir dari media online, gaya hidup sehat adalah suatu kombinasi atau kesatuan dari berbagai aspek kehidupan yang terdiri dari pola makan, olahraga, kesehatan mental, relasi dengan lingkungan sekitar, dan lain sebagainya.


Ilustrasi kebiasaan hidup sehat (sumber: canva)

Hal inilah yang pada dewasa ini banyak orang berlomba-lomba dalam menerapkan kebiasaan hidup yang sehat. Sebab, kesehatan fisik dan juga mental yang terjaga dengan baik akan menghadirkan kebahagiaan dan ketentraman dalam kehidupan.

Selain itu, dengan gaya hidup sehat ini kita bisa menghindari berbagai penyakit yang merugikan, apalagi berbagai jenis gangguan kesehatan pada sistem pencernaan. Oleh karena itu, kesadaran akan budaya hidup sehat ini sangatlah penting untuk kita ketahui.

Pentingnya menerapkan kebiasaan hidup sehat ini juga sudah diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Di mana menurut mereka, pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik merupakan faktor utama pada risiko kesehatan global.

Artinya, permasalahan gaya hidup sehat ini tidak hanya terjadi di negara-negara berkembang, seperti Indonesia. Apalagi di tengah-tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, produksi akan makanan juga menjadi meningkat.

Alhasil, makanan yang terkadang tidak sehat juga ikut masuk ke dalam kehidupan kita sehari-hari secara tidak sadar.

Contoh Gaya Hidup Sehat

Menerapkan cara gaya hidup sehat ini perlu komitmen yang kuat karena terdapat beberapa langkah yang harus kita ikuti. Namun, kebiasaan hidup sehat ini juga memerlukan penyesuaian dengan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, kondisi tubuh, dan kebiasaan makan.

Kendati demikian terdapat beberapa poin penting yang mendasari gaya gidup sehat ini. Apa saja? Berikut ini adalah beberapa contoh gaya hidup sehat yang baik:

1. Pola Makan Sehat dan Bergizi

Menjaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh ini merupakan poin pertama dalam gaya hidup sehat. Kebiasaan ini memang sulit untuk kita terapkan karena perlu komitmen yang tinggi serta penghitungan yang benar.


Jadwal makan (sumber: canva)

Selain harus memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi, cara pengolahan makanan juga perlu kita perhatikan. Sebab, cara pengolahan makanan yang salah justru dapat merusak kandungan gizi dalam makanan tersebut.

Langkah awal dalam gaya hidup yang sehat ini adalah dapat dengan mencatat apa saja makanan yang kita makan dalam satu hari. Hal ini menjadi pengingat untuk kita dalam penambahan atau pembatasan makanan berikutnya.

Selain itu, pemilihan makanan ini sebaiknya menggunakan sumber-sumber bahan alami. Tidak hanya itu, dalam proses pembuatan makanan jangan sampai memilih makanan yang terdapat zat kimia di dalamnya.

Pola makan yang sehat ini minimal harus mengonsumsi buah dan sayur dalam satu hari. Sebab, makanan ini menjadi sumber dari kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan.

2. Olahraga yang Tertaur

Poin penting kedua dari gaya hidup sehat adalah olahraga yang teratur. Banyak orang justru melupakan aktivitas fisik ini karena beberapa hal. Pertama, terlalu sibuk dengan aktivitas lain seperti bekerja atau mencari uang.


Orang berolahraga (sumber: canva)

Kedua, orang terlalu malas untuk menggerakkan badan dan akan merasa lelah setelah berolahraga. Ketiga, olahraga bukanlah kegiatan prioritas dalam sehari-hari. Padahal manfaat olahraga ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dengan menjalankan olahraga ini, peredaran darah akan lancar dan juga menguatkan tulang serta gigi. Selain itu, tubuh akan menjadi lebih bugar dan tidak memendam berbagai kandungan makanan yang tidak baik seperti kolesterol.

Menurut berbagai pakar kesehatan, kegiatan olahraga ini harus kita lakukan minimal selama 150 menit dalam satu minggu. Kita bisa memilih olahraga yang mungkin menjadi kesukaan masing-masing.

Mulai dari jogging, renang, senam aerobik, bersepeda, dan jenis-jenis olahraga lainnya.

3. Manajemen Stres yang Baik

Contoh gaya hidup sehat selanjutnya adalah mengelola keadaan stres dengan baik. Sebab, stres yang berlebih merupakan salah satu sumber penyakit tubuh. Sehingga kita harus menghindarinya agar mendapatkan kesehatan yang maksimal.


Unsur manajemen stres (sumber: canva)

Ketika kita dalam keadaan stres, hal ini bisa memunculkan berbagai permasalahan kesehatan fisik. Salah satu contohnya adalah stres dapat memicu gangguan asam lambung naik atau GERD pada seseorang.

Oleh karena itu, saat kita memiliki beban hidup yang berat dan mendatangkan stres, kita harus mampu mengelolanya dengan baik. Stres secara terus-menerus dapat menyebabkan sakit perut, sakit kepala, sulit tidur, meningkatkan tekanan darah, dan lain sebagainya.

Salah satu cara dalam mengatasi stres ini bisa dengan aktivitas yoga dan meditasi. Di lain pihak, kita juga dapat mengambil waktu luang untuk melakukan hobi-hobi yang dimiliki.

Baca: Tips Ampuh Cara Menjaga Kesehatan Lambung

4. Istirahat Cukup

Cara gaya hidup sehat yang terakhir adalah mecukupkan waktu untuk istirahat. Tubuh dan pikiran yang sehat bisa didapatkan dengan beristiraha dengan waktu yang cukup.

Oleh karena itu, memastikan waktu tidur selalu terpenuhi setiap hari ini menjadi sangat penting. Orang yang kekurangan tidur akan merasakan cepat lelah, pikiran tidak berjalan dengan baik, mudah terkena stres, dan lain sebagainya.

Jika kita memiliki kesulitan dalam aktivitas tidur, maka bisa mandi dengan air hangat. Tips ini dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman. Menurut WHO, waktu tidur yang normal adalah 7 sampai 9 jam setiap orangnya.

posisi tidur untuk meredakan sakit maag
Orang tidur (sumber: canva)

Kesimpulan Gaya Hidup Sehat Adalah

Menurut penjelasan di atas, gaya hidup sehat adalah sebuah komitmen dalam jangka panjang untuk melakukan berbagai aktivitas yang mendukung fungsi tubuh. Berbagai kebiasaan ini bertujuan untuk mendapatkan kesehatan yang optimal.

Cara dalam menerapkan gaya hidup sehat ini dengan memeperhatikan asupan makanan, berolahraga secara teratur, mengelola stres dengan baik, dan tidur yang cukup. Melalui kebiasaan-kebiasaan ini diharapkan orang akan selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Demikian ulasan mengenai kebiasaan hidup sehat bagi manusia, semoga dapat bermafaat.